Beredar Kabar Hy, Pasien Positif Corona Pertama di Palopo Negatif, dr Ishak: Itu Hoax, Dia Masih Diisolasi di RS Unhas

5341
ADVERTISEMENT

PALOPO–Juru bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 Pemkot Palopo, dr Ishak Iskandar, menegaskan, Hy (28) positif virus Corona atau covid-19.

Karena positif, kata dr Ishak, Hy dirujuk ke RS Unhas di Makassar untuk menjalani perawatan medis intensif.

ADVERTISEMENT

“Yang jelas, dia (Hy) positif sesuai hasil pemeriksaan FCR swab tenggorokannya di Balai Besar Laboratorium Besar Makassar, sehingga dirujuk dari RSUD Sawerigading Palopo ke RS Unhas Makassar,” tegas dr Ishak menjawab polemik di tengah masyarakat yang beredar dua hari terakhir ini, yang tersiar bahwa Hy tidak benar positif.

Polemik ini ramai di media sosial, terutama facebook menyusul adanya warganet atas nama akun Rahmat yang menginformasikan Hy negatif. Postingan akun Rahmat ini menimbulkan kegaduhan di media sosial.

ADVERTISEMENT

“Jajaran medis di Palopo, termasuk seluruh masyarakat Kota Palopo berharap hasil FCR swabnya negatif, tapi hasilnya dari Balai Besar Laboratorium Makassar positif. Hasil ini bukan rekayasa atau mengada-ada,” tegas dr Ishak seraya menambahkan kabar tersebut hoax.

dr Ishak kemudian menjelaskan riwayat pemeriksaan Hy sebelum dilakukan pemeriksaan FCR swab tenggorokan. Saat masih di Makassar, hasil Rapid Test Hy di RS SILOAM negatif.

ADVERTISEMENT

Kemudian pulang ke Palopo, Hy kemudian mendatangi RS Bintang Laut dengan hasil Rapid test positif sehingga dirawat isolasi di RSUD Sawerigading Palopo, mulai tanggal 25 April 2020.

Saat diisolasi di RSUD milik Pemkot Palopo, Hy diambil FCR swab tenggorokannya dan dikirim ke Balai Besar Laboratorium Makassar dengan hasil positif.

“Tidak mungkin hasil swabnya diumumkan positif kalau negatifki. Ini bukan mainan atau rekayasa,” tandas dr Ishak.

Ditambahkan dr Ishak, Hy yang menjalani rawat isolasi di RS Unhas pada Sabtu (2/5/2020), kembali diambil swab tenggorokannya untuk pemeriksaan kedua setelah swab pertama positif.

Bahkan, kata dr Ishak, kalaupun swab kedua ini hasilnya negatif, maka dilanjutkan pemeriksaan swab ketiga untuk lebih memastikan Hy sembuh dari virus Corona ini.

“Kita doakan semoga swab kedua dan ketiga negatif supaya Hy bisa sembuh dari penyakit ini,” katanya.

Untuk diketahui, Hy adalah pasien positif pertama virus corona di Kota Palopo. (Iys)

ADVERTISEMENT