BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop Berbasis Virtual

37
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar Media Workshop Berbasis Virtual dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik 2021. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari dari Kamis dan Jumat (28-29/10/2021).

Kegiatan ini menghadirkan perwakilan dari berbagai media online, media cetak dan media elektronik seperti radio dan televisi yang tersebar di seluruh wilayah kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Di kota Palopo kegiatan ini digelar secara virtual, di kantor BPJS Kesehatan Kota Palopo, Jalan Andi Masjaya (eks Gunung Terpedo).

Kegiatan ini dibuka Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. Di hari pertama menghadirkan pemateri yakni Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dan Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono.

Sementara di hari kedua mengupas Program JKN-KIS dengan tema Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS. Dimana dalam tema ini menghadirkan 3 pemateri yang dilibatkan yakni Direkur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional Muttaqien dan Pakar Asuransi Kesehatan Budi Hidayat.

ADVERTISEMENT

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam sambutannya mengatakan, Media Workshop dan Anugerah Karya Lomba Jurnalistik 2021 merupakan apresiasi dari perusahaan dalam upaya memberikan informasi terbaik untuk keberlangsungan program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Menurut Ali Gufron media massa memiliki peran yang besar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terutama dengan luasnya cakupan wilayah Indonesia.

Pasca kegiatan ini, berharap banyak informasi terkait program JKN KIS yang bisa disampaikan kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi yang benar dan tepat tentang Kepesertaan JKN KIS, termasuk hak dan kewajiban peserta JKN-KIS. Selain pada tahun ini kegiatan Media Workshop dan Anugerah Karya Lomba Jurnalistik 2021 begitu istemewa karena di gelar bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

“Kegiatan ini Sengaja diadakan oleh Bpjs Kesehatan pada hari ini karena betepatan dengan hari sumpah pemuda. Media massa memmpunyai peranan sebagai sarana edukasi kepada publik. BPJS Kesehatan membutuhkan media massa dalam menyamapaiakan layanan kepada masyarakat tentang pentingnya layanan JKN dan KIS dan meningakatkan kesehatan dan kesejahteraan vagi masyarakt,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan terkait dengan kontribusi media bpjs kesehatan ingin memberikan penghargaan kepada para media lewat anugarah. “Selamat kepada seluruh pemenang lomba Anugerah jurnalisitik diseadakan oleh BPJS Kesehatan ditahun 2020 ini,” katanya.

Adapun kegiatan Media Workshop dan Anugerah Karya Lomba Jurnalistik 2021 diikuti sebanyak 700 peserta dari berbagai media. Sementara dalam lomba karya jurnalistik ini diikuti 153 peserta dari berbagai media cetak, online dan elektronik.

Sementara itu, Kepala Bpjs Kesehatan Palopo Harbu Hakim diakhir kegiatan menyampaikan BPJS kesehatan Palopo tidak akan melarang para media mencari info terkait pelayanan BPJS kesehatan kepada masyarakat .

“Saya selalu meminta media silahkan cari info terkait JKN karena media paling membantu untuk mengetahui bagaimana pelayanan kami di masyarakat bisa lebih baik. Cuma untuk yang terkait dengan berita yang bersumber dari subjektif harus konfirmasi dulu kepada kami agar jelas, bukan hanya berita namun infomasinya harus bisa lebih akurat,” jelasnya. (jun/liq)

ADVERTISEMENT