Baksos Langkanae Kedatuan Luwu Lampaui Target, Datu Luwu: Wujud Nyata Kepedulian Bagi Sesama

113
Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau menyampaikan, Baksos Langkanae Kedatuan Luwu diadakan berawal dari diskusi dirinya dengan Kajari dan Kalapas, yang berawal dari keprihatinan banyaknya warga terdampak pandemi covid-19, terutama warga yang terpapar covid-19 sehingga melakukan isolasi mandiri di rumah.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Bakti Sosial (Baksos) Langkanae Kedatuan Luwu dimulai Senin (16/8/2021) hingga Selasa Rabu (18/8/2021). Baksos ini berupa penyaluran bantuan
bahan kebutuhan pokok dan obat-obatan, termasuk vaksin terhadap ratusan warga.

Pembukaan Baksos diadakan di Istana Kedatuan Luwu, dihadiri langsung Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau. Hadir juga Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Sekda Kota Palopo, Firmanza DP, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palopo selaku Ketua Panitia Baksos, Agus Riyanto, Kepala ATR/BPN Palopo, Didik Purnomo, Kalapas Palopo, Indra Sofyan, Kadis Kebudayaan Karno SSos, sejumlah Camat/Lurah di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Sekda Kota Palopo, Firmanza DP mewakili Walikota Palopo HM Judas Amir, dalam sambutannya menyampaikan, Pemkot Palopo berterima kasih kepada Kedatuan Luwu
yang telah melaksanakan Baksos Langkanae Kedatuan Luwu untuk membantu warga yang terdampak covid-19.

“Bapak Walikota sangat mengapresiasi baksos ini, karena bertujuan membantu warga terdampak covid-19. Patut disyukuri karena kegiatan ini bentuk kepedulian semua pihak terhadap sesama, terutama warga yang sedang melakukan isolasi mandiri karena covid-19,” kata Sekda Kota Palopo, Firmanza.

Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau menyampaikan, Baksos Langkanae Kedatuan Luwu diadakan berawal dari diskusi dirinya dengan Kajari dan Kalapas, yang berawal dari keprihatinan banyaknya warga terdampak pandemi covid-19, terutama warga yang terpapar covid-19 sehingga melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bagi warga berkecukupan, tak masalah jika isolasi mandiri karena kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi. Namun bagi warga tidak berkecukupan, kata Datu Luwu, tentu saja akan sangat kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama makan dan minum.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Datu Luwu bersama Kajari dan Kalapas Palopo kemudian sepakat mengadakan Baksos untuk membantu warga yang sedang melakukan isolasi mandiri karena terpapar covid-19.

“Target awalnya sekitar 200 warga akan dibantu. Alhamdulillah, banyak pihak yang ikut berpartisipasi dan membantu sehingga Baksos ini berjalan lancar. Bahkan bantuan Sembako dan obat-obatan melampaui target,” kata Datu Luwu.

Berbagai pihak yang berpartisipasi, seperti Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Dinas Kesehatan Kota Palopo, jajaran Kejari Palopo, Bulog Kota Palopo, SPBU Akhmad Razak (Harson), Warkop Punggawa (William), Bengkel dan Coffee Shop OT Palopo, BPR Dara Mandiri Palopo, Anggota DPR RI Andi Muawiyah Ramli.

Ikut juga berpartisipasi jajaran Kodim 1403 Palopo, Bank Sulselbar Palopo, Polres Kota Palopo, Perumda Air Minum Tirta Mangkaluku Palopo, BRI Cabang Palopo, Kalapas Palopo.

Dalam kesempatan tersebut, Datu Luwu menyampaikan ucapan terima kasih kepada para panitia yang sudah bekerja maksimal mempersiapkan kegiatan Baksos. Juga Datu Luwu menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang ikut membantu dan mendukung kegiatan Baksos Langkanae Kedatuan Luwu.

“Terima kasih dan kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung Baksos LangkanaE Kedatuan Luwu. Semoga Allah SWT
senantiasa melindungi kita semua,” ucap Datu Luwu.


Sekda Kota Palopo, Firmanza DP mewakili Walikota Palopo HM Judas Amir, dalam sambutannya menyampaikan, Pemkot Palopo berterima kasih kepada Kedatuan Luwu yang telah melaksanakan Baksos Langkanae Kedatuan Luwu untuk membantu warga yang terdampak covid-19.

Sementara itu, Kajari Palopo Agus Riyanto selaku ketua panitia baksos, ikut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi, sehingga baksos bisa berjalan sesuai rencana.

Agus juga menyampaikan ucapan terima kaish kepada Datu Luwu yang telah mempercayakan dirinya sebagai ketua panitia baksos. “Baksos ini wujud kepedulian kita
bersama bagi sesama, terutama warga yang sedang menjalani isolasi mandiri,” katanya. (***)

ADVERTISEMENT