Hadiri Sertijab Kepala BPK Sulsel, Judas Amir : Pemkot Palopo Dukung Program BPK Sulsel

40
Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Kabag Prokopim Pemkot Palopo, Wahyuddin, S.AN, menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Phinisi 1 Ballroom, Hotel Claro, Jalan, AP Pettarani, Makassar, Rabu (14/9/2022). (Foto : Dok. Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Phinisi 1 Ballroom, Hotel Claro, Jalan, AP Pettarani, Makassar, Rabu (14/9/2022).

Sertijab Kepala perwakilan BPK Sulsel ini diserahkan Paula Henry Simatupang yang kini menjabat Kepala Perwakilan BPK Jawa Barat kepada Amin Adab Bangun yang sebelumnya menjabat Kepala Auditorat II B, Auditorat Keuangan Negara II BPK RI Pusat.

ADVERTISEMENT

Sertijab tersebut disaksikan dan dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman serta Anggota VI BPK RI, Dr Pius Lustrilanang, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Raden Febrytriyanto, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, dan seluruh Kepala Daerah Se-Sulsel.

Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan keuangan daerah di provinsi dan 24 kabupaten/kota di Sulsel dapat berjalan dengan baik dan benar, sehingga mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Walaupun masih ada sebagian yang masih dengan catatan dikarenakan adanya peran dari BPK dalam memberikan arahan dan masukan kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

Gubernur Sulsel mengucapkan selamat datang kepada Kepala BPK yang baru yaitu Amin Adab Bangun. Andi Sudirman Sulaiman juga menyampaikan bahwa dirinya dan para bupati/walikota beserta para jajaran lainnya sangat ingin menjadi penyelenggara keuangan yang akuntabel dan diawali dengan kepatuhan terhadap regulasi yang terus bergulir.

Pius Lustrilanang pada sambutannya menjelaskan predikat WTP yang diperoleh Pemprov Sulsel dan pemerintah daerah kab/kota tersebut merupakan hasil pemeriksaan yang sulit untuk dicapai.

“Kami sangat mengapresiasi karena Sulsel hampir semua kab/kota mendapatkan predikat WTP dan ini menjadi tanggung jawab dari Pak Amin Adab Bangun sebagai Kepala BPK yang baru untuk menyempurnakannya, agar seluruh kab/kota di Sulsel mendapatkan predikat WTP secara keseluruhan,” jelasnya.

Ditemui usai acara Sertijab Walikota Palopo, HM Judas Amir mengatakan pemerintah daerah khususnya Kota Palopo siap mendukung penuh program-program kerja dari BPK Perwakilan Sulsel.

“Untuk daerah dalam percepatan dan pembangunan daerah, khususnya pemulihan ekonomi nasional,” jelas Judas Amir

Pada kesempatan itu, Judas Amir berharap komunikasi, kordinasi dan sinegritas yang sudah terjalin baik selama ini bisa diteruskan, sehingga tata kelola keuangan daerah dapat lebih baik lagi.

Ketua Nasdem Palopo ini menambahkan serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisai. Perubahan dalam rangka menjaga keberlanjutan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.

“Tentunya dengan adanya perubahan ini kami harapkan komunikasi, sinergitas kita tetap terjaga dengan baik,” tandas Wali Kota dua periode ini.

Wali Kota Palopo hadir didampingi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Irfan Dahri, S.TP, M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palopo Harianto, ST dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kota Palopo, Wahyudin, S.AN. (kominfo)

ADVERTISEMENT