Delapan Pejabat Palopo Ikuti Job Fit, FKJ : Penilaian Karakteristik Kandidat Suatu Posisi

410
Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas. (Foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir membuka secara resmi uji kesesuaian kompetensi (Job Fit) dan Evaluasi PPT Pratama. Kegiatan itu berlangsung di Kantor Puslatbang KMP LAN Makassar, Jumat 10 Juni 2022.

Uji Kesesuaian Kompetensi (job fit) tersebut diikuti enam pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II-b) dan dua pejabat pimpinan tinggi pratama yang akan mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama lima tahunan.

ADVERTISEMENT

Kepala BKPSDM, Kota Palopo Farid Kasim Judas (FKJ) menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan job fit atau biasa disebut juga dengan person job fit adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di dalam organisasi melalui kepribadian, soft skills, pengalaman dan nilai-nilai yang mereka miliki dalam bekerja.

Selain itu Job fit yang dilakukan ini juga untuk melakukan evaluasi kinerja para kepala OPD. Adapun peserta berjumlah delapan orang yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok itu antara lain enam orang mengikuti Uji Kesesuaian Kompetensi (Job Fit) dan dua orang mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama lima tahunan.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan, Andi Taufik dalam sambutannya menyampaikan merawat pengembangan kompetensi bagi pejabat itu menjadi hal yang sangat penting di sela kesibukan dan pekerjaan lainnya.

“Puslatbang KMP ini salah satu tugasnya adalah mengawal merit sistem di dalam manajemen ASN karena itu kami memiliki suatu lembaga pusat penilaian kompetensi ASN yang terakreditasi A,” kata Taufik.

Untuk itu, pihaknya turut serta dalam mengawal hal ini. Bukan hanya di Provinsi Sulawesi Selatan tapi juga di beberapa provinsi lainnya termasuk papua dan papua barat.

“Itu semua telah menggunakan jasa assessment center dari kita. Karena itu, saya ucapkan terimakasih kepada Walikota Palopo dan juga Kepala BKPSDM Palopo yang selalu melihat pendekatan pada aspek kualitas sehingga selalu menitipkan SDM kita baik itu pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat pengawas untuk di didik di LAN.

HM Judas Amir dalam sambutannya berharap upaya yang mereka lakukan ini membawa Palopo lebih baik lagi kedepan. Dia juga berharap para peerta lebih memahami, sebab jika dilihat dari masa kerjanya pejabat yang ikut ini semua sudah senior.

“Kita berharap kali ini evaluasi bagi pejabat sejauh mana telah menguasai tugas yang telah diberikan selama ini jika tidak ada kemajuan di suatu daerah itu pasti para pejabat yang tidak menguasai tugasnya,” ungkapnya.

“Karena dimanapun kita bekerja jika dasarnya tidak ingin bekerja pasti akan susah karena kegiatan ini bukan untuk kepentingan kepala daerah tapi untuk daerah dimana kita harus benahi suatu daerah sehingga harus memahami apa yang menjadi tugas kita,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Lembaga Administrasi Negara, Inspektur Kota Palopo Asir Mangopo, Kepala Bappeda Kota Palopo, Hj Raodatul Jannah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo, Wahyudin serta para peserta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kota Palopo. (rls)

ADVERTISEMENT