Indah-Husler Sisa Tunggu Rekomendasi DPP Partai Golkar

364

JAKARTA–Langkah dua incumbent di Pilkada Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur, HM Thoriq Husler dan Indah Putri Indriani maju Pilkada kian mulus. Nama mereka telah diserahkan ke DPP Partai Golkar di Jakarta untuk ditetapkan sebagai calon bupati yang akan diusung Golkar maju Pilkada serentak di Sulsel.

Selain nama Indah dan Husler, DPP Partai Golkar juga menerima nama calon kepala daerah dari kabupaten/kota lainnya di Sulsel, yang akan menggelar Pilkada 2020. Nama lain yang ikut diajukan ke DPP, yakni Andi Kaswadi Razak (Soppeng), Malkan Amin dan Andi Salahuddin Rum dari Barru, Muhammad Basli Ali dari Selayar.

Untuk Pilkada Makassar diajukan nama Syamsu Rizal MI, Moh Ramdhan Pomanto, Irman Yasin Limpo. Sedangkan, dari Toraja Utara diusulkan nama
Frederik B Sorring, Deddy Palimbong, Yohanis Bassang.

Sementara untuk calon usungan Golkar di Tana Toraja diusulkan nama Victor Datuan Batara, Theofilus Allolerung, Rudi A Lolo. Untuk Maros diajukan nama
Andi Tajerimin dan Amirullah Nur Saenong. Sedangkan, untuk Pilkada Bulukumba diajukan beberapa nama, diantaranya Andi Hamzah Pangki, Muhammad Risman Pasigai, Tommy S Yulianto, Jamaluddin Syamsir.

Nama-nama para calon kepala daerah tersebut diajukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar sesuai hasil penjaringan calon kepala daerah (cakada) dari 12 kabupaten/kota di Sulsel ke DPP, Rabu (12/2/2020), kemarin.

Berkas tersebut diserahkan langsung Ketua Korbid Pemenangan Pemilu DPD Sulsel, Kadir Halid, didampingi Sekretaris Golkar Sulsel Abdillah Natsir dan Wakil Ketua Organisasi, Muhammad Risman Pasiga. Pihak DPP Partai Golkar yang menerima berkas tersebut diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia, di ruangan Komisi II DPR RI.

Kadir menjelaskan, hasil penjaringan tersebut akan mejadi pertimbangan DPP mengeluarkan keputusan atau rekomendasi tentang calon yang akan diusung oleh Partai Golkar di Sulsel. “Kami serahkan nama-nama itu ke DPP Golkar untuk mendapatkan Penetapan atau rekomendasi sebagai calon yang akan diusung Partai Golkar,” ungkap Kadir.

Meski penyerahan telah selesai, DPD Golkar Sulsel akan tetap diminta secara aktif memberikan masukan sebelum nama-nama tersebut ditetapkan. “Intinya Keputusan ada di DPP, kami serahkan sepenuhnya untuk ditetapkan,” tambah Kadir.

Sementara itu, Sekretaris Golkar Sulsel, Abdillah Natsir mengungkapkan, nama-nama yang diserahkan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno yang dipimpin langsung Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid di Kantor Golkar Sulsel, Jalan Amanagappa, Makassar, beberapa waktu lalu. “Kami dari DPD Golkar Sulsel, sudah menyerahkan nama-nama calon usungan ke DPP. Kita tunggu saja keputusan DPP,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai membenarkan bahwa nama-nama yang ditetapkan dalam rapat pleno untuk kemudian diusung di Pilkada 12 kabupaten di Sulsel sudah diserahkan ke pusat.

Adapun mengenai siapa diantara nama-nama tersebut yang keluar dan diberikan SK rekomendasi usungan, kata Risman, semua tergantung keputusan DPP sebagai pihak yang memiliki kewenangan penuh. “Kami di daerah bertugas hanya melakukan penjaringan, kemudian menyerahkan hasilnya ke pusat. Soal siapa yang ditetapkan nanti itu menjadi hak prerogatif DPP,” kata MRP.

Beberapa waktu lalu, DPD Golkar Sulsel telah menerima nama-nama calon kepala daerah yang telah dijaring oleh Tim Sembilan. Tim Sembilan adalah tim ad Hoc yang dibentuk oleh DPD Golkar Sulsel untuk memproses bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar di DPD Kabupaten/Kota di Sulsel. Tim Sembilan dipimpin oleh Kadir Halid dari unsur Korbid PP DPD Golkar Sulsel. (*/tari)