Usai SMAN 5, Giliran SMAN 1 yang Disasar Dukcapil Palopo untuk Perekaman e-KTP

115
ADVERTISEMENT

PALOPO–Untuk memenuhi target perekaman eKTP di kota idaman ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palopo semakin aktif turun ke bawah menjemput bola dengan menyambangi beberapa sekolah.

Setelah di SMAN 5 Senin kemarin (24/2), maka kali ini, giliran SMAN 1 Palopo di Jalan Imam Bonjol, Palopo yang dikunjungi, Selasa (26/2/2020).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kota Palopo Dr HM Suyuti Yusuf, melalui Kepala Bidang Piak dan Pemanfaatan Data, Syamsuriadi Nur S.STP menyampaikan jika perekaman ini dilakukan agar target sekitar 6,37% wajib KTP sisanya dari total 93,63% yang sudah melakukan perekaman bisa semakin berkurang.

“Sasaran kita di sejumlah sekolah bagi pelajar yang sudah memasuki usia 17 tahun atau usia wajib KTP. Dari 8.012 orang yang belum melakukan perekaman itu, sebagian besar memang usia muda (pelajar) atau yang sama sekali belum pernah memiliki KTP. Untuk itu kita ke sekolah-sekolah selain ke kelurahan dan tempat-tempat umum lainnya,” terang Ancu, sapaan akrab Kabis PIAK ini.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Ancu juga menginformasikan jika saat ini blanko eKTP kembali habis. Untuk itu Dukcapil tengah meminta tambahan blanko, agar pada saat perekaman, warga langsung bisa mendapatkan KTPnya tanpa harus menunggu lama.

Adapun sekolah-sekolah yang sudah dikunjungi untuk dilakukan perekaman eKTP diantaranya, SMAN 3 Palopo, SMAN 5, SMAN 1 dan SMK Analisis di Sempowae.

ADVERTISEMENT

Di SMAN 3 Palopo kita perekaman sebanyak 50 siswa, sedangkan di SMAN 5 jumlahnya 46 siswa, di SMK Analisis 7 siswa dan kemarin di SMAN 1 Palopo jumlahnya sebanyak 23 siswa dari target 300 orang di sekolah unggulan di kota idaman itu.

“Jadi pengalaman kami di sekolah itu beraneka ragam, ada siswa yang masih takut melakukan perekaman eKTP, ada yang katanya masih mau konsultasi dulu ke orangtuanya di rumah, ada juga yang belum menginjak usia 17 tahun, masih kurang dua hari atau sebulan dari tanggal lahirnya,” ungkap Kabid Syamsuriadi, memungkas.

Untuk diketahui, setelah SMAN 1 Palopo, Dukcapil sudah menyusun jadwal sekolah yang akan jadi target perekaman eKTP. Jika blanko eKTP telah siap, maka giliran SMAN 4 dan SMAN 2 yang bakal disambangi dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palopo. (iys)

 

DATA FAKTA:

Sudah Perekaman eKTP: 117.695 orang (93,63%)

Belum Perekaman eKTP: 8.012 orang (6,37%)

ADVERTISEMENT