Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Menguat, Saham PT Vale Naik Double Digit

84
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Pasar saham atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia ditutup menguat 107,9 poin atau 1,71 persen menjadi 6.429,7.

Sejumlah saham unggulan seperti LQ45, IDX30, IDX80 juga memerah pada penutupan perdagangan, Rabu (20/1/2021) sore, melansir idntimes.com.

Data saham unggulan di penutupan Rabu sore

Saham unggulan bergerak positif atau menghijau pada perdagangan Rabu sore, juga saham-saham kelompok lainnya, sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

LQ45 menguat 2,61 persen menjadi 1.014,8
IDX30 menguat 2,45 persen menjadi 545,485
IDX80 menguat 2,62 persen menjadi 146,318
IDXESGL menguat 1,24 persen menjadi 150,480
IDXQ30 menguat 2,25 persen menjadi 155,036

Data perdagangan hari ini

Dilansir dari RTI, investor membukukan transaksi sebesar Rp25,1 triliun dengan volume transaksi sebesar 20 miliar lembar saham dan frekuensi sebanyak 1,71 juta kali. Sebanyak 287 saham menguat, 211 melemah, dan 131 tidak mengalami perubahan.

Berdasarkan data Binaartha Sekuritas, ada lima saham yang mencatatkan kenaikan pada hari ini, yakni Aneka Tambang (ANTM) +17,71 persen, Tjiwi Kimia (TKIM) +12,88 persen, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) +11,76 persen, Indah Kiat Pulp & Paper (INKP) +8,61 persen, dan Tower Bersama Infrastructure (TBIG) +7,77 persen.

Sektor tambang mencetak kenaikan tertinggi, yakni 5,60%. Sektor industri dasar menguat 2,51%. Sektor keuangan menanjak 2,33%. Sektor infrastruktur naik 1,62%. Sektor konstruksi dan properti menguat 0,96%. Sektor manufaktur naik 0,65%. Sektor perdagangan dan jasa menguat 0,70%. Sektor perkebunan naik 0,71%. Sektor aneka industri menguat 0,37%.

Total volume transaksi bursa hari ini mencapai 20,14 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 25,11 triliun. Sebanyak 287 saham menguat. Tapi ada 211 saham yang turun dan 131 saham flat.

Betulkah Bos Tesla Elon Musk Mau ke Indonesia?

Sementara itu, Bos Tesla Inc. Elon Musk pada akhir tahun lalu disebut-sebut akan berkunjung ke Indonesia pada bulan pertama 2021. Saat ini Januari 2021 tersisa 11 hari.

Kabar kedatangan Elon Musk pun menjadi stimulus positif bagi sejumlah saham pertambangan. PT Timah Tbk. (TINS), PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), dan juga PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. (ANTM) melaju kencang dalam sebulan terakhir, sebelum akhirnya dalam dua kali perdagangan kemarin tersungkur.

Keinginan Bos Tesla ke Tanah Air itu seiring dengan ambisi Indonesia memiliki industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir. Cita-cita itu bukan tanpa alasan, karena negara ini adalah salah satu pemilik cadangan Nikel terbesar di dunia.

Nikel sangat dibutuhkan industri baterai kendaraan listrik karena kontribusinya mencapai 40 persen dari harga KBLBB. Indonesia pun telah masuk radar industri kendaraan listrik global.

Sembari menanti janji Tesla ke Indonesia, berikut rangkuman berita Bisnis.com mengenai hal tersebut hingga 20 Januari 2021:

1. Elon Musk ngobrol dengan Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk pada Jumat (11/12/2020).
Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.
Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X.

2. Janji ke Indonesia Januari 2021

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa produsen mobil listrik asal Amerika Serikat yaitu Tesla akan berkunjung ke Indonesia pada Januari 2021. “Tesla juga telah menyatakan minat yang kuat dan mereka akan lakukan kunjungan di Januari 2021,” katanya dalam acara Public Launching KBLBB, Kamis (17/12/2020).

