Futsal League 2022 Ditunda, AFK Palopo Bakal Gelar Liga Pramusim, Ada Coaching Clinic

78
Sekretaris AFK Palopo, Ilvandry Rasyid. (Dok. AFK Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Asosiasi Futsal Kota (AFK) Palopo memutuskan menunda kick off AFK Palopo Futsal League 2022. Penundaan ini dilakukan karena berkaitan dengan bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Semula AFK Palopo Futsal League 2022 dijadwalkan bergulir pada 1 April mendatang. Namun karena bertepatan dengan Ramadan, maka diundur sampai Mei atau setelah Idul Fitri 1443 H.

ADVERTISEMENT

Ketua AFK Palopo, Hasan Basri membenarkan penundaan AFK Palopo Futsal League 2022 itu. Menurutnya, setelah mendapat masukan dari berbagai pihak dan diskusi internal pengurus, akhirnya diputuskan untuk mengundur jadwal bergulirnya liga futsal profesional itu.

“Dari hasil rapat pengurus dan saran dari banyak pihak. Kami memutuskan bahwa akan lebih baik jika kick off liga ditunda dulu,” kata Hasan Basri, Senin (14/3/2022).

Lebih jauh dijelaskan Hasan, alasan penundaan ini karena pelaksanaan liga akan menguras tenaga dan waktu, baik pemain maupun panitia.

“Kalau itu dipaksakan dilakasanakan di bulan puasa, takutnya tidak maksimal. Ibadah (bagi yang muslim) juga agak terganggu dan dikhawatirkan performa para pemain tidak maksimal,” tuturnya.

Meski AFK Palopo Futsal League 2022 ditunda, namun selama bulan Ramadhan, AFK tetap mengagendakan Liga Ramadhan yang konsepnya ‘lebih santai’. Liga Ramadhan ini akan jadi ajang pramusim sebelum bergulirnya Liga AFK.

“Selain itu, kami juga akan mengadakan pelatihan pelatih futsal atau coaching clinic,” tuturnya.

Liga Ramadhan Ajang Pramusim

Liga futsal profesional, AFK Palopo Futsal League 2022 yang semula dijadwalkan kick off pada 1 April mendatang dipastikan ditunda. Sebagai gantinya, AFK Palopo akan menggelar turnamen pramusim Liga AFK bertajuk Liga Ramadhan.

Ketua Panitia AFK Palopo Futsal League 2022 yang juga Ketua Panitia Liga Ramadhan, Jabal Noor Aris mengatakan setelah AFK Palopo memutuskan menunda pelaksanaan AFK Palopo Futsal League 2022, pihaknya langsung merancang Liga Ramadhan.

“Liga Ramadan ini jadi turnamen pramusim sebelum bergulirnya AFK Palopo Futsal League 2022,” kata Jabal yang juga pengurus AFK Palopo.

Adapun Liga Ramdhan dijadwalkan mulai 11 April mendatang. Beda dengan AFK Palopo Futsal League, Liga Ramdhan ini terbuka untuk umum.

Namun ada persyaratan khusus untuk peserta. Yaitu setiap klub maksimal berkekuatan 14 pemain, minimal tujuh di antaranya harus di bawah usia 18 tahun.

“Jadi peserta tidak harus berbadan hukum, seperti di Liga AFK. Tapi, 50 persen skuad klub harus pemain muda,” terang Lurah Maroangin, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo itu.

Dijelaskan Jabal, untuk kategori pemain muda ini adalah pemain U-18 atau kelahiran 1 Januari 2004 ke atas.

“Ketentuan ini juga akan menjadi dasar yang digunakan oleh klub saat mendaftar di AFK Palopo Futsal League 2022 setelah bulan Ramadhan,” jelasnya.

Adapun di Liga Ramadhan ini panitia menyiapkan total hadiah Rp5 juta.

Coaching Clinic

Asosiasi Futsal Kota (AFK) Palopo mengagendakan coaching clinic atau pelatihan pelatih futsal pada awal April mendatang. Sekretaris AFK Palopo, Ilvandry Rasyid menyebut coaching clinic ini merupakan salah satu program AFK Palopo untuk membina pelatih futsal profesional di Kota Idaman ini.

“Kursus pelatih futsal ini terbuka untuk umum. Siapa saja yang punya passion jadi juru taktik tim futsal silakan daftar,” kata Ilvandry, Senin (14/3/2022).

Coaching Clinic ini sendiri akan berlangsung selama dua hari, 1-2 April 2022. “Mulai sekarang sudah bisa mendaftar. Biayanya, Rp200 ribu dengan fasilitas papan taktik futsal dan snack untuk setiap peserta,” jelasnya.

Bagi yang berminat jadi pelatih futsal, bisa mendaftar ke sekretariat panitia, di Teras Join Kopi, Jalan Landau II nomor 7 Kota Palopo. Contact Person 085396707736 / 085230774657.

Dijelaskan Ilvandry, Coaching Clinic ini juga bagian dari persiapan jelang bergulirnya AFK Palopo Futsal League 2022 yang akan digelar setelah lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pelatih klub futsal yang akan berkompetisi di Liga AFK Palopo itu nantinya bisa menambah pengetahuan tentang ilmu kepelatihan futsal lewat kursus pelatih tersebut. (rls)

ADVERTISEMENT