Dibangun Tiga Tahun, Sirkuit Ratona Motor Sport Ditarget Jadi Icon Otomotif di Luwu Raya

2222
Desain bagian depan Sirkuit Ratona Motor Sport Palopo.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Kabar gembira bagi pecinta olahraga otomotif di wilayah Luwu Raya, terkhusus di Kota Palopo, Sulsel. Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mulai akan membangun arena sirkuit road race di kota bermotto ‘Idaman’ ini, tahun ini.

Bahkan, Dinas PUPR Kota Palopo telah menyusun Detail Engineering Design (DED) untuk tahun anggaran 2021. Termasuk proyek sirkuit ini telah memiliki AMDAL sehingga tidak ada kendala lagi untuk memulai pengerjaannya.

ADVERTISEMENT

Proyek pembangunan arena road race yang akan dibangun ini, diberi nama Ratona Motor Sport segera ditenderkan.

Plt Kadis PUPR Kota Palopo, Harianto, mengatakan, sudah tidak ada kendala terkait pembangunan Ratona Motor Sport, yang direncanakan akan dibangun selama tiga
tahun mulai tahun anggaran 2021 hingga 2023.

“Proyek ini segera ditender untuk tahap pertama tahun 2021. Kita segera ajukan ke Unit pelelangan barang jasa Pemkot Palopo untuk ditenderkan,” ujar Harianto.

DED pembangunan arena road race Ratona Motor Sport Palopo.

Dikatakan, Ratona Motor Sport sebagai proyek multiyears akan dibangun di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan di atas lahan seluas 10 hektare.  Anggaran yang dibutuhkan mencapai Rpp49 miliar.

“Sesuai perencanaan, Ratona Motor Sport akan dibangun berstandar nasional. Sirkuit ini akan memiliki konstruksi yang baik,” katanya.

Nantinya, sesuai DED, Ratona Motor Sport memiliki 12 tikungan, termasuk ada 9 tikungan yang cukup tajam.

Walikota Palopo, HM Judas Amir, sejak periode pertama memimpin Kota Palopo telah merencanakan hadirnya sebuah sirkuit di Kota Palopo untuk mendukung olahraga
otomotif. Dalam berbagai kesempatan, Judas Amir kerap berdikusi dengan pelaku olahraga otomatif di Kota Palopo untuk meminta masukan terkait rencana pembangunan sirkuit di Kota Palopo.

Dalam perencanaannya, proyek pembangunan sirkuit ini menghadapi berbagai kendala, termasuk belum tersedianya lahan yang tepat untuk lokasi proyek, AMDAL belum selesai, termasuk DED.

Desain Sirkuit Ratona Motor Sport Palopo tampak dari atas.

Namun Walikota Palopo HM Judas Amir tetap bersikeras untuk mewujudkan adanya sirkuit di kota ‘Idaman’ ini, sehingga berbagai kendala terus dicarikan solusi hingga disepakati lokasi pembangunan sirkuit di wilayah Songka, setelah sempat diusulkan di wilayah Telluwanua.

Walikota Palopo HM Judas Amir berharap, Ratona Motor Sport ini akan menjadi salah satu ikon olahraga di jasirah utara Sulsel, yakni wilayah Luwu Raya karena nantinya hanya Kota Palopo yang memiliki arena sirkuit berstandar Nasional.

Dengan demikian, olahraga otomotif di Kota Palopo berkembang, karena pecinta otomotif telah memiliki arena balapan yang representatif.

“Ini harapan saya, semoga mendapat dukungan semua pihak, terutama pecinta otomotif,” ujar Walikota Palopo, HM Judas Amir.

Sementara itu, kepastian pembangunan sirkuit Ratona Motor Sport juga terungkap di sela bincang santai Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas dengan pengurus
Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel, di salah satu mall di Makasar, Sabtu (21/8/2021) malam lalu.

Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas bersama pengurus IMI Sulsel dan pebalap nasional Hokky Krisdianto membahas trek lintasan sirkuit Ratona Motor Sport
Palopo. Hokky Krisdianto yang pernah jawara nasional Indoprix 2008 untuk dua kelas sekaligus, yaitu IP1 (110 cc) dan IP2 (125 cc).

“Atas arahan dan petunjuk bapak Rusdi Masse yang tak lain ketua IMI Sulsel, kami berdiskusi bersama pengurus IMI dan pebalap nasional. Diskusi mengenai konsep desain trek lintasan sirkuit Ratona Motor Sport Palopo yang Insya Allah akan segera dibangun tahun ini,” kata FKJ, begitu Farid Kasim Judas akrab disapa. (***)

ADVERTISEMENT