Atasi Gangguan Distribusi Air Bersih, PAM TM Palopo Bakal Hadirkan Pompa Booster

56
Direktur Operasional PAM TM Palopo, H Hamid. (Dok. Koran SeruYA)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Perumda Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo bakal menyiapkan pompa booster (pompa pendorong). Itu dilakukan untuk mengatasi gangguan distribusi air di wilayah pesisir Kecamatan Wara Timur yakni Kelurahan Malatunrung dan Kelurahan Sampoddo di Kecamatan Wara Selatan.

Hal itu dikarenakan akhir-akhir ini, dua daerah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih apabila terjadi gangguan air baku.

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan Direktur Operasional PAM TM Palopo, H Hamid SN kepada Koran SeruYA, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/9/2022).

Dia menjelaskan Kelurahan Malatunrung termasuk Perumahan Griya Asri dan Perumahan Griya Beach, Kecamatan Wara Timur dan Kelurahan Sampoddo yang agak lambat mendapatkan distribusi air bersih apabila terjadi gangguan air baku.

ADVERTISEMENT

Keberadaan Pompa booster/Presure itu nantinya berfungsi mendorong suplay pasokan air ke rumah pelanggan yang agak lambat mendapatkan distribusi air bersih.

Diketahui, Kelurahan Malatunrung yakni Perumahan Griya Asri dan Perumahan Griya beach dan Kelurahan Sampoddo merupakan daerah yang agak lambat mendapatkan disribusi air bersih apabila terjadi gangguan air baku.

Salah satu langkah yang diambil PAM TM untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan menyediakan/memasang pompa booster. H Hamid menjelaskan pompa booster berfungsi untuk memberikan tekanan kepada daerah-daerah yang lambat mendapatkan distribusi air bersih.

“Pengaduan yang masuk akan dijadikan referensi melakukan pemesanan pompa. Sebab jika tidak, pelayanan begitu-begitu saja,” katanya.

Hamid juga menyampaikan yang menjadi tantangan pihaknya ialah kondisi air baku yang dimanfaatkan empat tahun belakangan ini yakni air baku Sungai Mangkaluku dan Sungai Latuppa apabilan hujan tiba bercampur lumpur.

Namun, tidak semua pelanggan yang terdampak. Hanya beberapa lokus atau spot spot pelayanan yang mengalami kemacetan seperti Wara Timur dan Wara Selatan.

Jika hal itu terjadi praktis produksi menurun dan tidak bisa diolah. Maka langkah yang diambil yaitu menghentikan sementara Produksi air. Penyebab utama permasalahan kemacetan air kata Hamid ialah Kondisi Air Baku yang berlumpur (Natural eror), pemadaman listrik, dan pipa induk bocor.

“Natural eror ialah kondisi alam seperti banjir dan longsor. Sementara pemadaman listrik juga jadi kendala sebab ada dua sumber kami yang mengandalkan energi listrik. Jika hal itu terjadi maka distribusi air terhenti. mengenai pipa induk bocor perlu waktu beberapa jam untuk perbaikan,” jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya sudah memesan pompa booster dari luar negeri tepatnya di Jerman. Rencananya pompa booster itu bakal tiba di akhir bulan Oktober 2022 mendatang.

“Jadi diharap kepada pelanggan yang Budiman jika terjadi kemacetan mohon bersabar dan tetap menghubungi kami di call center pengaduan 085145320000 untuk tetap kami berikan layanan melalui mobil tangki. Insya Allah, kami sangat berusaha maksimal memperbaiki masalah yang terjadi,” pungkasnya. (eky)

ADVERTISEMENT