BIN Sudah Salurkan 11.500 Dosis Vaksin untuk Warga Palopo

69
Warga Palopo diberi vaksin Covid-19. (Foto : Dok. Badan Intelijen Negara)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menyalurkan 11.500 dosis vaksin di Kota Palopo. Vaksin tersebut diberikan secara tiga tahap.

Tahap pertama, BIN menyalurkan 1.000 dosis vaksin. Gelombang pertama vaksin tersebut ditujukan kepada pelajar dan masyarakat. Lokasi vaksinasi tersebut dilakukan di SMKN 1 Palopo, Senin (25/10/2021) lalu.

ADVERTISEMENT

Walikota Palopo, HM Judas Amir melakukan peninjauan di kegiatan vaksinasi itu. “Jadi kita harus tetap saling mengingatkan keluarga terdekat tetap gunakan masker untuk melindungi diri kita. Sepulang dari sini diharapkan untuk anak-anakku ingatkan kepada keluarga di rumah untuk tetap menggunakan masker,” pesan Judas Amir kepada pelajar yang divaksin.

vaksin yang disalurkan tersebut ialah jenis sinovac. Tak hanya di SMKN 1 Palopo, beberapa sekolah melakukan vaksinasi saat itu. BIN bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kota Palopo.

Puskesmas yang melakukan pemberian vaksinasi di SMKN 1 Palopo yaitu Puskesmas Bara Permai dan Puskesmas Wara Utara, selain itu dilaksanakan di SMPN 6 Palopo, SMKN 2 Palopo, SMP IT IBNU SINA, PKM Maroangin, PKM Wara Barat, PKM Wara Utara, PKM Sendana, dan PKM Pontap.

Tahap kedua, BIN Sulsel menyalurkan 4.500 dosis vaksin. Pada tahap ini, sebanyak 26 lokasi digelar vaksinasi. Lokasi tersebut diantaranya, Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman, Kelurahan Maroangin, Jaya, To’bulung, Balandai, Tamarundung, Batupasi, Luminda, Tompotikka, Songka, Binturu, Mungkajang, Mawa, Mancani, Temmalebba, Dangerakko, Salekoe, Pontap, Penggoli, Malatunrung, Benteng, Salotellue, Surutanga, Lagaligo, Boting dan Patte’ne.

Pembina Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Bagian Putri Palopo, Muhammad Arfah Syarifuddin mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan vaksinasi BIN dan Pemkot Palopo di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Bagian Putri Kota Palopo.

“Saya mewakili Seluruh Keluarga Besar Pesantren Modern Datok Sulaiman Kota Palopo mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada BIN dan Pemerintah Kota Palopo yang telah melaksanakan vaksinasi di Pondok kami, dan semoga dapat kembali dilaksanakan dilain waktu, Indonesia Sehat Indonesia Hebat,” ujarnya.

Tahap ketiga, BIN menyalurkan 6.000 dosis. Pelaksanaan vaksinasi digelar secara serentak di 12 Kelurahan diantaranya, Buntu Datu, Padang Lambe, Pajalesang, Lebang, Salobulo, Takkalala, Ammasangan, Latuppa, Murante, Purangi, Pentojangan, serta Rampoang.

Walikota Palopo, HM Judas Amir, mengucapkan terimakasih kepada Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Selatan yang telah mendukung kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kota Palopo.

“Kegiatan Vaksinasi yang dilakukan BIN bersama Pemkot Palopo untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga kita bisa mengakhiri pandemi Covid-19 dan bisa kembali melaksanakan kegiatan secara normal,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufiq mengatakan Pemkot Palopo saat ini gencar melakukan vaksinasi Covid-19 dengan target kita berdasarkan intruksi Walikota Palopo bahwa diakhir bulan Desember 2021 ini masyarakat sudah tervaksin sekitar 90 persen. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT