Buat Kagum Presiden Jokowi Hingga Tuai Pujian Musisi Dunia, Ini 7 Fakta Menarik Alip Ba Ta yang Jarang Diketahui

3668
Youtuber Alip Ba Ta. (ft/int)
ADVERTISEMENT

 

KORANSERUYA.COM–Berita Youtuber Alip Ba Ta yang memiliki penghasilan luar biasa dari konten YouTube-nya, berkisar Rp8,8 miliar per tahun, menjadi berita populer di berbagai media ciber, termasuk di website KORAN SERUYA, Jumat (10/9/2021).

Daya tarik pria asal Ponorogo, Jawa Timur bernama asli Alief Gustakhiat itu tak hanya karena kepiawaiannya bermain gitar hingga mendapat pujian dan meraup miliaran rupiah. Tapi, kehidupan Alip Ba Ta yang dinilai begitu sederhana meski berpenghasilan gede menyita perhatian publik.

ADVERTISEMENT

Dari berbagai sumber yang dirangkum KORAN SERUYA, berikut 7 fakta menarik yang banyak orang belum tahu seputar Alip Ba Ta:

1. Berawal dari Facebook

ADVERTISEMENT

Sebelum terkenal di Youtube channel, Alip Ba Ta mengawali karier musiknya melalui media sosial, dan mulai dikenal di grup facebook “Indonesian Fingerstyle Guitar Community”. Alip melalui laman Facebook tersebut kerap kali men-share video aksi permainan gitarnya. Bahkan tak jarang ia juga membagikan video-video tutorial gitar dengan bahasa dan penjelasan sederhananya.

Berangkat dari disitu, dilansir KORAN SERUYA dari newartikelfahmi.blogspot.com, Alip dimotivasi oleh anggota-anggota grup yang merasa kalau Alip Ba Ta ini punya potensi yang besar di dunia pergitaran tanah air. Akhirnya Alip semangat untuk membangun channel youtube-nya yang pada mulanya dinamai “Alip Njancuki”.

ADVERTISEMENT

Berawal dari ratusan subscriber hingga merangkak naik menjadi seribu, dua ribu, lima ribu, selama berbulan-bulan, hingga salah satu video permainan gitarnya yang meng-cover lagu dari Wali yang berjudul “Yank” viral, dan banyak di-share di sosial media. Bahkan sampai negeri seberang Malaysia. Akhirnya channel Alip perlahan naik dan terus berkembang pesat hingga sekarang mencapai hampir lima juta subscriber.

2. Buat Kagum Presiden Jokowi

Alip Ba Ta mulai dikenal setelah video bermain gitarnya mencuri perhatian publik. Video tersebut diunggah melalui kanal Youtube dengan nama Alip_Ba_Ta sejak tahun 2018. Sejak saat itu, Alip rutin mengunggah video aksi bermain gitarnya. Sampai saat ini, Ia masih aktif mengunggah konten di akun yang memiliki sekitar 4,95 juta subscriber.

Alip Ba Ta yang piawai main gitar ini dipuji dan dikagumi banyak musisi, bukan saja hanya di Indonesia melainkan di seluruh Dunia. Gitaris terkenal hingga musisi tanah air serta banyak kalangan yang memuji skil dalam bermain gitar.


Presiden Joko Widodo termasuk ikut memuji Alip Ba Ta. Bukan hanya memuji, Jokowi malah ikut bangga dengan kemampuan yang dimiliki Alip Ba Ta hingga memukau musisi dunia.

Presiden Joko Widodo termasuk ikut memuji Alip Ba Ta. Bukan hanya memuji, Jokowi malah ikut bangga dengan kemampuan yang dimiliki Alip Ba Ta hingga memukau musisi dunia.

Salah satu video permainan fingerstyle Alip Ba Ta yang memainkan lagu Dear God dikometari langsung oleh Synyster Gates. Ia mengungkapkan begitu mengagumi permainan gitar Alip Ba Ta.

