Dinilai Terbaik di Sulsel, Jadi Alasan DPRD Wajo Lakukan Konsultasi dan Komparasi di DPMPTSP Palopo

25
ADVERTISEMENT

PALOPO–Setelah kunjungan dari DPRD Majene, kini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP kota Palopo menerima kunjungan dari DPRD Wajo.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Wajo diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs Firmanza DP SH MSi yang bertindak mewakili Walikota, Senin, (3/5/2021) di ruang rapat Bappeda kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Kunjungan Anggota Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Wajo, itu untuk mengadakan konsultasi dan komparasi pada Pemkot Palopo terkait implementasi penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

Kunjungan itu juga sebagai implementasi pelayanan DPRD Kabupaten Wajo dalam bersinergi  dengan mitra kerja terkait (dalam hal ini DPMPTSP dan Organisasi Setda).

ADVERTISEMENT

Sekretaris Daerah pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang di kota Palopo, Sekda melanjutkan, Pemkot Palopo tentunya sangat mengapresiasi kedatangan rombongan dari DPRD dan Pemerintah kabupaten Wajo untuk sharing, bertukar pendapat, terutama yang berkaitan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Alhamdulillah, dengan segala keterbatasannya tentunya ada beberapa hal yang bisa kita bawa pulang ke Kab. Wajo. Namun juga kami berharap (kepada Pemkab Wajo) dalam diskusi-diskusi nantinya (di lokus) juga bisa memberikan masukan-masukan, untuk perbaikan-perbaikan dan saya yakin ada beberapa hal di Wajo juga yang lebih unggul dibandingkan dengan yang ada disini,” ungkap Sekda.

“Jadi inilah fungsinya, agar kita bisa sharing kita bisa melakukan kajian, bisa diskusi, sehingga apa layanan inovasi atau pelayanan yang terbaik untuk masyarakat itu bisa sama sama kita wujudkan,” ujarnya.

Masih menurut Sekda, tentunya pemerintah itu dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan penyelenggaraan pembangunan, penyelenggaraan tugas tugas pemerintahan tentunya juga menjadikan inovasi inovasi yang “best practise” yang kemudian bisa diterapkan di unit kerjanya.

Jadi kami juga berharap, ada best-best practice  yang bisa diceritakan Pemkab Wajo kepada kami, begitu juga dari kami, sehingga ada yang bisa diadopsi dan diimplementasikan untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Istilahnya dalam pemerintahan, itu  ATM, Amati, kita coba Tiru  dan kemudian coba kita Modifikasi untuk diadopsi dan diterapkan di daerah kita. Ini sebagai konsep agar organisasi kita bisa berkembang,” jelas Sekda.

Hairuddin, Sekretaris komisi I DPRD Kab. Wajo yang juga sebagai ketua rombongan mengungkapkan untuk mendapatkan referensi atas evaluasi terhadap pelayanan publik.

Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palopo yang dikunjungi karena berdasarkan hasil penilaian Kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Kemenpan RB), kota Palopo berada pada nilai A, mendapatkan nilai A.

“Makanya kami ke sini, karena pada penilaian Kemenpan RB itu, kami (Kab. Wajo) mendapatkan nilai C. Dan beberapa indikator yang telah direkomendasikan oleh Kemenpan RB, semuanya ada disini, di tingkat Sulsel, MPP kota Palopo adalah yang terbaik, makanya kami datang untuk belajar,” ungkap Hairuddin.

Dalam kunjungannya itu ada 5 orang anggota Komisi I DPRD Wajo, dan didampingi Asisten 3 Bidang Pemerintahan dan Kabag Organisasi Kabupaten Wajo dan staf yang hadir. Usai acara penyambutan, diakhiri dengan pemberian cindera mata.

Sementara Sekretaris Daerah kota Palopo sendiri saat menerima rombongan didampingi Kepala DPMPTSP Palopo, Kabag Ortala Setda dan Kabag. Protokol dan komunikasi pimpinan Setda kota Palopo.

(*)

ADVERTISEMENT