Wisata Air Terjun di Walmas Butuh Sentuhan Pemerintah

253
ADVERTISEMENT

BELOPA – Kabupaten Luwu memiliki tempat wisata yang jika dikelolah dengan baik, pastinya dapat menambah PAD. Sebutlah salah satunya, tempat wisata alam air terjun yang berada di daerah Walenrang-Lamasi (Walmas)

Dibagian utara daerah Kabupaten Luwu tersebut, terdapat dua wisata alam air terjun, yakni air terjun toga atau sarambu toga dan air terjun ma’gandang batu.

Kedua tempat wisata alam ini tepatnya berada di Desa Makawa. Jarak tempuh air terjun toga atau sarambu toga dari jalan utama sekira 8 km. Sementara jarak air terjun ma’gandang batu sekira 12 km.

Bagi reader motor Trail, jalur akses menuju lokasi ini pastinya dapat menjadi tantangan. Tetapi bagi yang ingin menikmati wisata alam, jalur menuju lokasi air terjun dapat jadi penghambat.

ADVERTISEMENT

Air terjun ma’gandang batu dan air terjun sarambu toga memiliki ketinggian sekira 100 meter.

Selain objek wisata air terjun, di daerah Walmas, tepatnya Desa Siteba Dusun Makaka juga memiliki objek wisata berupa situs sejarah.

Situs sejarah tersebut berbentuk sebuah goa yang konon dulunya sebagai tempat pemakaman jenazah., dan serta komunitas adat Juga Masih sangat terpelihara dengan keramahan masyarakatnya

Arter Ma’gandang batu yang trnyata sudah lama dikunjungi oleh beberapa pengunjung, sudah ada kasebo yang disiapkan dan juga ada satu pedagang disana
“disini tidak pernah kosong setiap sabtu dan pengunjung” kata pedagang, ini berarti tempat wisata arter pertama sudah dikenali masyarakat.

“Ternyata air terjun disini terlihat begitu indah dan masih begitu alami. Air yang bening dan cukup deras menjadi ciri khas tersendiri,” ujar Kartini, salah satu pengunjung yang ditemui di lokasi wisata air terjun.

Sementaran itu, Erwin Barabba yang merintis jalan menuju air Terjun Toga tersebut mengakui jika keberadaan tempat wisata tersebut belum diketahui banyak orang. (Mita)

ADVERTISEMENT