Anggota Polres Torut Dilarang Main Game Higgs Domino, AKBP Yudha: Berlaku Mulai 1 Juni

306
Kapolres Torut, AKBP Yudha Wirajati Kusuma
ADVERTISEMENT

RANTEPAO–Kebijakan Kapolres Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, patut jadi contoh. Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021, Kapolres Torut, AKBP Yudha Wirajati Kusuma, melarang anggotanya bermain game online Higgs Domino Island.

“Larangan ini berlaku bagi seluruh personel Polres Toraja Utara hingga Polsek jajaran,” kata AKBP Yudha, Rabu (2/6/2021).

ADVERTISEMENT

Salah satu alasan anggota Polres Torut hingga jajaran Polsek se Torut dilarang bermain game online tersebut, kata AKBP Yudha, karena dapat menurunkan produktifitas personel dalam bekerja.

“Game online menjadi penyebab turunnya produktifitas dan menganggu proses pelayanan kepada masyarakat,” kata Yudha.

ADVERTISEMENT

Larangan tersebut tegas berlaku bagi anggota Polri di Torut. Bagi anggota Polri kepadatan bermain game akan diberi sanksi.

“Sanksinya bisa diproses hukum oleh Satuan Reskrim. Aturan ini berlaku terhitung mulai 1 Juni hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” tegas AKBP Yudha.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, AKBP Yudha mengimbau personel Polri di Torut yang telah menginstal game tersebut agar segera dihapus. “Sebab, saya akan rutin mengecek ponsel anggota,” katanya.

Tak hanya itu, kata AKBP Yudha, tim Propam Polres Torut mulai merazia ponsel personel setelah larangan bermain Game Higgs Domino. “Razia ini mulai dilakukan dan sudah puluhan ponsel Anggota diperiksa, untuk memastikan personel tak bermain game sementara sedang bertugas,” katanya.

Tim Propam Polres Torut, Rabu (2/6/2021) pagi, memeriksa ponsel Anggota Polres Torut. Dalam razia ini, satu persatu anggota yang berada ruangan kerja atau ruangan satker Polres Toraja Utara diperiksa ponselnya oleh Personel Propam.

Kasi Propam Polres Toraja Utara, Iptu Armin mengatakan, permainan game online Higgs Domino ini merupakan suatu permainan yang mengandung tindak pidana umum, yaitu perjudian atau biasa disebut dengan pasal 303 KUHP. Oleh karena itu, tegas dia, perlu dilaksanakan razia ke tiap-tiap personil
Polres Toraja Utara, apalagi sudah ada instruksi Kapolres Torut.

“Kami tidak segan-segan mengambil tindakan pendisiplinan jika ditemukan personil memainkan game online ini,” kata Iptu Armin.

Game Higgs Domino Island kini sedang trend dan digandrungi oleh seluruh kalangan. Untuk memainkan game ini memerlukan chips yang kadang diperjual belikan. Makanya, game yang indentik dengan Scatter (bonus) disebut sebut mengandung judi. (iys)

ADVERTISEMENT