Wujud Keseteraan Gender dan Peduli Anak, Pemkot Palopo Raih Penghargaan APE 2021

155
Walikota Palopo, HM Judas Amir
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Kementerian Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI menyelenggarakan kegiatan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Pada ajang ini, Pemerintah Kota Palopo meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya (APE) Tahun 2021 kategori Madya, Rabu (13/10/2021).

Penghargaan APE ini diraih Kota Palopo karena telah berkomitmen penuh dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan, serta memenuhi kebutuhan anak. Sekaligus, berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender atau PUG.

ADVERTISEMENT

Penganugerakan penghargaan tersebut dilakukan secara virtual, dihadiri Walikota Palopo, HM Judas Amir, bersama Ketua TP-PKK Kota Palopo, dr Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, Ketua DWP Palopo, Isnada Firmanza, di Rujab Walikota Palopo.

Selain itu, hadir juga Asisten III Bidang Administrasi Umum setda kota Palopo, Dr.dr. Ishaq Iskandar, M.Kes, Kepala Bappeda kota Palopo, Hj. Raodatuljannah, S.Sos, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kota Palopo, Suriani Suli.

ADVERTISEMENT

Walikota Palopo, HM Judas Amir, mengatakan, Pemkot Palopo telah berkomitmen penuh dalam melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender, sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). Kami, sangat mengapresiasi Kementerian PPPA dalam menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya 2021,” kata Judas Amir.

Atas penghargaan yang diterima Pemkot Palopo, Judas Amir erasa bersyukur. “Alhamdulillah, ini patut kita syukuri tapi jangan membuat kita jadi berbesar hati. Penghargaan ini kan sifatnya untuk memotivasi agar menjadikan Kota Palopo menjadi lebih baik dan menjadi kota layak anak,” ungkapnya.

Judas Amir juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dan berjanji akan terus berusaha menjadikan Kota Palopo menjadi kota yang aman dan nyaman untuk anak-anak.

“Kita ucapkan terimakasih, Insyaallah seluruh anak-anak di Kota Palopo apapun agama, ras, suku dan budaya harus merasakan kebahagiaan, kenyamanan dan yang terpenting ialah pendidikan, karena semuanya harus mendapatkan pendidikan. Untuk itu, kita menerima masukan, kritikan dan saran untuk menjadikan Kota Palopo sebagai layak anak,” ujarnya.

Seperti diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). Dimana, PUG merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (***)

ADVERTISEMENT