Gerakan Pelayanan Spesialis, Persembahan IDI Luwu, Sambangi Sejumlah Puskesmas Demi Pelayanan Prima Kesehatan Masyarakat

68
ADVERTISEMENT

LUWU–Sudah lebih satu tahun pandemi Covid-19 melanda dan memberikan dampak yang luar biasa di berbagai aspek kehidupan, terlebih di bidang kesehatan.

Salah satu yang paling nyata ialah banyak masyarakat enggan datang ke fasilitas kesehatan untuk berobat meskipun tengah mengidap suatu penyakit.

ADVERTISEMENT

Hal ini mengakibatkan penyakit yang harusnya dapat didiagnosis dan diterapi lebih awal, akhirnya semakin memburuk karena dibiarkan berlarut-larut.

Menjawab fenomena tersebut, pada Sabtu 13 Maret 2021, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Luwu didukung Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu mengadakan kegiatan bertajuk “Gerakan Pelayanan Spesialis” atau disingkat GPS.

ADVERTISEMENT

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pengembangan profesi dan pengabdian masyarakat IDI Cabang Luwu, dimana para dokter spesialis hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Program ini sudah lama berjalan dan sempat terhenti akibat pandemi, namum melihat situasi sekarang, Kami rasa perlu untuk melanjutkannya agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis dengan keahliannya di bidang masing-masing”, ungkap Ketua IDI Cabang Luwu, dr. Alauddin Jusuf, Sp.An.

Program GPS kali ini berlokasi di Puskesmas Larompong Kabupaten Luwu dengan menghadirkan dr. Fahmiyanti Arsi, Sp.M. yang memberikan pelayanan spesialistik kepada masyarakat khususnya yang memiliki keluhan terkait dengan mata.

“Kami bersyukur mendapat kesempatan dan antusiasme yang baik dari masyarakat sekitar. Total sekitar 90 pasien diperiksa dan Kami dapati berbagai kelainan seperti katarak, pterygium (selaput pada mata), gangguan refraksi, dan glaukoma”, jabar dr. Fahmiyanti, Sp.M.

Selain pemeriksaan kesehatan yang bersifat spesialistik, lewat program GPS ini masyarakat juga mendapatkan edukasi dan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan tindakan-tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan khususnya di era pandemi seperti saat ini.

“Kami mendukung penuh program GPS, dan berharap ke depan akan lebih rutin diadakan agar taraf kesehatan masyarakat Luwu dapat semakin baik setiap harinya”, ungkap dr. Rosnawary, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu.

Diwawancarai di lokasi kegiatan, salah satu warga setempat yang hadir bernama Ny. Kano mengungkapkan banyak terimakasih karena telah mendapat pemeriksaan mata dari dokter spesialis dan penjelasan yang baik mengenai kondisi kesehatan mata nya saat ini.

“Program Gerakan Pelayanan Spesialis (GPS) selanjutnya InsyaAllah akan diadakan di Puskesmas Suli dengan menghadirkan dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, bagi masyarakat sekitar silakan menghubungi Kami atau Puskesmas Suli untuk mendapatkan informasi lebih lanjut”, tutup dr. Alauddin Jusuf, Sp.A

(*)

ADVERTISEMENT