HEBAT! Siswa Smanet Palopo Ini Juara 1 se Sulsel Lomba Cepat Tepat Matematika dan Dijuluki “Kalkulator Berjalan”

1194
ADVERTISEMENT

PALOPO–Andrew Isra Saputra DB, siswa SMAN 3 Palopo berhasil keluar sebagai juara pertama Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) untuk tingkat SMA.

Lomba tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Kampus V Universitas Negeri Makassar sektor Parepare dalam kegiatan “Festival of Mathematic Students” atau FEMS 2021.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini merupakan salah satu ajang kompetisi dalam bidang matematika.

Andrew yang dihubungi Koran Seruya mengatakan, dirinya mengikuti lomba tersebut dengan persiapan seadanya saja. Dan berkat bimbingan guru dan support orangtua serta guru pengajar di tempatnya les, dirinya berhasil meraih juara 1, menyisihkan peserta lain dari Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

Andrew adalah siswa kelas XI IPA 1 di Smanet, akronim sekolah unggulan di kota idaman, Palopo itu.

Kegiatan lomba FEMS 2021 sendiri menggunakan sistem daring, yang pendaftaran pertamanya dibuka sejak Senin, (1/3) hingga (15/3) lalu.

ADVERTISEMENT

Andrew di Semifinal bersama 8 peserta lainnya di tingkat SMA se Sulsel diadu hingga kemudian lolos di Final sebanyak 3 peserta.

Di Grand Final Lomba Cepat Tepat Matematika, Andrew yang oleh temannya disebut si “Kalkulator Berjalan” itu berhasil keluar sebagai Juara 1.

Sementara Juara 2 diraih oleh Marshall siswa SMAN 11 Pangkep kemudian juara 3 diraih Muhaymin dari SMAN 3 Parepare. 

“Hadiahnya berupa uang pembinaan, piagam dan piala yang diserahkan langsung Panpel lomba di SMAN 3 Palopo disaksikan Wakasek Abdul Halim dan para guru, siang tadi, hari Jumat 9 April 2021 jam 10.30 Wita,” jelas Andrew saat dikonfirmasi.

Selain Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM), ada juga lomba esai, dan lomba video kreasi untuk tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat se-Selawesi Selatan.

Selain itu, ada juga LCTM, lomba poster manual, dan lomba video kreasi untuk kategori tingkat SMP/MTs/Sederajat se-Sulawesi Selatan.

Ketua panitia, Alamsya Hagi Nugraha mengungkapkan FEMS dilaksanakan dengan mengusung tema “Break Your Limit to Create a Golden Generation Through the Festival of Mathematics”.

Lebih lanjut, Egi sapaan akrabnya, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap matematika dan sebagai tolak ukur dalam mengetahui kemampuan matematikanya.

“Tujuan kegiatan FEMS ini tentunya memberikan ruang untuk masyarakat luar khususnya untuk pelajar, sehingga dapat membentuk generasi-generasi yang unggul dan cerdas,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2019 inipun berharap dapat memberikan dampak yang baik dan positif untuk masyarakat ke depannya.

“Harapan saya kak, sebagai ketua panitia tentunya semoga kegiatan FEMS 2021 bisa memberikan dampak yang baik dan positif untuk masyarakat, khususnya pelajar tingkat SMP dan SMA. Sehingga selalu memotivasi untuk terus belajar dan berprestasi,” harapnya.

Mantap dek!

(*)

Berikut biodata singkatnya:

Nama: Andrew Isra Saputra DB
Nama panggilan: Andrew
TTL: Palopo, 13 September 2003

Alamat: Jalan Diponegoro no. 23 Bengkel Scooter Palopo.

Anak ke: 3 dari 4 bersaudara

Hobi: tidak ada hobi khusus, karena setiap hari waktu dihabiskan untuk sekolah, mengerjakan tugas sekolah, les, dan belajar otodidak untuk persiapan olimpiade

Cita-cita: Dokter (tapi masih fifty-fifty, masih dicari, dan pastinya harus realistis sesuai kondisi sekarang)

Nama ayah: Bustam DB
Nama ibu: Heryanti Abbas

Prestasi yang pernah diraih:

1. Juara 1 KSN-K tingkat kota Palopo 2020
2. Juara 1 Fems 2021 se Sulawesi Selatan

(untuk SMA baru sempat 2 kali juara dikarenakan pandemi)

Prestasi selama jadi siswa di SMPN 1 Palopo:
1. Medali emas sekolah rujukan se Sulsel di Jambore desa Paccekke (2018)
2. Juara 1 mathematics competition yang diadakan oleh UNCP se Sulsel (2019)
3. Juara 1 Smansa Open se Luwu Raya (2019)
4. Juara 2 Math Action IAIN se Sulsel (2018)
5. Harapan 3 Prisma Unismuh Makassar se Indonesia (2018)

[ist]

ADVERTISEMENT