STISIP Palopo Gelar Bimtek BKD dan Pelatihan “Sister”

101
ADVERTISEMENT

PALOPO–Yayasan Pembina Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Veteran Palopo menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Beban Kerja Dosen (BKD) Serta Pelatihan Pengisian Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).

Selain kegiatan tersebut, Workshop Kurikulum Program Studi Ilmu Administrasi Negara STISIP Veteran Palopo.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 hingga 22 Februari 2020 di Hotel Value, Jl. A. Kambo (Ex Merdeka) Kota Palopo.

Ketua STISIP Veteran Palopo, Dr. Ilyas, MM.,SH.,MH menyampaikan sepanjang sejarah, STISIP Veteran Palopo baru pertama kalinya melakukan dimana tiga kegiatan yang dikemas dalam satu kegiatan.

ADVERTISEMENT

Bimbingan Teknisi (Bimtek) ini merujuk pada Beban Kerja Dosen sistem informasi sumberdaya terpadu, dan juga kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Ada beberapa konsep pada beban kinerja dosen, antara lain transformasi, penyebarluasan, pengembangan dengan cara melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

ADVERTISEMENT

Disamping itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina STISIP Veteran Palopo, Andi Batara Sakti Sulthani, ST mengungkapkan sebagaimana dalam Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dan juga Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Dia menjelaskan bahwa kedudukan Dosen sebagai tenaga pemerintah berfungsi untuk meningkatkan martabat sebagai agen pembelajaran pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Andi Batara berharap, dengan adanya kegiatan ini dilakukan, para Dosen STISIP juga mengetahui apa yang dimaksud dengan beban kinerja sehingga dapat menjalankan tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi.

Saat membuka acara ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palopo, Dr. H. Baso Sulaiman menyampaikan sambutan tertulis dari Walikota Palopo.

Dalam sambutan tertulisnya, walikota mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini, tentunya akan menghimpun analisa para ahli di bidang ini sebagai salah satu upaya menambah wawasan dan sebagai bekal pengetahuan para peserta.

Lanjutnya dia mengatakan, ini sangat bermanfaat bagi pengembangan sistem kinerja sebagai dosen. Apalagi dengan acuan terbaru pada tahun 2019, ada pembaharuan dalam aspek aplikasi yang digunakan, yaitu sebagai pangkalan data, bagi peserta sertifikasi dosen dan seluruh penyusunan serta penilaian instrumen sertifikasi dosen menggunakan aplikasi SISTER, ujar H. Baso Sulaiman masih menyampaikan sambutan tertulis walikota, jumat (21/2/2020).

Kasubag Pendidikan dan Tenaga Pendidikan, Markus Yan Patarru, S. Sos., MM saat mewakili Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu motivasi yang diberikan kepada dosen tentang beban kerja yang diatur dalam Undang-undang.

“Yang perlu dipelajari kedepan menyangkut tentang pembelajaran Daring, jadi tidak harus bertemu lagi dengan mahasiswanya tetapi juga bisa melalui aplikasi media online,” jelas Markus Yan Patarru.

Adapun yang ikut menghadiri kegiatan ini antara lain para dosen STISIP Veteran Palopo, Dewan Pengawas STISIP Veteran Palopo, dan beberapa perwakilan mahasiswa STISIP Veteran Palopo.(anggi)

ADVERTISEMENT