HUT Brimob ke 74: Begini Kisah Eks Pengawal Pribadi NH, Tak Menyangka Lulus Polisi

1286

Papua — Jarang meraih prestasi di bangku sekolah dan menjadi murid biasa-biasa saja, Akbar Anwar tidak pernah menyangka akan lulus di Diktukba Brimob, Pusat Pendidikan (Pusdik) Kors Brimob, yang berada di Watukosek Gempol, Pasuruan, Jawa Timur.

Lulus dari Pusdik Korsp Brimob, Brigpol Akbar Anwar bertugas di Sat Brimobda Polda Sul-Sel selama satu tahun, kemudian bergabung di Sat Batalyon B Pelopor, Kota Parepare dari tahun 2007 hingga tahun 2018.

Lulusan Pusdik Korsp Brimob angkatan 16 golombang 1 tahun 2016 ini, sekarang bergabung di Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimobda Sulawesi Selatan, Baebunta dan ikut pelaksanaan tugas bawah kendali operasi (BKO) di Sat Polda Papua sejak 1 September 2019 yang lalu.

Anak ke-4 dari 6 bersaudara pasangan suami-istri dari Baharuddin dan Hanifa ini, merupakan sosok yang pekerja keras, dan bertanggung jawab terhadap keluarga dan pekerjaannya sebagai anggota sat korps Brimob.

Pria kelahiran Palopo 33 tahun yang lalu ini.mengaku jebolan salah satu sekolah unggulan yang ada di kota Palopo. Selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Brimob, ternyata Brigpol Akbar juga pernah ditugaskan sebagai walpri Nurdin Halid yang merupakan seorang pengusaha dan politikus indonesia.

“Saya menyelesaikan sekolah menengah pertama di SMPN 3 Palopo,tapi saya bukan murid yang populer, bahkan banyak dari satu angkatan tidak mengenal saya,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut Akbar mengatakan, ” Selama 13 tahun mengabdi untuk negara, saya sudah lupa ini penugasan luar pulau yang keberapa,’ tuturnya.

“Ini sudah tugas kami di Sat Brimob, untuk tetap menjaga keamanan dan harus siap untuk ditugaskan dimana saja dan kapan saja,” katanya.

Pada akhir tahun 2018, Akbar pernah ikut dalam operasi Gerilya di daerah Poso selama delapan bulan bersama anggota Brimob lainnya.

Dalam peringatan HUT ke-74 Korps Brimob Polri tahun 2019 ini, Akbar berharap Korps Brimob Polri bisa lebih unggul dan mampu membenahi diri agar bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat dan negara, karena Korps Brimob Polri untuk Indonesia.

” Sat Korps Brimob sudah sering disoroti oleh masyarakat, tapi sebenarnya kami melindungi masyarakat, dan berharap kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan isu yang berbau sara, semua tugas yang diberikan sudah kami laksanakan sesuai dengan SOP yang berlaku,” terangnya.

“Sesuai dengan motto di sat. Korsp Brimob Polri yaitu sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, untuk itu kami harus memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap masyarakat, dan siap sedia mengorbankan jiwa raga kami,” kata Akbar.

Saat ini Brigpol Akbar Anwar masih menjalankan tugas BKO di Sat Polda Papua di daerah Tolikara, bersama anggota Brimob dari kompi 3 Batalyon B pelopor sat Brimobda Sulawesi Selatan.

PROFIL
Nama: Brigpol Akbar Anwar
TTL: Palopo 24 Juni 1986

Riwayat pendidikan
• SDN 69 Binturu Palopo tahun:- 1993 s.d 1999
• SMP NEGERI 3 Palopo tahun: – 1999 s.d 2002
• SMK Palapa kota Palopo – 2003 s.d 2005
• Diktukba Brimob, Pusat Pendidikan (Pusdik) Kors Brimob Angkatan 16 gelombang 1– 2005 s.d 2006.

Penugasan

Satuan Brimobda Polda Sulawesi Selatan — 2007 s.d 2007.

Satuan Batalyon B Pelopor kota Parepare — 2007 s.d 2018
Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimobda Sulawesi Selatan — 2018 s.d sekarang