Baliho Puan Maharani Hiasi Jalan di Palopo, Terkait Pilpres 2024 ?

356
ADVERTISEMENT

PALOPO – Pemilihan Presiden Republik Indonesia masih tiga tahun lagi. Namun, sejumlah tokoh nasional sudah mulai bergerak mencari simpati masyarakat.

Elite Partai PDIP menebar baliho narasi politik 2024 di Palopo. PDIP menebar baliho bergambar Puan Maharani Kepak Sayap Kebhinekaan.

ADVERTISEMENT

Hanya saja, Ketua DPC PDI Perjuangan Palopo, Alfri Jamil membantah pemasangan baliho anak Megawati Sukarnoputri itu terkait dengan Pilpres.

Dia mengatakan pemasangan baliho itu untuk mendekatkan masyarakat dengan Ketua DPR-RI tersebut. “Pemasangan baliho bu Puan Maharani adalah inisiatif kami sebagai kader di daerah. Kami menganggap ibu Puan sebagai inspirasi kami sebagai pengurus cabang daerah,” urainya.

ADVERTISEMENT

Mantan anggota DPRD Palopo itu menjelaskan, untuk keputusan siapa yang diusung partai berlambang kepala Banteng itu untuk Pilpres 2024 mendatang sepenuhnya ada di tangan Ketua Umum.

“Masih jauh untuk urusan Pilpres. Kami juga belum diperintahkan bekerja untuk Pilpres. Tujuan pemasangan baliho ini murni untuk mendekatkan Bu Puan dengan masyarakat, apalagi disaat pandemi seperti ini. Ada dua titik pemasangan baliho, di Jembatan Bolong dan Jalur Dua,” pungkasnya.

Semetara itu, dilansir dari Detikcom, Lembaga Indostrategic merilis survei elektabilitas calon presiden 2024. Survei ini dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multi-stage random.

Survei ini dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2 persen.

Dari hasil elektabilitas capres 2024, posisi tertinggi diduduki oleh Prabowo Subianto dengan angka 17,5 persen, disusul dengan Anies Baswedan dengan beda yang tipis, yakni 17,0 persen. Kemudian di posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan persentase 8,1 persen.

Dalam survei ini, Puan Maharani tidak masuk dalam 10 besar. Nama Puan ada di urutan ke-12 yakni dengan angka 0,6 persen.

Indostrategic juga merilis survei tingkat popularitas dan kesukaan terhadap tokoh yang masuk bursa capres 2024. Dalam survei ini, Puan Maharani masuk 10 besar nama teratas. (hwn/liq)

Berikut ini hasil lengkap elektabilitas capres 2024 versi indostrategic:

Prabowo Subianto 17,5%
Anies Baswedan 17,0%
Ganjar Pranowo 8,1%
Ridwan Kamil 7,0%
Sandiaga Uno 6,8%
Agus Harimurti Yudhoyono 6,4%
Tri Rismaharini 4,1%
Gatot Nurmantyo 1,8%
Khofifah Indar Parawansa 1,8%
Erick Thohir 1,0%
Ahmad Syaiku 0,6%
Puan Maharani 0,6%
Surya Paloh 0,6%
Muhaimin Iskandar 0,5%
Airlangga Hartarto 0,5%
Sri Mulyani 0,4%
Tito Karnavian 0,3%
Moeldoko 0,3%
Zulkifli Hasan 0,2%
Lainnya 2,4%
Rahasia 6,8%
Tidak Tahu 15,4%

ADVERTISEMENT