9 Tahun Melatih Paskibraka di Luwu Timur, Dandim 1403/Palopo: Serka Yoseph Loyalitas Tinggi

484
Serka Yoseph sedang melatih 70 Anggota Paskibraka Luwu Timur
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM – Serka Yoseph Muktiyo anggota Kodim 1403/Palopo adalah salah satu dari beberapa anggota TNI yang bertugas melatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di wilayah teritorial Kodim 1403/Palopo.

Untuk menjadi pelatih Paskibraka harus mengikuti Training of Training (ToT) yang dilaksanakan oleh Dispora tingkat provinsi atau Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

ADVERTISEMENT

Serka Yoseph Pelatih Paskibraka Luwu Timur

Serka Yoseph sendiri telah 9 tahun menjadi pelatih Paskibraka di  Kabupaten Luwu Timur dan sebelumnya juga telah pernah menjadi pelatih di Majene dan Polmas.

“Sudah 9 tahun melatih Paskibraka di Luwu Timur atau terhitung sejak 2012. Sebelumnya pernah melatih di Majene tahun 1998 dan di Polmas tahun 2017/2008,” Kata Serka Yoseph, Sabtu (14/8/2021).

Serka Yoseph, mengungkapkan untuk menjadi pelatih Paskibraka yang harus diajarkan adalah sinkronisasi gerakan dan Peraturan Baris-berbaris (PBB) dasar.

“Sinkronisasi gerakan yang kita harus ajarkan dan PBB dasar, sehingga dari beberapa daerah yang mungkin tidak sama dengan daerah lain, di sini kita samakan mereka,” jelasnya.

Yoseph juga menjelaskan, melatih Paskibraka bukan hanya mengajarkan dasar-dasar gerakan. Akan tetapi juga melatih kedisiplinan anggota Paskibraka.

Dalam mendidik, Serka Yoseph tidak hanya menanamkan sikap tegas dan disiplin. Akan tetapi dirinya tetap mengimbangi dengan cara bercanda dengan anggota Paskibraka.

“Dalam melatih Paskibraka tidak bedah jauh dengan latihan militer sehingga terkadang suasana menjadi tegang. Disitulah saya kadang memberikan lelucon hiburan kepada anggota Paskibraka untuk menyejukkan suasana latihan,” Jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1403/Palopo, Letkol Gunawan mengaku jika Serka Yoseph memiliki loyalitas tinggi dan bersemangat dalam bekerja.

“Serka Yoseph orangnya loyalitas tinggi dan bersemangat dalam bekerja,” Pungkas orang nomor 1 di Kodim 1403/Palopo itu.

Selain Serka Yoseph beberapa pelatih Paskibraka yakni Serma Hardy S dari TNI AD, Serka Yosep dan Kopda Sudarmin dari TNI AL serta Bripka Budi Santoso dari Polres Luwu Timur tengah melatih 70 Anggota Paskibraka untuk persiapan pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan kemerdekaan RI ke 76 tepatnya pada 17 Agustus mendatang.

(Rah)

ADVERTISEMENT