Hadiri Apel Gerakan Palopo Bersih, Kadis BLH: Upaya Wujudkan Palopo Semakin Bersih dan Indah

0
Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Firmanza DP berfoto bersama sejumlah pejabat di Pemkot Palopo, tampak Kepala Dinas Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP., MM
ADVERTISEMENT

PALOPO–Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Firmanza menjadi pembina apel Gerakan Palopo Bersih dan memimpin pelaksanaan kerja bakti massal yang dilaksanakan di Terminal Dangerakko Palopo, Kecamatan Wara, Jumat (25/10/2024) lalu.

Apel Gerakan Palopo Bersih tersebut diikuti juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP., MM. Menurut Emil, jajaran Dinas BLH Kota Palopo mendukung aksi Gerakan Palopo Bersih, sebagai salah satu upaya mewujudkan Kota Palopo bersih, indah, dan lingkungannya asri.

ADVERTISEMENT

“Gerakan Palopo Bersih salah satu upaya menjadikan Palopo semakin bersih dan indah, apalagi Palopo tercatat sebagai kota peraih 8 kali Piala Adipura,” kata Emil.

Sementara itu, Pj Walikogta Palopo, Firmanza DP mengatakan, kehadiran bersama berbagai stakeholder dan masyarakat dalam apel Gerakan Palopo Bersih, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat sebuah Gerakan Palopo Bersih. “Yang mana kita tentu semua berharap gerakan ini bisa ditiru oleh masyarakat yang ada di Kota Palopo,” kata Firmanza.

ADVERTISEMENT

Lanjut Firmanza, sebagai daerah yang telah meraih penghargaan Piala Adipura sebanyak 8 kali, maka momentum gerakan Palopo Bersih ini adalah sebagai upaya penguatan komitmen bersama. “Tentu hal itu untuk mewujudkan Palopo sebagai kota yang bersih, Kota yang indah dan nyaman, kota yang berwawasan lingkungan hidup,” katanya.

Gerakan Palopo Bersih, lanjut Firmanza, diharapkan menjadi salah satu penguat semangat kekompakan dan solidaritas masyarakat.

“Termasuk sinergitas pemerintah, masyarakat TNI-Polri dalam menjaga keutuhan, kerukunan dan kedamaian bermasyarakat,” lanjutnya.

Firmanza juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk menjaga kondusifitas serta menjaga suasana yang damai jelang Pemilukada Gubernur dan Wali Kota.

“Kita tidak lama lagi akan melaksanakan Pemilukada, jadi semua pihak diharapakan untuk selalu menjaga kedamaian di Kota Palopo ini. Ini juga menjadi pesan Pj. Gubernur,” ungkapnya.

Gerakan Palopo Bersih, harap Firmanza, juga harus mampu mengantisipasi dan mencegah berbagai dampak perubahan musim yang memengaruhi kehidupan masyarakat.

“Seperti ancaman bencana banjir dan penyebaran penyakit menular yang diakibatkan kurang terawatnya lingkungan kita,” ujarnya.

“Jadi teman-teman Lurah, Bapak Pj Sekda, mohon dimassifkan. Ini kan setiap Jum’at kita melakukan gerakan pembersihan, supaya dimassifkan lagi. Momen-momen seperti ini kita harus bersinergi dengan TNI-Polri untuk melakukan pembersihan di beberapa titik,” tambahnya.

Tak lupa, pada kesempatan ini juga mengapresiasi kepada semua yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan itu.

“Saya juga mengapresiasi teman-teman semua atas kehadiran dan partisipasi pada kegiatan ini. InsyaAllah dengan ini kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mengedukasi masyarakat juga untuk bersama-sama menjaga lingkungannya, sehingga Palopo yang indah, Palopo yang bersih bisa kita wujudkan bersama,” kuncinya.

Dalam apel itu dilakukan penyerahan secara simbolis alat pembersihan oleh Pj. Wali Kota. Seusai Apel dilanjutkan dengan kerja bakti melakukan pembersihan di sekitar Terminal Dangerakko dan Pusat Niaga Palopo.

Hadir pada kegiatan itu Kasdim 1403 Palopo, Perwakilan Kapolres Palopo, Pj Sekretaris Daerah, pimpinan perangkat daerah bersama jajaran, unsur TNI, Polri, Lurah dan Camat. (***)

 

ADVERTISEMENT