Gebyar Cinta Rupiah, 22 Bank di Palopo Siapkan Uang Baru untuk Ditukar

88

PALOPO–Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel bersama perbankan se-kota Palopo gelar rapat persiapan kegiatan acara Gebyar Cinta Rupiah  di room meeting Mega Plaza, Rabu(11/9/2019).

Dimana dalam Gebyar Cinta Rupiah ini nantinya pihak perbankan se-kota Palopo akan menyiapakan uang baru untuk ditukarkan kepada masyarakat yang memiliki uang lusuh atau rusak yang tidak layak edar.

Acara itu akan dilakukan Minggu (6/10/2019) di lapangan pancasila kota Palopo.

Asisten Manajer BI Provinsi Sulsel, Haikal kepada KORAN Seruya mengatakan inti dari kegiatan ini adalah BI ingin menarik uang yang tidak layak beredar untuk digantikan dengan uang baru yang layak edar.

BACA JUGA :Walikota Palopo Terima Kunjungan Deputi Direktur Bank Indonesia, Akan Ada Penukaran Uang

“Kami harapkan masyarakat yang hadir nantinya bisa membawa uang mereka yang tidak layak edar untuk kami tukarkan dengan baru,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa program kegiatan ini adalah insiatif dari BI Provinsi Sulsel dalam menjaga kondisi uang yang beredar di masyarakat.

Dimana sebelumnya dari hasil survei tim dari luar BI, saat ini banyak uang pecahan kecil yang tidak layak edar beredar dimasyarakat.

“Kegiatan ini serentak akan kami laksanakan di 4 daerah yakni Bulukumba, Bone, Palopo dan Pare-Pare. Dimana daerah ini adalah lokasi kas titipan dari Bank Indonesia,” ujar Haikal ketika ditemui disela-sela rapat tersebut.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Kepala BMPD Luwu Raya & Toraja yang juga Kepala Bank Sulselbar KCU Palopo, Ruslan LB. Ia mengungkapkan kegiatan yang melibatkan semua perbankan  di kota Palopo pada tanggal 6 Oktober 2019 nanti bertujuan menarik uang yang tidak layak edar yang ada di masyarakat.

Dimana berdasarkan hasil rapat, dana penukaran uang kecil yang disiapkan setiap bank akan bervariasi dari Rp 65 jt sampai Rp 300 jt dari  22  bank  yang ada di kota Palopo.

Untuk diketahui dalam kegiatan Gebyar ini bagi masyarakat yang menukarkan uang lusuh yang tidak layak edar nantinya mendapatkan souvenir menarik dari panitia acara Gebyar Cinta Rupiah. (jun)