JCH Asal Palopo Fokus Ibadah Sebelum Tinggalkan Madinah

361
Harisal A Latief saat berada di pemakaman Baqi.
ADVERTISEMENT

Laporan : Harisal A Latief, Madinah

SEBANYAK 115 Jamaah Calon Haji (JCH) kota Palopo kini fokus ibadah shalat arbain sebelum meninggalkan Madinah menuju Mekkah Sabtu mendatang. Shalat arbain merupakan shalat berjamaah sebanyak 40 kali berturut-turut di masjid Nabawi Madinah.

ADVERTISEMENT

Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Harisal A Latief melaporkan, JCH saat ini sudah mengakhiri agenda ziarah dan kunjungan ke tempat wisata maupun bersejarah.

“Sekarang sudah fokus total melaksanakan shalat Arbain termasuk kegiatan-kegiatan tadarrus dan shalat-shalat sunnah di Masjid Nabawi,” kata Harisal Rabu (24/7/2019).

ADVERTISEMENT

BACA JUGA :Aktifitas JCH Asal Palopo di Madinah : Seharian Kunjungi Tiga Tempat

Sebelumnya, para jamaah juga telah mengunjungi kompleks pemakaman Baqi yang terletak di dalam kota Madinah, tepat di belakang Masjid Nabawi. Selain berdekatan dengan Masjid Nabawi, lokasi pemakaman Baqi juga amat dekat dengan lokasi Rasulullah SAW di Raudhah. Sejajar dengan pintu masuk Baqi, terdapat pintu nomor 36 Masjid Nabawi, yang langsung menuju makam Rasulullah

ADVERTISEMENT

Konon, Baqi adalah satu-satunya tanah yang lembut dan cocok untuk pemakaman. Tak ada gundukan tanah layaknya sebuah pemakaman. Hanya sebongkah batu yang diletakkan berjarak antara 1-1,5 meter sebagai penanda makam di areal seluas lebih dari 138 ribu meter persegi.

BACA JUGA :Cuaca Panas di Madinah, Begini Kondisi JCH Asal Palopo

Di pemakaman itu terdapat 10 ribu sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW. Mereka itu termasuk para syuhada Perang Badar dan Uhud. Sahabat Nabi yang dikuburkan di sana adalah Usman Bin Affan, Abbas bin Abd al-Muthalib dan cucu Beliau. Tak hanya itu, keluarga Nabi, termasuk para istrinya juga dimakamkan di sana, kecuali Khadijah yang dimakamkan di Mekkah. (asm)

ADVERTISEMENT