Diunggulkan Menang di Pilkada Lutim Jadi Alasan Demokrat Usung Ibas-Andi Rio, Ullah: Kans Kalahkan Incumbent Besar

1378
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel, Ni'matullah Erbe menandatangi rekomendasi pencalonan kepada Ibas-Andi Rio
ADVERTISEMENT

MALILI–Setelah mendapatkan rekomendasi berupa surat tugas dari Partai Demokrat Sulsel, duet Irwan Bachry Syam dan Muhammad Rio Pattiwiri (Ibas-ARP) kian memantapkan langkahnya menatap Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2020. Koalisi Nasdem dengan 4 kursi dan Demokrat 2 kursi telah memenuhi syarat mendaftar ke KPU, yakni 6 kursi.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

KEINGINAN incumbent di Pilkada Lutim, HM Thoriq Husler yang dipastikan berduet dengan Budiman Hakim melawan kotak kosong, pupus sudah. Sebab, penantangnya, duet Ibas-Andi Rio telah memastikan nyalon di Pilkada Lutim 2020. Koalisi Nasdem dan Demokrat mengantongi 6 kursi di DPRD telah memenuhi syarat
mendaftar ke KPU.

ADVERTISEMENT

Nah, meski telah memenuhi syarat pencalonan, Ibas-Andi Rio masih berharap diusung beberapa partai politik lainnya, yang sampai saat ini belum mengeluarkan rekomendasi pencalonan kepada kandidat di Lutim. Salah satu partai politik diincar Ibas-Andi Rio adalah partai besutan Prabowo Subianto, Partai Gerindra.

Partai Gerindra memiliki 4 kursi di DPRD Lutim. Jika diusung Gerindra, dengan 4 kursi ini, Ibas-Andi Rio akan semakin kuat menantang incumbent Husler. “Alhamdulillah, koalisi Nasdem dan Demokrat memiliki 6 kursi atau sudah memenuhi syarat pencalonan ke KPU. Tetapi, kami masih melakukan komunikasi politik dengan sejumlah pimpinan partai, agar kami masih bisa mendapatkan tambahan partai pengusung saat mendaftar ke KPU. Salah satu partai Gerindra, Insya Allah akan bersama Ibas-Andi Rio,” kata Ibas via WA kepada KORAN SERUYA, Selasa (30/6/2020).

ADVERTISEMENT

Ketua Nasdem Luwu Timur ini mohon didoakan agar Partai Gerindra yang belum mengeluarkan rekomendasi B1-KWK dan beberapa partai lainnya, bisa bersama Ibas-Andi Rio. “Jadi, kita masih melalukan komunikasi beberapa partai lain. Jika memungkinan akan bersama dengan kami,” ujar Ibas.

Kans Ibas-Rio diusung Partai Gerindra terbuka lebar. Sebab, komunikasi politik antara elit Partai Nasdem dan Gerindra semakin terjalin jelang tahapan Pilkada 2020 di Sulsel. Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse (RMS) dan Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Aras (AIA) telah membahas penjajakan koalisi Nasdem dan Gerindra di 12 Pilkada 2020 kabupaten/kota di Sulsel.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Partai Demokrat tercatat pertama kali mengeluarkan surat rekomendasi untuk Pilkada 2020 di Sulsel. Rekomendasi pertama ini diserahkan kepada duet Ibas-Andi Rio. Rupanya, ada dua alasan partai berlambang ‘Mercy’ ini menyerahkan rekomendasi kepada Ibas-Andi Rio.

Pertama, Ibas yang tidak lain Ketua Nasdem Lutim menggandeng Andi Rio yang kini telah bergabung ke Partai Demokrat, sehingga Demokrat memprioritaskan kadernya. Alasan kedua, Demokrat Sulsel menilai kans menang Ibas-Andi Rio sangat besar di Pilkada Lutim 2020, meski harus menantang incumbent.

Dua alasan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel, Ni’matullah Erbe, saat menyerahkan rekomendasi pencalonan kepada Ibas-Andi Rio, disaksikan sejumlah petinggi Demokrat dan tim pemenangan Ibas-ARP, Senin (29/6/2020) lalu.

“Kita memulai (serahkan rekomendasi) dari kabupaten terjauh, dari Luwu Timur. Jadi banyak partai mulai dari Makassar, kita dari Timur,” kata Ulla, sapaannya.

Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel dua periode tersebut menjelaskan beberapa alasan memilih melawan petahana di Pilkada Luwu Timur. “Pasangan Ibas-Rio potensi menangnya sangat besar sehingga kami memutuskan mengusungnya,” kata Ullah.

Ternyata, pilihan Demokrat mengusung duet Ibas-Andi Rio mendapat apresiasi dari kader Partai Nasdem Kota Palopo, Abdul Salam. Menurut Salam, pilihan Demokrat ke Ibas-Andi Rio sangat tepat, karena kans duet dua tokoh muda ini memenangkan Pilkada Lutim 2020 sangat besar.

“Sejak awal, kami di Nasdem meyakini jika Demokrat akan mengusung Ibas-Andi Rio. Alasannya sangat jelas, duet Ibas-Andi Rio besar peluang menangnya,” kata Wakil Ketua I DPRD Palopo ini.

Dikatakan Salam, sesuai instruksi Partai Nasdem, kader Nasdem di wilayah Sulsel, terutama di wilayah Luwu Raya yang daerahnya tidak mengadakan Pilkada 2020 wajib ‘turun gunung’ memenangkan Ibas-Andi Rio. “Kami tentu akan all out memenangkan Ibas-Andi Rio, sehingga kita wajib ke Lutim untuk menggarap keluarga demi memenangkan Ibas-Andi Rio,” katanya. (sya)

ADVERTISEMENT