Wowwww, Sosialita di Makassar Pamer Arisan Rp 2,5 Miliar

149
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbartra) turun tangan memantau aktivitas arisan senilai Rp 2,5 miliar yang diikuti emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pihaknya akan menelusuri harta kekayaan peserta arisan tersebut. “Dari sumbernya aja, kok mereka punya banyak uang ya dari sisi perpajakannya,” ungkap Plt Kabid P2 Humas Kanwil Ditjen Pajak Sulselbartra Alimuddin Lisaw kepada wartawan.

Alimuddin mengaku tidak mempermasalahkan kegiatan arisannya. Pihaknya hanya mempertanyakan sumber kekayaan para pelaku arisan tersebut. “Kalau arisannya tidak ada masalah, yang ini kan orangnya berarti kan dia punya penghasilan lebih, punya aset lebih mungkin dari sisi itunya. Kalau arisannya terserah mereka, kan punya mereka sendiri,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Namun pihaknya belum menjelaskan lebih jauh soal penindakannya. Ditjen Pajak masih mengumpulkan informasi terkait kegiatan arisan tersebut. “Kalau ini nanti mungkin kami bisa kasih statement lengkap kalau pegang data, saya ini ngomongnya nggak megang data, nggak bisa nyebut nama, nggak bisa nyebut nominal,” tutur Alimuddin.

Alimuddin melanjutkan hal ini akan ditindaklanjuti oleh kantor pelayanan pajak (KPP) setempat. Menurutnya, tergantung di wilayah mana arisan tersebut digelar. “Yang akan melakukan monitoring evaluasi kantor pelayanan pajak setempat yang mengawasi wajib pajak yang bersangkutan itu. Seperti itulah kira-kira mekanismenya,” terangnya.

Diketahui, arisan yang diikuti ibu-ibu sosialita tersebut digelar di salah satu kafe Jalan Kumala, Kecamatan Makassar. Arisan yang nominalnya ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar itu heboh di media sosial. Dalam video beredar, tampak wanita berjilbab berpakaian putih menggoyangkan sebuah tempat yang berisi nama-nama peserta arisan. Terlihat tumpukan uang dengan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu di atas meja. “Siapakah yang akan mendapatkan Rp 2,5 M,” ujar wanita yang merekam kegiatan arisan tersebut.

Wanita yang merekam video itu lantas menyebut nama perempuan bernama Fenny Frans. Sosok yang diduga menginisiasi arisan tersebut. “Perdana tawwa perdana, Fenny Frans hadir, memang tawwa Fenny Frans,” imbuhnya. Fenny Frans yang juga dikenal sebagai salah satu pengusaha kosmetik di Makassar. Namun hingga saat ini Fenny Frans belum merespons terkait arisan senilai Rp2,5 miliar itu. (*)

ADVERTISEMENT