3. Menperin siap “jualan” Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan bahwa pemerintah akan mengoptimalkan kunjungan tersebut guna menguatkan kemauan Tesla untuk berinvestasi di dalam negeri.
“Tesla akan mengirim timnya awal Januari 2021 ke Indonesia. Kami akan berupaya sedemikian rupa agar Tesla bisa melakukan investasinya di Indonesia,” ujarnya dalam Konferensi Pers Akhir 2020, Senin (28/12/2020).

4. Indonesia punya kompetitor dalam menjaring investasi Tesla

Kendati memiliki cadangan Nikel yang besar, peluang Indonesia untuk mendapatkan kucuran investasi Tesla bukan perkara mudah. Ada Thailand dan India yang jauh-jauh hari telah bermanuver mendekati perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia itu.

5. Hyundai, Toyota, dan LG tanam modal

Hyundai Motor telah meralisasikan investasi sebesar US$1,55 miliar atau sekitar Rp21 triliun. LG Energy Solution Ltd bekerja sama dengan konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan merealisasikan investasi sebesar US$9,8 miliar, atau sekitar Rp 142 triliun.
Sementara itu penguasa pasar mobil di Indonesia, Toyota telah membenamkan US$2 miliar atau setara Rp28,28 untuk pengembangan produk kendaraan listrik hingga 5 tahun ke depan, lansir Bisnis.com.

PT. Vale Kirim Bantuan ke Sulbar dan Ikut Misi Kemanusiaan

Perusahaan pertambangan terbesar di Sulsel, PT Vale Indonesia Tbk, mengirimkan dukungan berupa keberangkatan tim kemanusiaan yang tergabung dalam Emergency Response Group (ERG) atau tim tanggap darurat untuk membantu operasi SAR di lokasi gempa bumi Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021) lalu.

Hanya berselang satu hari pascagempa, PT Vale memberangkatkan Tim Tanggap Darurat (ERG) yang pada tahap pertama fokus pada pencarian dan penyelamatan korban.

Tim yang diberangkatkan berjumlah 10 orang, terdiri dari tim SAR, tenaga medis, personel Security Services dan Communications & External Affairs. Tim tanggap darurat ini didukung dengan peralatan search and recue serta membawa bantuan obat-obatan.

Senior Manager Komunikasi PT Vale Bayu Aji mengatakan, kegiatan tim pada fase tanggap darurat ini berfokus pada operasi pencarian dan penyelamatan korban.

Di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Tim ERG PT Vale dibekali perangkat life detection system untuk mencari korban yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

“Mari kita doakan agar keluarga dan sahabat kita di Mamuju dan Majene senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan,” ucap Bayu Aji.

Gempa berkekuatan 6,2 SR yang melanda wilayah Mamuju dan Majene pada Jumat (15/1/2021) mengakibatkan banyak bangunan runtuh, ribuan orang luka dan puluhan orang dikabarkan meninggal dunia.

Hingga saat ini, tim penyelamat masih terus berusaha melakukan pencarian dan penyelamatan korban yang dilaporkan tertimbun reruntuhan bangunan. PT Vale di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berperan aktif mengambil bagian dalam misi kemanusiaan dengan mengirimkan tim tanggap darurat ke beberapa lokasi bencana yang terjadi di tanah air.

Terakhir, PT Vale bantuan kemanusiaan pada bencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara yang terjadi pada Juli 2020 lalu. Keikutsertaan PT Vale dalam misi kemanusiaan tersebut mulai pada fase tanggap darurat sampai rehabilitasi pascabencana.

Dukungan PT Vale pada situasi bencana sebagai tanggungjawab sosial perusahaan.

“Ini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan dampak positif kehadiran perusahaan kepada pemangku kepentingan yang spesifik, yaitu masyarakat yang mengalami bencana dan membutuhkan pertolongan segera,” Bayu Aji memungkas.

(*/iys)

ADVERTISEMENT