Banyak Anggota DPRD Palopo Tak Hadir, Paripurna Penetapan Perubahan Susunan Keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan Dijadwal Ulang

184
Kantor DPRD Palopo.
ADVERTISEMENT

PALOPO — DPRD Kota Palopo bakal menggelar paripurna penetapan perubahan susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan. Sejatinya, rapat paripurna itu dilaksanakan, Rabu 25 Mei 2022.

Hanya saja, paripurna urung dilakukan lantaran banyak anggota DPRD Palopo yang tidak hadir. Dengan begitu, kondisi sidang tidak kourum untuk dilakukan paripurna.

ADVERTISEMENT

“Banyak anggota DPRD Palopo yang sakit. Selain itu ada pula yang masih di luar kota, sehingga kami belum bisa menggelar paripurna lantaran kondisi forum tidak kourum,” ujar Wakil Ketua DPRD Palopo, Abdul Salam kepada Koran SeruYA.

Untuk itu, pihaknya akan menjadwal ulang rapat paripurna penetapan perubahan susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan.

“Untuk jadwal pastinya belum ada. Kami akan melakukan rapat terlenih dahulu untuk menentukan jadwal pasti paripurna penetapan perubahan susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan,” ungkapnya.

Diketahui, Fraksi di DPRD Palopo ada 5. Yakni Fraksi NasDem, Golkar, Gerindra, PDIP dan Demokrat. Setelah berjalan setengah periode, pimpinan DPRD sebagaimana yang tertuang dalam tatib, mengocok ulang anggota fraksi.

Hanya Fraksi NasDem dan Fraksi Golkar yang mengalami perubahan keanggotaan. Setelah berjalan setengah periode, pimpinan DPRD sebagaimana yang tertuang dalam tatib, mengocok ulang anggota fraksi. Hanya Fraksi NasDem dan Fraksi Golkar yang mengalami perubahan keanggotaan.

Sebelumnya, Fraksi NasDem memiliki anggota fraksi yakni PPP, PAN, PKS dan PKB. Kini, PPP (2 kursi) dan PKS (1 kursi) memilih keluar dari Fraksi NasDem dan bergabung ke Fraksi Golkar. Sementara Hanura (1 kursi) yang sebelumnya gabung di Fraksi Golkar, loncat ke Fraksi NasDem. (ayb)

Adapun komposisi Keanggotaan Fraksi di DPRD Palopo yakni :

Fraksi Golkar 8 kursi. (Golkar 5 kursi, PPP 2 kursi, PKS 1 kursi).

Fraksi NasDem 8 kursi. (NasDem 3 kursi, PKB 2 kursi, PAN 2 kursi, Hanura 1 kursi

Fraksi Gerindra 3 kursi

Fraksi Demokrat 3 kursi

Fraksi PDIP 3 Kursi

ADVERTISEMENT