Hari Jadi Palopo XVIII, Wagub Puji Cara Pemkot Atasi Bencana Longsor Battang Barat

169
Eksekutif dan legislatif kota Palopo berpose bersama usai rapat paripurna DPRD Palopo dalam HUT Kota Palopo ke 18.(Foto: hms)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 18 Kota Palopo melalui virtual via zoom dengan mengusung tema “Palopo New Spirit” dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Kamis 02 Juli 2020, siang.

Pada kesempatan itu, Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen hari jadi kota Palopo yang ke 18 ini sangat bersejarah karena dirayakan dalam masa pandemi Covid-19, namun tetap dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan.

ADVERTISEMENT

Sebagaimana diketahui, bahwa Palopo masih berusia 18 tahun, namun demikian sejarah perkembangan kota ini sejatinya terbentang panjang sejak dahulu kala. Untuk itu, hari ini kita merayakan semangat transformasi tersebut, kata Judas Amir.

“Tetap semangat berkarya, semangat dari kebiasaan baru di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, agar kota Palopo ke depan berkembang menjadi lebih baik,” ujar Walikota.

ADVERTISEMENT

Lanjut Walikota, karena lewat tatanan baru yang dihadapi saat ini maka Hari Jadi Palopo ke 18 sengaja mengusung tema “Palopo New Spirit” atau semangat baru Kota Palopo.

“Hal ini memiliki makna bahwa masyarakat kota Palopo lebih berihtiar dan siap dalam mengatasi dan menghadapi masalah-masalah yang ada di tengah pandemi Covid-19 ini,” tutur Judas.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST, mengungkapkan saat ini, Sulawesi Selatan masuk dalam salah satu daerah dengan tingkat kesembuhan tertinggi covid-19.

Namun di sisi lain, lanjut Wagub penyebaran coronavirus ini bisa dikatakan masih kencang. Hal ini dikarenakan, daerah kita di Sulawesi Selatan adalah merupakan daerah transit.

Pada kesempatan itu juga terkait longsor yang baru-baru ini terjadi di wilayah Battang Barat kota palopo, Wagub Sulsel menyampaikan terimakasih kepada Walikota yang langsung tanggap turun ke lapangan.

“Kami juga langsung turun ke lokasi longsor via Toraja dan memberikan sejumlah bantuan. Namun kami tidak sempat bertemu dengan pak walikota. Dan kami sampaikan terima kasih kepada Walikota bersama TNI dan Polri yang langsung turun ke lapangan dan mendirikan posko bencana secara darurat di lokasi bencana bersama stakeholder,” ungkap Wagub.

Selain itu, dirinya juga menegaskan agar tetap selalu mematuhi anjuran Pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan. “Salah satunya yaitu sering menggunakan masker meskipun ada yang merasa tidak nyaman” jelasnya.

Pada peringatan Hari Jadi Kota Palopo dilakukan pula penyerahan secara simbolis CSR Bank Sulselbar Palopo berupa satu unit mini bus untuk transportasi anak sekolah (bus sekolah) yang diserahkan oleh Kepala Cabang Banksulselbar kepada Walikota Palopo.

Peringatan HUT ke-18 Palopo yang digelar secara virtual via aplikasi zoom meeting itu diikuti pula oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Anggota DPR RI Komisi IX Muhammad Dhevy Bijak Pawindu, serta Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak.

Hadir pula Datu Luwu YM Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, perwakilan Bupati/Wakil Bupati se Tana Luwu, bersama Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kota Palopo,  Firmanza DP, para Staf Ahli dan Asisten, Ketua dan pengurus PKK, Bhayangkari, instansi vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD kota Palopo, pimpinan perangkat daerah dan camat serta lurah, juga organisasi organisasi lainnya lingkup Pemerintah Kota Palopo.

Di ujung kegiatan, diserahkan 1 unit armada bus sekolah bantuan dari Bank Sulselbar Kantor Cabang Umum (KCU) Palopo kepada walikota Palopo disaksikan para tamu hadirin dan undangan lainnya.

Untuk diketahui, peringatan Hari Jadi Palopo kali ini, selain digelar di DPRD juga disaksikan oleh para kepala kecamatan dan kelurahan se kota Palopo dari kantor masing-masing, juga di Ruang Pola kantor walikota Palopo yang diikuti OPD dalam lingkup Setda kota Palopo.(hms/iys) 

ADVERTISEMENT