Siap “Oppo”, Ini Janji Husler di Periode Kedua Bagi Warga Lutim

498

MALILI–Pilkada serentak 2020 akan digelar tanggal 23 September mendatang. Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler sudah menyatakan sikap siap nyalon lagi. Dia juga siap “Oppo” atau terpilih kembali untuk memimpin Lutim lima tahun berikutnya.

Bahkan, Husler yang akan maju sebagai incumbent menyatakan siapĀ  melanjutkan beberapa program pemerintahannya di periode pertama yang telah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat Lutim.

Salah satu program prioritas yang akan dilanjutkan Husler, jika kembali diberi amanah memimpin Lutim, yakni melanjutkan program beasiswa bagi mahasiswa asal Lutim.

“Program beasiswa akan saya lanjutkan, Insya Alah jika saya kembali diberi amanah memimpin Lutim periode berikutnya,” ujar Husler, saat meresmikan Posko Relawan Masyarakat Luwu (RML) di Desa Baruga, Malili, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Husler, program beasiswa mahasiswa asal Lutim ini merupakan salah satu program prioritas pemerintahannya bersama wakil bupati, Irwan Bachry Syam. Jika Husler kembali terpilih, program ini dilanjutkan dan tetap jadi skala prioritas.

Data Dinas Pendidikan Lutim, tahun 2019 lalu, jumlah mahasiswa asal Lutim yang kuliah di berbagai perguruan tinggi, terdata sebanyak 5.000 orang menerima beasiswa. Total anggarannya mencapai Rp18 miliar.

Tahun 2020, Pemkab Lutim tetap mengalokasikan anggaran yang besar untuk beasiswa mahasiswa asal Lutim. “Jadi, tidak ada alasan mahasiswa asal Lutim putus kuliah di tengah jalan karena terbentur biaya. Kita sudah siapkan anggaran yang besar untuk beasiswa,” ujar Husler.

Tak hanya program ini, beberapa program prioritas Pemkab Lutim yang terlaksana saat ini, tetap akan dilanjutkan. Husler menjanjikan, jika dirinya kembali terpilih, program pendidikan gratis, kesehatan gratis, bedah rumah. “Termasuk program bantuan petani dan nelayan akan dilanjutkan,” ujar Husler.

Dalam kesempatan tersebut, Husler mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini, Lutim mengalami kemajuan pesat. Misalnya, sebut Husler, ibukota Lutim, Kota Malili terus dibenahi dan dipercantik. “Kita sudah bangun Andi Nyiwi Park, dan dilanjutkan pembangunan tahap dua. Masalah krisis listrik juga mulai tertangani, sehingga keluhan masyarakat soal listrik padam di Malili dan sekitarnya sudah mulai berkurang. Ini tidak lepas dari besarnya perhatian pemerintah,” ujar Husler.

Di hadapan ratusan relawan RML, Husler menyebutkan, pelaksanaan visi misi pemerintahannya saat ini sudah mencapai 80 persen. Artinya, sebagian besar janji politiknya saat maju Pilkada Lutim lalu, terlaksana dan ditunaikan. “Tingginya capaian visi misi ini berjalan selaras dengan Indeks Pembangunan Manusia Luwu Timur,” ujar Ketua DPD II Partai Golkar Lutim ini.

Dalam kesempatan tersebut, Husler menegaskan, jika ada pihak-pihak lain yang menyatakan bahwa berbagai program Pemkab Lutim yang saat ini terlaksana dan dinikmati masyarakat akan dihilangkan jika Husler kembali terpilih, hal tersebut tidak benar. “Saya tegaskan, itu hoax,” tegas Husler, disambut tepuk tangan ratusan pendukung dan relawan RML.

“Malah berbagai program tersebut akan dilanjutkan dan lebih ditingkatkan lagi, supaya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” lanjut Husler.

Sementara itu, Syamsul Alam, salah satu tokoh masyarakat Desa Baruga, mengapresiasi berbagai program pemerintahan Husler yang telah berjalan dan dinikmati masyarakat. “Program beasiswa mahasiswa Lutim salah satu program yang sudah terbukti manfaatnya. Ribuan mahasiswa sudah menikmatinya,” ujar dia.

Program lainnya, kata Syamsul Alam, pengadaan kendaraan roda empat operasional pemerintah desa, termasuk pengadaan motor buat kepala dusun. “Mana ada desa di Sulsel yang kepala desanya diberi mobil dinas, hanya ada di Lutim,” katanya.

Untuk diketahui, ratusan relawan RML yang dipimpin Yahya Sarira Andi Bintang bertekad memenangkan Husler untuk kembali memimpin Lutim. Dikatakan, setelah posko relawan terbentuk, pihaknya siap bergerak menggalang dukungan bagi Husler. (*/tari)