Dokter Lois Ditangkap Polisi Gegara Tidak Percaya Corona, Begini 6 Fakta yang Terungkap

220
ADVERTISEMENT

JAKARTA—-Beberapa hari belakangan nama dr Lois Owien menjadi perbincangan publik.

Hal tersebut terjadi setelah ia dengan tegas mengatakan tidak percaya dengan adanya virus corona.

ADVERTISEMENT

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan bahwa melonjaknya angka kematian saat ini bukan karena corona, melainkan interaksi obat yang dikonsumsi pasien.

Akibat pernyataannya tersebut, ia pun harus berurusan dengan polisi.

Lalu, siapa sebenarnya dr. Lois ini?

Berikut 6 fakta tentang dirinya seperti dikutip Koran Seruya dari berbagai sumber.

1. Biografi singkat dan latar belakang pendidikan dr Louis

Dokter Lois memiliki nama lengkap dr Louis Owien.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI). Ia lulus dari FK UKI pada tahun 2004, dan kini mengklaim sudah berstatus sebagai dokter umum.

2. Tidak membuka praktik menangani pasien

Menariknya, meski mengaku sebagai dokter umum namun dr Louis mengatakan dirinya tidak membuka praktik menangangi pasien.

Hal tersebut diungkapkan saat menjadi bintang tamu di acara Hotman Paris Show INews TV belum lama ini.

“Kalau di Indonesia sih dokter umum, tidak (membuka praktik). Praktiknya itu tidak mengobati pasien secara langsung,” papar dr Louis di acara Hotman Paris Show.

3. Tidak percaya dengan adanya corona dan sebut kematian bukan karena corona

Lebih lanjut, dr Louis mengaku tidak percaya dengan virus corona. Hal tersebut ia ungkapkan saat menjawab pertanyaan dari Hotman Paris.

“Pertanyaan pertama, ibu sebagai dokter percaya nggak dengan adanya corona?” tanya Hotman Paris.

“Nggak, enggak percaya pak,” jawab dr Louis.

Mendapat jawaban demikian, Hotman Paris pun kemudian menanyakan mengenai data kematian yang mencapai 50 ribu di Indonesia karena corona.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr Louis mengatakan jika kematian tersebut bukan karena corona, melainkan akibat interaksi obat yang dikonsumsi pasien.

“Meninggal bukan (karena virus corona) tapi karena interaksi antar obat,” jelas dr Louis.

“Pak kalau misalkan buka data di rumah sakit itu pemberian obatnya lebih dari enam macam,” imbuhnya.

4. Dituding Sakit Jiwa

Hotman dan Melaney berkali-kali memotong dan menyanggah pembicaraan dokter Lois selagi ia masih berbicara dan mencoba menjelaskan dalam acara talk shownya di televisi itu.

Hotman Paris dan Melaney Ricardo pun malah mencecarnya seperti seorang pesakitan alih-alih sebagai narasumber, saat mengundangnya ke acara Hotman Paris Show.

Bahkan, seorang dokter bernama dr Mila Anasanti sekonyong-konyong mengatakan bahwa dr Lois terindikasi mengalami gangguan jiwa.

“Informasi terbaru, ternyata menurut kakak kelasnya dr Lois Owien terindikasi gangguan jiwa,” tulis dr Mila di Twitter @anasanti_mila.

5. Disebut Penyebar Hoaks dan Tidak Terdaftar di IDI

Tak cuma itu, dr Tirta Mandira Hudhi menyebut bahwa apa yang disampaikan dr Lois adalah hoaks.

dr Tirta juga menyebut bahwa dr tidak terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) dr Lois juga sudah tidak aktif.

“Semua dokter di Indonesia harus terikat dengan IDI. Statusnya dipertanyakan. STR tidak aktif sejak 2017. Lois tidak menangani pasien pandemi. Baik relawan maupun praktik,” kata Tirta, Minggu (11/7/2021).

“Ibu Louis bukan dokter aktif yang terdaftar di IDI. Semua dokter harus terdaftar di IDI. Kedua STR beliau sudah tidak aktif sejak 2017. Ketiga Bu Louis tidak menangani pasien dalam pandemi,” papar dr Tirta dalam unggahan video di Instagram pribadinya.

6. Dokter Lois ditangkap polisi

Setelah menjadi perbincangan di dunia maya soal tidak percaya dengan corona, dokter Louis pun akhirnya ditangkap polisi. Penangkapan dokter Louis dibenarkan oleh Kabag Penum Divisi Polri Kombes Ahmad Ramadhan.

Menurut Ahmad, dokter Louis ditangkap hari Ahad (11/7/2021) kemarin oleh Unit SIber Krimsus PMJ.

“Iya ditangkap. Yang jelas kemarin hari Minggu pukul 16.00 WIB. Ditangkap sama Unit Siber Krimsus PMJ,” jelas Ahmad kepada awak media.

Itu dia beberapa fakta mengenai dr Louis yang tengah menjadi sorotan publik.

(*)

ADVERTISEMENT