Jadwal Olimpiade Hari Ini, Ada Tunggal Putra Bulutangkis Indonesia Berlaga di Semifinal dan Cabor Menarik Lainnya

103
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM — Olimpiade Tokyo pada hari Minggu 1 Agustus 2021 semakin seru dan menarik saja.

Pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting akan berjuang ke final Tunggal Putra.

ADVERTISEMENT

Anthony Sinisuka Ginting bakal didukung oleh doa seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air ketika menghadapi atlet China Chen Long di Musashino Forest Sport Plaza siang nanti pukul 12.30 WITA.

Apalagi ia adalah satu-satunya atlet Merah-Putih yang berlaga hari ini.

ADVERTISEMENT

Ginting melangkah ke semifinal setelah mengalahkan pebulutangkis Denmark Anders Antonsen dalan pertarungan tiga gim. Atlet 24 tahun itu menang 21-18, 15-21, dan 21-18.

Ini menjadikannya atlet tunggal putra bulutangkis pertama yang menembus empat besar Olimpiade sejak 2004. Kala itu, Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro melaju ke semifinal.

ADVERTISEMENT

Taufik Hidayat seperti diketahui akhirnya meraih emas sementara Sony Dwi Kuncoro merebut perunggu.

Anthony Sinisuka Ginting kini punya kesempatan untuk mengikuti jejak para seniornya tersebut menjadi peraih medali Olimpiade.

Final bulu tangkis putri juga berlangsung hari ini antara nomor satu dunia Tai Tzu-ying melawan pebulutangkis China Chen Yufei.

Di cabor Atletik, mahkota lari 100 m putra Usain Bolt akan memiliki pemilik baru dalam Olimpiade Tokyo hari ini ketika saat bersamaan atlet Jepang Hideki Matsuyama membidik medali emas golf dan perenang AS Caeleb Dressel mengincar dua medali emas lagi.

Juga pada hari kesembilan ini dilangsungkan final tenis putra yang mempertemukan petenis Jerman Alexander Zverev yang mengakhiri perjalanan Novak Djokovic dalam memburu Golden Grand Slam, melawan petenis Rusia Karen Khachanov.

Olimpiade 2020 yang tertunda pandemi ini adalah yang pertama sejak Olimpiade Athena 2004 tanpa dihadiri raja sprint dari Jamaika Usain Bolt yang gantung sepatu pada 2017 setelah merebut dua gelar 100m dan 200m dalam tiga Olimpiade terakhir di Beijing, London dan Rio.

Lari 100m pertama Olimpiade pada era pasca-Bolt ini terlihat bagaikan kontes terbuka jika putaran pertama menjadi ukuran.

Pelari Amerika Serikat Trayvon Bromell yang mencatat waktu tercepat tahun ini 9,77 detik, malah finis keempat di heat-nya.

Fokus final lompat jangkit putri tercurah kepada Yulimar Rojas dari Venezuela, yang membawa kegembiraan kepada negaranya yang tengah bermasalah dengan merebut gelar juara dunia dua kali berturut-turut.

Hari ketiga atletik di Stadion Olimpiade yang elegan namun kosong juga akan menampilkan atlet tolak peluru veteran Selandia Baru Valerie Adams yang berambisi menjadi wanita pertama yang menjuarai satu nomor sama dalam tiga Olimpiade.

Dalam lompat tinggi putra juara dunia dua kali dari Qatar Mutaz Barshim berusaha bersinar setelah naik podium dalam dua Olimpiade terakhir.

Di Tokyo Aquatics Centre, Dressel yang meraih emas 50m gaya bebas putra menjadi favorit emas 100m gaya kupu-kupu, 100m gaya bebas, dan estafet 4x100m putra.

Dia juga diperkirakan tampil dalam 4x100m gaya ganti putra yang mengakhiri renang Olimpiade 2020.

Dengan mundurnya Simone Biles, juara baru nomor semua alat Sunisa Lee mengincar emas palang bertingkat di mana final alat dimulai di Ariake Gymnastics Centre.

Mereka yang berusaha menghentikan sang remaja AS adalah Nina Derwael, yang berusaha mengakhiri penantian panjang Belgia dalam meraih medali senam Olimpiade.

Pesenam mengejutkan lainnya yang tengah memburu medali pertama Olimpiade bagi negaranya adalah pesenam Israel Artem Dolgopyat yang memuncaki kualifikasi senam lantai putra dan Rhys McClenaghan dari Irlandia.

Final terakhir dilombakan adalah nomor kuda pelana di mana McClenaghan sudah berencana membeli pizza jika mendapatkan medali senam dari nomor ini.

Absennya Biles dari meja lompat membuat rekan senegaranya Jade Carey sebagai orang yang harus menaklukkan peraih medali perak semua alat dari Brazil Rebeca Andrade.

Emas juga diperebutkan dalam loncat indah papan 3m putri), BMX, angkat besi dan layar, sedangkan anggar menutup kompetisi dengan final flore beregu putra.

(*)

ADVERTISEMENT