Buka Turnamen Bulutangkis PAM TM Open 2020, Sekda Palopo Harap Jadi Kalender Tahunan

166

PALOPO–Turnamen Bulutangkis Open 2020 yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah resmi dibuka Sekda Palopo, Firmanza DP mewakili Walikota Palopo di GOR Lagaligo, Selasa (4/2/2020).

Turnamen ini khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-16 Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Acara pembukaan dilakukan sekaligus pelantikan Pengurus PBSI Kota Palopo periode 2020-2024.

Dalam sambutannya di opening ceremony turnamen bergengsi se Sulawesi tersebut, Sekda berharap pembinaan Cabor bulutangkis di Palopo semakin berkembang dan berprestasi sebagai olahraga andalan di tiap event regional di masa mendatang.

“Mari jadikan turnamen ini sebagai ajang memupuk persaudaraan sekaligus untuk kesehatan tubuh dengan olahraga utamanya bulutangkis yang rutin kita lakukan, di samping tentunya menjadikan Cabor Bulutangkis ini sebagai olahraga prestasi, dimana bibit-bibit pebulutangkis andal bisa kita dapatkan menuju event-event yang lebih besar,” ajak Sekda.

Sekda melanjutkan, Pemkot Palopo berharap event turnamen ini dapat dijadikan sebagai event tahunan sebagai kalender tetap PBSI Palopo.
“Kami, Pemerintah Kota Palopo mensupport penuh kegiatan ini dan berharap turnamen bulutangkis ini dapat masuk dan menjadi kalender tetap pengurus PBSI Palopo,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Umum PBSI kota Palopo, H Yasir, yang baru 7 November 2019 lalu aklamasi terpilih dan dilantik malam sebagai ketua cabor yang populer di masyarakat itu mengatakan, turnamen bulutangkis ini adalah salah satu rangkaian peringatan HUT Perumda Tirta Mangkaluku, guna ikut mendukung awal kebangkitan olahraga bulutangkis di Kota Palopo,” kata Dirut Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, H Yasir.
Turnamen ini diikuti sebanyak 406 peserta dan berskala regional Sulawesi yang datang dari berbagai pelosok daerah.

“Ada 11 kategori yang akan dipertandingkan, dimana setiap kategori akan keluar lima juara, dan yang luar biasa, jumlah pesertanya membludak, ini diluar espektasi kami, terima kasih atas perhatian dan kerjasama semua pihak yang sudah menyukseskan kegiatan ini,” imbuh Yasir, seraya menyebutkan, total hadiah mencapai Rp90 juta.

Adapun kategori yang akan dipertandingkan, diantaranya tunggal putra/putri, ganda putra/putri dewasa, ganda putra/putri pemula. “Ada juga beberapa kategori usia dini,” pungkasnya.

Usai melantik pengurus PBSI Palopo, Ketua Pengprov PBSI Sulsel Devo Khaddafi juga senada, yang ingin agar open turnamen ini dijadikan kalender tahunan PBSI Palopo agar kota idaman ini (Palopo) lebih dikenal lagi di dunia bulutangkis Indonesia.”Saya minta pengurus yang baru dilantik menjalin hubungan baik dengan semua pihak dan melakukan konsolidasi serta menjadikan turnamen ini sebagai kalender tetap PBSI Palopo, kalau perlu ditingkatkan ke skala nasional agar Palopo lebih dikenal lagi di Indonesia,” ucap Devo.

Devo juga merasa kagum karena pengurus PBSI yang baru dilantik ternyata langsung menggebrak membuat event yang berskala cukup besar, yang membuat ia mengaku bangga dan optimis PBSI Palopo mampu berbuat lebih baik untuk membangkitkan Bulutangkis, katanya.

Pembukaan turnamen bulutangkis PAM TM Open ini ditandai dengan pemukulan bola bulutangkis perdana oleh Sekda Firmanza DP dan Ketua Pengprov PBSI Sulsel, Devo Khaddafi.

Kegiatan diakhiri dengajn foto bersama dan penyerahan penghargaan bagi mitra dan sponsorship turnamen ini.

Turut hadir dalam PAM TM Open 2020, selain Sekda dan Ketua Pengprov PBSI Sulsel Devo Khaddafi, juga hadir Ketua KONI Palopo Hairul Salim, Kadispora Palopo Nuryadin, Wakil Ketua DPRD Palopo Irvan ST, Asisten III dr Ishak, dan tamu undangan lainnya. (iys)