Dari Konstruksi ke Parlemen, Perjalanan Karir Wakil Ketua DPRD Palopo Irvan Majid

1061
Irvan Majid bersama istri.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Tak banyak anak muda bisa menjadi pimpinan di suatu lembaga negara. Salah satu yang beruntung ialah, Irvan Majid. Wakil Ketua DPRD Palopo.

Saat pertama kali mengemban amanah rakyat, Irvan baru berumur 33 tahun. Tapi, usia hanyalah soal angka. Alumni Universitas Andi Djemma itu mampu memperlihatkan kebijaksanaanya sebagai pemimpin.

ADVERTISEMENT

Walaupun terkadang, kebijakan yang dia ambil tidak populer diantara koleganya, tapi sangat pro dengan kondisi masyarakat saat itu. Salah satunya, saat dia menyikapi penutupan sekolah tak berizin yang akan dilakukan Dinas Pendidikan Palopo.

Dengan tegas, legislator Demokrat itu menolak. Saat itu, dia mengatakan penutupan lembaga pendidikan karena tak memiliki izin bukanlah solusi. “Disdik baiknya bersikap sebagai lembaga pendidikan bukan lembaga penindakan hukum,” tegas Irvan.

Ketegasan dan kebijaksanaan Irvan Majid dalam memimpin sudah terlihat saat masih menjadi Mahasiswa Universitas Andi Djemma. Hal itu semakin dipertajam saat dirinya dipercaya menjabat sebagai Wakil Presiden BEM Unanda tahun 2006.

Dunia kerja semakin membentuk karakter dari seorang Irvan Majid. Awal karirnya sebagai insinyur saat dia bekerja di CV Intranusa Konsultan. Di perusahaan lokal itu dia menjabat sebagai Inspector, Drafter dan Surveyor tahun 2007-2011.

Kematangannya di dunia konstruksi semakin matang kala dirinya bekerja di PT. Winsolusi Konsultan. Sebuah Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik konstruksi. Irvan dipercaya sebagai Tenaga Ahli Jalan dan Jembatan Tahun 2012-2013.

Setelah itu, dia kemudian naik jabatan sebagai Manager and Quality Control tahun 2013-2016. Tawaran dari PT Modern Konstruksi Indonesia datang. Sebuah Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang kontraktor pelaksana konstruksi.

Irvan Majid langsung menerima tawaran tersebut. Dia kemudian menjabat sebagai Manager and Quality Control tahun 2016-2018. Kemampuan Irvan dalam dunia konstruksi membuat PT Intra Persada Konsultan memberikan tawaran menggiurkan.

Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik itu menawarkan Irvan Majid sebagai Kepala Cabang di Provinsi Papua tahun 2018. Petualangan Irvan dalam perusahaan konstruksi berakhir di PT Arci Pratama Konsultan.

Di perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik itu dia menjabat sebagai Kepala Cabang Provinsi Papua tahun 2018. Dirasa cukup berpetualang di luar daerah, Irvan kemudian memutuskan pulang kampung.

“Saya di Papua hampir 3 tahun. Dari akhir tahun 2011 sampai 2014. Ditarik ke kantor pusat di Jakarta dari tahun 2014 sampai 2018. 2018 resign dari kantor pusat dan kembali ke Papua. Hampir setahun di Papua baru balik ke Palopo,” kata Irvan Majid, Rabu (8/9/2021).

Pria kelahiran Palopo yang satu ini ternyata mempunyai hobi bermain sepak bola. Dirinya mengidolakan sosok pemain Manchester United bernomor punggung 7 pada era 1993-1997 Eric Cantona. “Tidak ada alasan, cuma suka saja,” kata Irvan singkat.

Panggilan jiwa untuk berbuat yang lebih baik untuk tanah kelahirannya jadi alasan Irvan maju sebagai Caleg dari Partai Demokrat. Dia akhirnya terpilih dan menjadi Wakil Ketua DPRD Palopo. (hwn/liq)

Berikut profil Irvan Majid ST

Lahir : Palopo 17 Mei 1985

Pendidikan Formal :

SDN 223 Batara Palopo, lulus 1998
SMPN 2 Palopo, lulus 2001
SMU Veteran RI Palopo, lulus 2004
Universitas Andi Djemma, lulus sebagai Sarjana Teknik Sipil Tahun 2011

Pendidikan Non Formal :

Sertifikasi Profesi Insinyur Indonesia
Sebagai Pll, Tahun 2014

Pengalaman Kerja :
– CV. Intranusa Konsultan. Perusahaan Lokal yang bergerak dalam bidang konsultan teknik  konstruksi. Sebagai Inspector, Drafter dan Surveyor Tahun 2007-2011
– PT. Winsolusi Konsultan. Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik konstruksi.
Sebagai Tenaga Ahli Jalan dan Jembatan Thn. 2012 – 2013
Sebagai Manager and Quality Control Thn. 2013 -2016
– PT. Modern Konstruksi Indonesia. Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang kontraktor pelaksana konstruksi. Sebagai Manager and Quality Control Thn. 2016 – 2018
– PT. Intra Persada Konsultan. Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik. Sebagai Kepala Cabang Prov. Papua Thn. 2018
– PT. Arci Pratama Konsultan. Perusahaan Nasional yang bergerak dalam bidang konsultan teknik. Sebagai Kepala Cabang Prov. Papua Thn. 2018
– DRPD Kota Palopo. Sebagai Wakil Ketua Tahun 2019-2024

ADVERTISEMENT