HEADLINE KORAN SERUYA: Jangan Gaduh, Pesan Taufan Pawe kepada 3 Calon Ketua Golkar Palopo: Sebaiknya Mufakat

155
Edisi cetak KORAN SERUYA, 7 Juni 2021
ADVERTISEMENT

PALOPO–Musda DPD II Partai Golkar Palopo ditarget selesai paling lambat akhir bulan Juni 2021, dalam bulan ini. Apalagi, tiga bakal calon ketua Golkar Palopo telah mengikuti uji kelayakan atau fit and profer test, di depan Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe, Jumat (4/6/2021) malam lalu, di Kantor DPD I Golkar Sulawesi Selatan, Jalan Botolempangan Makassar.

Tiga bakal calon ketua tersebut, diketahui masing-masing Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Ketua DPRD Palopo, Hj. Nurhaeni, dan Legislator Partai Golkar DPRD Palopo, Baharman Supri.

ADVERTISEMENT

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe sangat mengapresiasi kekompakkan tiga kandidat Ketua Golkar Palopo, saat ketiganya mengikuti fit and propert test. Di mata TP, begitu Taufan Pawe akrab disapa, ketiga kandidat Ketua Golkar Palopo, adalah aset besar yang dimiliki Partai Golkar di daerah. Ketiga kandidat juga adalah kader yang dinilai memiliki komitmen kuat untuk membesarkan Partao Golkar Palopo.

Menurut TP, fit and profert test yang diadakan pihaknya terhadap tiga kandidat Ketua Golkar Palopo, termasuk kandidat Ketua Golkar kabupaten/kota lainnya di Sulsel, sebagai upaya mendalami jiwa militansi kader Golkar yang akan memimpin kabupaten/kota di Sulsel.

ADVERTISEMENT

“Melalui fit and propert test ini akan diketahui bakal calon ketua mana yang memahami bahwa DPD II merupakan garda terdepan untuk membesarkan Partai Golkar. Calon ketua harus memiliki mimpi-mimpi politik yang tinggi,” kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe mengatakan, untuk membesarkan Partai Golkar di era sekarang ini, salah satu syaratnya calon ketua dapat mengubah paradigmanya dan cara berpikirnya. “Kita mau tanamkan kepada calon ketua bahwa tanggung jawabnya tidak mudah. Karena kita ingin memenangkan setiap event politik,” kata Taufan Pawe.

Walikota Parepare dua periode ini berharap kepada seluruh kader yang terlibat pada penyelenggaraan musyawarah di daerah, termasuk Musda DPD II Partai Golkar Palopo, agar proses pemilihan ketua dapat berjalan dengan baik. “Saya tidak mau ada kegaduhan, gesekan-gesekan, apalagi perpecahan,” ucap TP.

TP menegaskan, Golkar Sulawesi Selatan dibawah kepemimpinannya telah membangun konsep atau paradigma baru, yang mengedepankan kader sebagai subjek penyandang hak dan kewajiban sekaligus sebagai investasi Partai Golkar. “Untuk itu, demi kejayaan Partai Golkar di Palopo, saya harapkan para kader, bahwa
alangkah indah dan eloknya kalau dalam bermusyawarah bersepakatlah,” kata TP.

TP mengungkapkan, ada fenomena yang terjadi dalam setiap pelaksanaan musyawarah partai Golkar di daerah-daerah. Menurutnya, partai berlambang pohon beringin rindang tersebut kini sedang jadi rebutan.

“Alhamdulillah, Golkar sekarang jadi rebutan. Contohnya di Palopo ada Wakil Walikota dan Ketua DPRD bersaing, Luwu Utara ada Ibu bupati ada juga mantan bupati ingin maju. Jadi, betul-betul ini kami harus kelola dengan baik dengan pendalaman pemahaman bahwa kalau kita gaduh partai kita tercederai,” terang TP.

Kepada tiga kandidat Ketua Golkar Palopo, dan para kader Golkar di daerah berjuluk ‘Idaman’ iti, agar bersama-sama mengembalikan dan menjaga kejayaan Partai Golkar, sebagai pemenang Pemilu dan Pilkada di Palopo. “Kalau tiga kandidat ini bermufakat, bermusyararah dan bersatu, Gokkar Palopo akan semakin jaya dan besar. Ini harapan saya,” tandas TP.

Sementara itu, Ketua Organizing Committee (OC) Musda Golkar Palopo, Muhammad Irwan Annas, mengatakan, panitia Musda telah merampungkan tugasnya dan siap menggelar Musda Golkar Palopo. “Alhamdulillah, kami kembali akan segera mengadakan rapat finalisasi persiapan Musda. Insha Allah, bulan Juni ini juga,” tandas Irwan.

