Bangun Sinergi dengan Pemda Luwu Utara, USAID ERAT Sasar 4 Program Diskominfo-SP

44
USAID ERAT akan membangun sinergi dan kolaborasi bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — United States Agency for International Development (USAID) melalui program Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat (ERAT) yang kemudian dikenal dengan akronim USAID ERAT akan membangun sinergi dan kolaborasi bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara.

Ada tiga program yang coba disinergikan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang berkualitas di Kabupaten Luwu Utara, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di Dinas Kominfo-SP.

ADVERTISEMENT

Empat program terssebut adalah: (1) Penguatan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); (2) Penguatan Kapasitas Kelembagaan PPID Pelaksana dan Admin Website Perangkat Daerah; (3) Penguatan Forum Satu Data Luwu Utara; dan (4) Metadata Statistik Sektoral atau Statistikal.

USAID ERAT sendiri telah menyiapkan sejumlah indikator kegiatan dari program tersebut untuk segera direalisasikan akhir tahun ini sampai pada 2023 mendatang. Olehnya itu, Kepala Diskominfo-SP, Arief R. Palallo, meminta jajarannya segera membangun koordinasi dan merespon program yang akan dikerjasamakan dengan USAID ERAT tersebut.

ADVERTISEMENT

“Teman-teman saya minta agar program-program yang telah direncanakan USAID ERAT dapat sama-sama kita kaji agar hasilnya bisa tepat sasaran,” kata Arief di hadapan jajarannya dalam rapat yang dilaksanakan Rabu 12 Oktober 2022 kemarin, di Ruang Media Center Diskominfo.

Terkait penguatan arsitektur penyelenggaraan SPBE, di mana telah dibuatkan regulasi berupa peraturan bupati (perbup), harus melibatkan semua perangkat daerah karena SPBE ini berbicara tentang semua aspek layanan pemerintah.

Kata Arief, Tim Koordinasi SPBE ini pengarahnya adalah Bupati dan ketuanya Sekda serta melibatkan seluruh perangkat daerah. “Karena ini terkait dengan semua aspek layanan pemerintah, maka semua perangkat daerah mesti kita libatkan,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Aptika Diskominfo-SP, Nirwan Sakir, menyebutkan bahwa nantinya ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan bersama USAID ERAT, yaitu Sosialisasi Perbub Arsitektur SPBE Luwu Utara dengan mengundang ITS dan Kementerian PAN-RB.

“Perbub SPBE ini sudah disahkan, dan di Sulsel baru Luwu Utara yang membuatnya. Jadi memang Perbub ini perlu segera disosialisasikan, dan diberitahukan ke seluruh Tim Koordinasi SPBE,” terang Nirwan Sakir.

Masih Nirwan, dengan adanya sosialisasi tersebut, maka diharapkan peserta akan memahami bahwa terdapat hubungan arsitektur data antara perangkat daerah yang satu dengan perangkat daerah lainnya.

Sementara kegiatan kedua yang akan dilaksanakan adalah Sosialisasi Peraturan Komisi Informasi dan Bimtek Penulisan Dokumen Informasi dan Publikasi bagi PPID Pelaksana dan Admin Perangkat Daerah.

Diketahui, USAID ERAT telah membangun sinergi dan kolaborasi dengan Pemda Kabupaten Luwu Utara. Di mana tahun ini ada 16 program, dan 3 di antaranya terkait langsung dengan Dinas Kominfo-SP.

Sementara pada tahun 2022 ini, ada empat kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh USAID ERAT bersama Pemda Luwu Utara, yaitu FGD PPID, FGD Inovasi Stunting, Lokakarya IPM Luwu Utara, serta FGD Pendidikan Luwu Utara. (ZJA/LH)

ADVERTISEMENT