Bertarung di Calon Ketua IKA Unhas, Darwis Ismail Siap Bersaing dengan SYL

202
Darwis Ismail. (foto : Dok. Pribadi)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unhas 2022 bakal segera digelar di Makassar. Agenda dari Mubes tersebut ialah memilih ketua baru untuk masa bakti 2022-2027.

Salah satu nama yang mencuat adalah Ketua Ikatan Sarjana Kelautan (ISLA) Unhas yang juga putra Luwu juga Waketum Iskindo, dan Dewan Pakar Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia di Jakarta. Adalah Darwis Ismail.

ADVERTISEMENT

Nama Darwis Ismail bersaing dengan nama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Dari hasil polling, Darwis Ismail merupakan calon kuat calon kuat ketua IKA Unhas.

Menanggapi hal itu, Ketua Ika Unhas Kelautan (Isla UH) mengungkapkan siap bersaing dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di bursa pemilihan Ketua IKA Unhas Periode 2022-2027. Ia menyatakan bakal menjadikan wadah ini semakin berkembang dan maju, serta sebagai wadah pemersatu alumni Unhas dimanapun berada.

ADVERTISEMENT

“Mubes IKA unhas ini sebaiknya menjadi momen kebangkitan semangat alumni Unhas untuk bersama membangun kawasan Timur Indonesia menjadi teras utama IKN kedepannya,” kata Waketum Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) yang juga Ceo Teknocorp Grup itu.

Sejumlah dukungan juga terus mengalir kepada figur Darwis Ismail. Di antaranya datang dari Anggota Dewan Pembina ISLA Unhas yang juga Wakil Sekjen Bidang Kelautan Majelis Nasional KAHMI, Awaluddin.

Awal sapaannya mengungkapkan bahwa aspirasi sebagian besar alumni kelautan yang tersebar di berbagai lapangan profesional, lembaga/kementerian, LSM, akademik dan lainnya secara kelembagaan mengerucut pada nama Ketuanya Darwis Ismail yang juga belum lama ini dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum ISKINDO (Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia) hasil Munas bulan lalu di provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Sampai saat ini teman-tema alumni tetap solid dan sepakat memberikan dukungan kepada Darwis Ismail untuk maju dalam kandidat Ketua IKA Unhas dalam Mubes tahun ini,” katanya.

Saat ini, lanjut Awaluddin, adalah momentum untuk mengambil peran yang lebih luas dan strategis. Apalagi selama ini eksistensi ISLA Unhas telah diakui kontribusi alumninya bersinergi di berbagai sektor untuk membangun bangsa ini lebih baik.

“Karena itu kami telah menjalin komunikasi dengan alumni fakultas lainnya sehingga terjadi kesepahaman untuk membawa organisasi IKA Unhas ini lebih terbuka, modern dan profesional. Dan hal itu bisa diwujudkan dengan melihat kinerja dan jaringan yang sudah dilakukan Darwis Ismail selama memimpin ISLA Unhas selama dua periode,” jelas Awaluddin sembari menyebut sinyal dukungan IKA Fakultas dan Jurusan lainnya terhadap sosok Darwis Ismail.

Menanggapi dukungan yang mengalir dari ISLA Unhas, Darwis Ismail menyambut baik dan memberikan apresiasi positif dan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. “Semoga bisa membawanya ke proses pemilihan dalam Mubes nanti. Dan Insya Allah bila kelak dipercaya saya akan menjaga dan mengawal amanah tersebut,” ujarnya merendah. (***)

ADVERTISEMENT