Brian May, gitaris top dunia personil band legendaris asal Inggris, Queen, juga sangat mengagumi permaian gitar Alip Ba Ta. Bahkan Brian May juga terang-terangan memuji Alip Ba Ta, dan membagikan video permaian gitar Alip yang memainkan lagu “Love of My Life” dan “Bohemian Rhapsody” di akun official resmi Queen. Luar biasa bukan?

3. Ciri Khas Bercelana Pendek

Nama Alip Ba Ta awal kemunculannya di Youtube agak terdengar asing di telinga banyak orang. Ini karena Alip Ba Ta bukanlah publik figur yang wajahnya wara-wiri di layar kaca televisi. Dia hanyalah sosok sederhana, yang memperagakan keahlian fingerstyle-nya sambil duduk lesehan dengan latar belakang tembok putih memakai celana pendek serta kaos.

Youtuber Alif Gustakhiyat alias Alip Ba Ta

Namun dibalik sosoknya yang sederhana, Alip Ba Ta kerap memainkan lagu-lagu hits luar dan dalam negeri, termasuk lagu Jawa serta lagu-lagu nasional yang di bawakan dia sangat apik dan luar biasa. Kemampuannya itu ikut dikagumi Iwan Fals, musisi Tanah Air yang juga memiliki puluhan ribuan penggemar.

4. Tak Pernah Minta Like dan Subscribe Akun Youtube-nya

Yang menarik dari Alip Ba Ta ini, melalui akun YouTube pribadinya, banyak para penggemar Alip Ba Ta yang meminta ataupun reques lagu. Dengan senang hati Alif Ba Ta menyanggupi permintaan dari penggemarnya.

Bagi penggemar Alip Ba Ta tentulah tahu ciri khas pria ini. Salah satunya, dalam setiap unggahan video di chanel Youtube ia jarang berbicara dan basa basi. Jika diperhatikan dari setiap unggahannya, Alip selalu tampil sederhana dengan memakai baju kaos dan celana pendek. Ia juga tak pernah meminta para penontonnya untuk memberinya komentar, like, dan subscribe akunnya.

5. Sosok Pekerja Kasar

Fakta ini mungkin sudah banyak dikerahui orang, apalagi bagi para alipers– julukan fans/penggemar setia Alip Ba Ta– bahwa Alip sosok pekerja keras. Meski sudah berpenghasilan miliaran rupiah, dia tetap bekerja sebagai pekerja proyek. Dia bekerja sebagai operator forklift (alat berat) di salah satu perusahaan ternama di Jakarta Timur. Sebelumnya, Alip Ba Ta juga pernah bekerja sebagai sopir.

6. Banyak Tawaran Berkolaborasi Musisi Tanah Air

Alip Ba Ta dikenal sebagai sosok gitaris yang sederhana, tidak suka dipuji-puji dan mendapat ketenaran. Banyak musisi hebat yang bahkan terang-terangan mengundangnya berkolaborasi, bahkan tampil di TV. Nama musisi sekaligus kompser hebat sekaliber Addie M.S. misalnya, mengaku sangat mengagumi Alip dan ingin mengajaknya berkolaborasi.

Anji, penyanyi top tanah air yang juga mantan personil Drive, bahkan juga pernah membuat video khusus tentang percakapan dan kontaknya dengan Alip Ba Ta yang ingin mengundangnya ke channel youtube-nya untuk berkolaborasi bersama. Satu kata yang selalu diiingat, Anji di video yang bertemakan klarifikasi mengundang Alip Ba Ta dan tentang hak komersial karya-karaya Alip, mengungkapkan: “Saya dengan peralatan yang lengkap dan studio yang bagus seperti ini saja tidak bisa bermain gitar seperti Mas Alip”.

7. Jago Bernyanyi

Alip Ba Ta selain jago bermain gitar fingerstyle, ia juga cukup handal dalam bernyanyi. Bahkan dahulu ketika jumlah subscsriber-nya kurang dari lima ribuan, ia sering meng-cover lagu-lagu Iwan Fals dengan sambil ia bernyanyi langsung dan mengiringi lagunya dengan gitarnya sendiri dengan sangat tenang namun elegan. (liq)

ADVERTISEMENT