Basmin Lantik Sejumlah Pejabat Eselon II Luwu, Ini Pesannya di Tengah Pendemi Corona

1201
Basmin Mattayang

BELOPA–Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang melantik sebanyak 18 pejabat eselon II dan III  di jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu. Pelantikan digelar di Aula Rumah Jabatan Bupati Pammanu, Rabu (15/4/2020).

Kepala Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu, H. Sulaiman, mengatakan, pejabat eselon II yang dilantik tersebut adalah hasil
akhir uji kompetensi atau job fit pejabat eselon II, akhir Desember 2019 lalu.

“Ada sebanyak 22 pejabat tinggi pratama/Kepala OPD mengikuti job fit yang diadakan BKPSDM Luwu bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Sulsel sebagai salah satu lembaga yang berwenang. Job fit ini melibatkan profesor dari Univeristas Negeri Makassar dan Univeristas Muslim Indonesia selaku penyeleksi,” kata Sulaiman.

Dia juga menerangkan, hasil dari panitia seleksi job fit ini, diteruskan ke KASN sebagai lembaga negara yang berwenang untuk evaluasi dan koordinasi terkait pejabat pimpinan tinggi atau eselon II. “Dan ini sesuai aturan. Sesuai amanat PP 11 Tahun 2017,” jelasnya.

Data dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), mutasi tersebut menyentuh 18 pejabat eselon II setingkat Kepala Dinas dan Kepala Badan, termasuk sejumlah pejabat eselon III.

Yakni, pejabat eselon II yang dilantik pada jabatan baru diantaranya, Maslin Malik, sebelumnya Kepala BPMD pindah sebagai Kepala Dinas Sosial. Moch Arsal Arsyad, jabatan sebelumnya Kepala Bapenda pindah sebagai Kepala Dinas BPKD, Lukman P, sebelumnya staf ahli menjabat Kepala Bapenda, Andi Pangerang, sebelumnya Kepala Dinas Pertanian pindah menjadi Kepala Badan Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, Luther Bijak sebelumnya Kepala Perizinan Satu Pintu sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

Sementara itu, sejumlah eselon III yakni dari jabatan sekretaris diberikan kepercayaan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas. Yakni, Bustam sebagai Plt Kadis BPMD, Albaruddin A Picunang sebagai Plt Kadis Pertanian, Sofyan Thamrin sebagai Plt Kadis Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim).

Beberapa pejabat eselon II dalam pelantikan ini juga digeser dan ditugasnya sebagai pejabat analis, yakni Hasliana Nurdin analis di Badan Lingkungan Hidup, Suharjono M Anwar, Analisi di Dinas Perikanan dan Wahyuddin, Analis di Bagian Hukum Setda Luwu.

Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang dalam sambutannya, usai melantik pejabat Luwu, meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja maksimal dalam melayani masyarakat, termasuk ikut menyukseskan berbagai program pembangunan di Luwu.

“Saya meminta kepada kita semua untuk bekerja maksimal. Mari kita tingkatkan kinerja. Target dan capain OPD harus terpenuhi. Kita ini adalah pelayan masyarakat. Mari kita memberikan yang terbaik untuk Luwu,” katanya.

Di akhir sambutannya, Basmin meminta agar seluruh pejabat, ASN, dan masyarakat Luwu supaya tidak henti-hentinya berdoa agar pendemi virus corona segera berlalu. “Termasuk mari kita doakan supaya Luwu tetap dalam zona hijau,” kata Basmin. (mat)