Fungsi Thermal Paste Pada CPU

23
Fungsi Thermal Paste pada CPU. (Foto : Dok. Ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Thermal paste merupakan pasta yang memiliki daya hantar panas yang baik. Dengan demikian, panas yang dihasilkan komponen cepat terbuang. Benda ini dapat membantu mengisi celah mikroskopis, terutama heatsink, yang terperangkap udara di dalamnya sehingga meningkatkan konduksi panas.

Proses pembuangan panas pada komponen elektronik seperti transistor, CPU, GPU, dan COB, serta LED yang dapat menghasilkan panas. Thermal paste terdapat nama lain seperti thermal gel, thermal compound, heat paste, heat sink paste maupun heatsink compound.

ADVERTISEMENT

Sesuai namanya, benda ini berbentuk pasta atau cairan kental yang memiliki sifat minyak yang berguna untuk meningkat konduktivitas termal antara dua permukaan dengan celah-celah mikroskopis.

Produk thermal paste bisa kamu dapatkan lewat promo Harbolnas di Shopee 12.12 Birthday Sale 2022 dari 14 November – 12 Desember 2022. Belanja makin hemat karena ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s/d 90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50RB.

ADVERTISEMENT

Cara Kerja Thermal Paste

CPU atau prosesor dapat menjadi panas kalau beroperasi terus-terusan dalam waktu lama. Usahakan memasang cooling fan atau AIO cooler sebagai penghantar panas. Namun, masalah yang terjadi ketika terpapar udara antara CPU dan pendingin sehingga mengurangi proses perpindahan panas.

Tekanan kuat cooling fan CPU terlihat cukup baik untuk menghentikan udara masuk. Sayangnya, tekanan yang kuat tidak cukup membuat udara mengalir keluar.

Fungsi Thermal Paste

Penggunaan thermal paste tidak sebebas konduktor yang baik. Namun dapat berfungsi menembus celah-celah kecil pada permukaan proses ro dan pendingin. Dengan demikian dapat meningkatkan laju perpindahan panas dan kedap udara.

Seiring berjalannya waktu, thermal paste akan mengering dengan sendirinya. Akan kehilangan efektivitas dalam menghantarkan panas. Maka dari itu, kamu perlu mengoleskan kembali secara berkala agar komputer tidak overheat.

Memakai thermal paste secara berlebihan dapat menghambat proses pendinginan untuk perangkat.

Bagaimana Cara Menggunakan Thermal Paste?

Ada berbagai cara untuk mengoles thermal paste. Kamu dapat memakai tanpa alat pendukung atau penggunaan alat pendukung.

1.   Mengoles thermal paste dengan tangan kosong

Pakaian sederhana dari thermal paste adalah mengoles seukuran biji kacang di posisi atas prosesor bagian tengah. Setelah itu, pasang kembali heat sini ke prosesor dan berikan tekanan secara merata. Hal ini untuk memastikan paste terjepit dan terdistribusi merata di permukaan prosesor.

2.   Mengoleskan thermal paste dengan alat pengoles

Kalau kamu memakai alat pengoles, caranya pemakaiannya cukup menyebarkan secara merata sebelum prosesor dijepit heatsink.

Terlepas dari metode yang dipilih, yang terpenting adalah tidak ada gelembung atau celah saat mengoleskan pasta. Hal ini memungkinkan udara masuk dan menghambat distribusi panas.

Langkah-langkah Mengaplikasikan Thermal Paste

1.    Baca petunjuk sebelum memulai

Hal ini terkadang sering diabaikan kecuali kamu sudah sering melakukannya. Kalau masih pertama kali, disarankan untuk membaca petunjuk penggunaan.

Setiap merek thermal paste dan pendingin CPU cenderung berbeda, Kamu perlu mengetahui detailnya sebelum pemakaian akan membantumu menggunakan thermal paste.

2.    Oleskan thermal paste ke bagian tengah IHS CPU

Kamu cuma perlu mengoleskan sedikit, kira-kira seukuran kacang polong ke bagian tengah distributor panas yang terintegrasi. Atau kamu dapat memakai alat pengoles untuk kenyamanan penggunaan.

3.    Pasang pendingin CPU

Tekan pelat dudukan secukupnya atau waterblock pendingin dari arah atas ke bawah ke CPU. Tahan penekanan sambil memasang pendingin ke dudukan.

Kamu hanya perlu memakai tenaga secukupnya agar pendingin tidak bergeser, serta mendistribusikan thermal paste secara merata. Jangan menekan terlalu kuat karena motherboard dapat bengkok atau CPU bisa rusak.

Jaga pendingin tetap berada di tempatnya saat memasang ke motherboard secara diagonal, dengan memasang sekrup bagaimana gambar pola X.

Sekrup jangan dikencangkan sebelum ke empat sekrup telah terpasang. Putar masing-masing sebelum pindah kebagian berikutnya agar mendapatkan tekanan yang sama.

4.    Periksa kembali untuk memastikan semuanya berjalan dengan benar

Setelah pelat dudukan atau waterblock pendingin CPU terpasang, periksa pemasangan kembali untuk memastikan semuanya sudah sesuai. Tidak boleh ada thermal paste yang tumpah ke pinggir CPU, atau bagian manapun pada motherboard.

Apabila ada tumpahan, kamu memakai thermal paste terlalu banyak. Jika demikian, bersihkan dengan alkohol dan ulang pengolesan kembali. Kalau sudah terlihat bersih dan pendingin tidak bergerak saat disentuh, artinya proses pengolesan thermal paste sudah selesai.

Beli Thermal Paste Terjangkau di Shopee

Itulah informasi seputar thermal paste yang perlu kamu ketahui. Kini, kamu dapat membeli thermal paste terjangkau melalui Shopee. Gunakan SPayLater untuk proses belanja kini bayar kemudian. Cicilannya bisa sampai 12 bulan, lho! Segera cek Shopee sekarang!

ADVERTISEMENT