Musda III DPD Golkar Palopo kali ini diyakini menjadi “starting point” bagi ketiganya dalam upaya memperebutkan tiket menuju tampuk Pemilihan Walikota Palopo, November 2024 mendatang.

Sama-Sama Optimis Menangkan Musda

TIGA kandidat Ketua Golkar Palopo mengaku optimis memenangkan pemilihan kursi ’01’ Golkar Palopo pada Musda yang akan digelar dalam bulan Juni 2021 ini. Optimisme itu disampaikan ketiga kandidat usai mengikuti fit and profer test di hadapan Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe, dan petinggi Golkar Sulsel lainnya, Jumat (4/6/2021) malam lalu.

Kandidat Ketua Golkar Palopo, Hj Nurhaenih mendapat kesempatan paling pertama mengikuti fit and profer test dari dua kandidat lainnya, yakni Rahmat Masri Bandaso dan Baharman Supri. Puang Nunu, sapaan akrab Hj Nurhaenih, mengaku lega dan bahagia karena telah mengikuti satu tahapan paling penting jelang Musda Golkar Palopo, yakni uji kelayakan.

“Alhamdulillah wa syukurillah, saya sudah enak perasaan (lega) sekarang, karena sudah menjalani tahapan penjaringan, dari pendaftaran hingga tadi fit and proper test,” ujar Puang Nunu kepada KORAN SERUYA via WA, kemarin.

Dikatakan, saat fit and profer test, dia dihadapi 8 panelis, termasuk Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe dan para petinggi DPD I. Selama lebih kurang 1 jam 20 menit, Srikandi DPRD Palopo ini menyampaikan visi misi sebagai bakal calon Ketua Golkar Palopo, termasuk menjawab pertanyaan yang diajukan para panelis.

Usai fit and profer test, Puang Nunu mengaku sangat optimis bisa membesarkan Partai Golkar dan mencurahkan waktu full time untuk berlari kencang membawa Golkar lebih solid dan berjaya menghadapi event-event politik yang sudah menanti di depan mata, yakni Pileg 2024 dan Pilkada Palopo 2024.

“Jadi Ketua DPD II Golkar Palopo kita dituntut untuk meluangkan waktu full time demi membesarkan partai, memberi kejayaan, termasuk dari segi finansial untuk menghidupi partai. Bukan sebaliknya hidup dari Golkar,” katanya.

Ia kembali menyatakan rasa optimisme-nya dapat menahkodai Golkar usai menjalani fit proper test ini. “Saya optimis bisa terpilih dan diberi kepercayaan untuk menerima amanah sebagai ketua Golkar Palopo, Insya Allah,” pungkasnya.

Sementara Baharman Supri, kandidat lainnya, juga optimis bisa terpilih mengawaki Partai Golkar Palopo nantinya melalui Musda. “Tentu saya optimis, apalagi dapat bocoran dari dalam, wah tambah optimis lagi,” kata Bung Bram, begitu legislator Golkar Palopo ini akrab disapa.

Ditanya soal ‘bocoran’ yang dimaksudkannya, Baharman mengaku belum bisa dipublikasikan dari pihaknya. “Kalau penasaran, silakan konfirmasi para panelisnya,” katanya.

Lantas, bagaimana dengan Rahmat Masri Bandaso? RMB, begitu Rahmat Masri Bandaso akrab disapa, saat mengikuti fit and profer test, didampingi sebanyak 8 pimpinan kecamatan (pincam). Dia satu-satunya kandidat yang memboyong Pincam hadir di arena uji kelayakan, di di Kantor DPD I Golkar Sulawesi Selatan, Jalan Botolempangan Makassar. “Insya Allah, dengan dukungan mayoritas Pincam, doakan saja, saya siap diberi amanah memimpin Golkar Palopo,” ujar RMB.

Beberapa Pincam pendukung RMB, seperti Pincam Wara Utara, Asdhar, sangat meyakini jagoannya akan terpilih memimpin DPD II Partai Golkar Palopo, saat Musda yang akan dihelat paling lambat akhir Juni 2021 ini.

“Apalagi saat fit and profer test, Pak Ketua (Taufan Pawe) lebih banyak memberi wejangan kepada Pak Rahmat bagaimana membesarkan Partai Golkar supaya bisa berjaya kembali pada Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Palopo. Dari sini, kami sangat optimis nakhoda Golkar akan diraih Pak Rahmat,” ujarnya. (iys)

ADVERTISEMENT