Imbas Tembak Lima Kali Buronan Kasus Penganiayaan, Kapolres Lutra Dicopot, Alfian Gantikan Irwan

1322
ADVERTISEMENT

LUTRA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya mencopot Kapolres Luwu Utara, AKBP Irwan Sunuddin dari jabatannya. Pencopotan perwira dua melati itu merupakan buntut dari penembakan, Ilham (30) tersangka penganiayaan dan pembakaran beberapa waktu lalu.

Pencopotan itu tertuang dalam TR dengan nomor ST/2278/X/KEP./2021. Dalam TR tersebut AKBP Irwan Sunuddin dimutasi ke Pamen Yanma Polda Sulsel.

 

Selain itu, tertulis bahwa pencopotan Irwan dalam rangka evaluasi jabatan. Pengganti Irwan ialah AKBP Alfian Nurnas. Sebelumnya Alfian Nurnas menjabat sebagai Kapolres Luwu Utara.

Sedang pengganti Alfian Nurnas sebagai Kapolres Palopo ialah AKBP Muhammad Yusuf Usman. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kasubidregident Ditlantas Polda Sulsel.

ADVERTISEMENT

Diketahui, Ilham adalah pelaku penganiayaan dan pembakaran rumah. Beberapa waktu lalu, dia diringkus polisi.

Hanya saja, saat diamankan, dilumpuhkan dengan lima butir timah panas yang bersarang di badannya. Tidak hanya itu, Polres Lutra juga merekayasa penangkapan Ilham.

Dalam rekayasa itu, Kapolres Lutra menyebutkan bahwa Ilham melawan saat ditangkap. Untuk itu, pihaknya melumpuhkan Ilham dengan lima timah panas.

Namun belakangan diketahui, bahwa saat diamankan, Ilham tidak melawan petugas. Adapun badik yang disebutkan milik Ilham, ialah badik yang disiapkan Polres Lutra untuk meyakinkan publik bahwa Ilham memang melawan.

Masih dalam TR yang sama, Kapolri juga mengganti Kapolda Sulsel, Irjen Merdisyam. Jenderal dua bintang itu dipromosikan menduduki jabatan sebagai Wakabaintelkam Polri.

Penggantinya ialah Irjen Pol Nana Sudjana. Sebelumnya, Nana Sudjana menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. (liq)

ADVERTISEMENT