Disebut Sebagai Pahlawan Olahraga Palopo, Atlet Dayung Palopo Nurtang Menangis Didepan Ketua KONI dan FODSI

4633
Nurtang, atlet dayung asal Palopo bersama kedua orangtuanya.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Nurtang, atlet dayung asal Palopo sukses mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di Sea Games 2022 di Vietnam, layak menyandang predikat pahlawan olahraga Kota Palopo. Bukan tanpa sebab, karena warga Ponjalae ini telah banyak meraih prestasi baik Nasional dan Internasional yang telah mengharumkan nama Palopo.

“Alhamdulillah dengan doa dan dukungan kedua orangtua saya dan orang-orang yang menyayangi saya, akhirnya saya bisa membawa nama Indonesia keluar negeri. Alhamdulillah, saya bisa menyumbangkan medali perak untuk Indoensia di Sea Games,” ujar Nurtang, di Sekretariat KONI Palopo, dalam acara penerimaan Nurtang oleh pengurus KONI dan Podsi Palopo, Rabu (18/5/2022).

ADVERTISEMENT

“Saya bahagia bisa membanggakan kedua orangtua dan keluarga saya. Alhamdulillah, saya bisa mewujudkan mimpi orangtua saya,” lanjut Nurtang, terisak tak kuasa menahan tangis bahagia karena telah mengukir prestasi membanggakan bagi keluarganya, termasuk telah mengharumkan nama daerahnya, Kota Palopo.

Nurtang juga dalam kesempatan tersebut, berharap ada atlet dayung asal Palopo bisa mengikuti jejaknya menjadi atlet dayung yang bisa mengharumkan nama daerah asal, termasuk nama Indonesia di tingkat dunia. “Semoga ada teman-teman saya sesama pedayung asal Palopo bisa mengikuti jejak saya berprestasi untuk mengharumkan nama daerah, bahkan Indonesia,” katanya.

ADVERTISEMENT

Ketua KONI Palopo, Hairul Salim menyebut, Nurtang layak menyandang predikat salah satu pahlawan olahraga Kota Palopo. Sebab, Nurtang telah meraih berbagai prestasi di berbagai event olahraga dayung, baik skala nasional dan internasional, sehingga telah mengharumkan nama baik Kota Palopo.

Hairul membeberkan berbagai prestasi Nurtang, diantaranya meraih medali perak di PON Papua, merebut medali perak di kejuaraan dayung dunia di Thailand, dan terakhir merebut medali merak di ajang Sea Games 2022 di Vietnam. ”

Tak hanya itu, Hairul Salim menyebutkan, pada bulan Desember 2022, Nurtang akan mengikuti Kejuraan Dayung Dunia 2022, dan setelah itu akan masuk Pelatnas lagi untuk mempersiapkan diri menghadapi Asean Games 2023. “Kita berharap, Nurtang yang telah meraih perak di berbagai kejuaraan dayung nasional dan internasional, kedepan prestasinya bisa lebih naik lagi dengan meraih emas. Terutama di Asean Games. Kita doakan,” kata Hairul Salim.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Palopo, Irfan Dahri menyampaikan ucapan selamat kepada Nurtang yang telah meraih medali perak di Sea Games 2022., sehingga telah mengharumkan nama Kota Palopo di tingkat internasional. Sehingga dia menyebut, prestasi yang diraih Nurtang tersebut tidak hanya mengharumkan nama Kota Palopo, tetapi nama bangsa ini.

Kepala BPKAD Palopo ini mengatakan, prestasi yang telah diukir Nurtang bukan diraih dengan mudah, tetapi melalui perjuangan yang panjang. “Kerja keras dan perjuangan Nurtang selama ini tidak mengkhianati hasil. Ini bisa menjadi motivasi dan cambuk bagi atlet dayung Palopo untuk berprestasi seperti Nurtang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Irfan Dahri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelatih Nurtang, Jodi, KONI Palopo, pengurus Podsi Palopo yang terus melakukan pembinaan terhadap atlet di Palopo, terutama atlet dayung Kota Palopo.

Sementara itu, pelatih atlet dayung Palopo, Jodi Winarso mengharapkan perhatian serius dari berbagai pihak, terutama Pemkot Palopo, KONI Palopo, dan terkhusus Podsi Palopo, agar memperhatikan program latihan atlet, terutama makanannya. Sebab, Jodi mengakui atlet dayung sangat membutuhkan makanan bergizi karena membutuhkan tenaga dalam berlatih. “Kondisi atlet dayung kita sejujurnya sangat memprihatikan selama berlatih di Palopo, karena makanan bergizi. Butuh perhatian serius terkait makanan atlet dayung kita,” katanya.

Diketahui, setibanya di Palopo, Nurtang, disambut meriah di depan rumah Ketua KONI Palopo, Hairul Salim yang berada di Kecamatan Bua, Rabu (18/5/2022) pagi, sekitar pukul 10:00 Wita. Bak pahlawan yang baru pulang dari medan laga membawa kemenangan, Nurtang disambut meriah. Turut menyambutnya, Ketua KONI Palopo, Hairul Salim bersama Ketua Ketua PODSI Palopo, Irfan Dahri, Camat Wara Timur, Ruslan, termasuk pelatih dayung Palopo, Jodi Winarso, dan seratusan pemerhati olahraga dayung di Palopo.

Yang membuat Nurtang sangat bahagia, kedua orangtua bersama sejumlah kerabatnya ikut menjemputnya di kediaman Hairul Salim, yang berada di perbatasan Palopo-Luwu. “Tidak menyangka bakal seperti ini, terima kasih kepada seluruh warga Palopo. Saya cuma bisa mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya,” kata Nurtang, baghagia.

Dari perbatasan Palopo-Luwu, Nurtang diarak memasuki wilayah Kota Palopo mulai dari poros Sampoddo, Purangi, hingga melintasi beberapa jalan dalam wilayah Palopo. Iring iringan sekitar seratusan kendaraan baik motor dan roda empat itu, berakhir di Kantor KONI Palopo.

Saat penjemputan tersebut, Ketua KONI Palopo Hairul Salim mempersiapkan mobil merek Pajero untuk dipakai Nurtang. Namun, Nurtang lebih memilih naiki mobil pick up milik Kelurahan
Ponjalae. Bersama sejumlah keluarganya dan Lurah Ponjalae, Nurtang berdiri di bak belakang mobil pick up tersebut. Di sepanjang jalan, Nurtang yang sangat bahagia melambaikan tangan kepada warga yang menyaksikan arak-arakan penjemputannya.

Di arena Sea Games 2022 di Vietnam, tim Dayung Indonesia yang dimotori Nurtang Dkk sukses meraih medali perak untuk Indonesia untuk kelas empat pedayung rowing atau lightweight women’s quadruples scull 2.000. (***)

ADVERTISEMENT