Jejak Rabbial Muslim, Pelaku Bom Polrestabes Medan Ternyata Mau Jadi Youtubers

980
. Terduga pelaku bernama Rabbial Muslim Nasution (RMN), usia 24 tahun. Dia merupakan warga Medan asli.
ADVERTISEMENT

PROFIL pelaku peledakan bom bunuh diri tersebar di dunia maya. Pelaku merupakan warga Jalan Nangka Medan Petisah. Terduga pelaku bernama Rabbial Muslim Nasution (RMN), usia 24 tahun. Dia merupakan warga Medan asli.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Teman pelaku, Bagus Prasetio mengatakan, ia berteman akrab dengan Rabbial Muslim Nasution alias RMN. Teman korban mengenalnya dengan panggilan Dedek sejak kecil. “Saya temannya sejak kecil, kenal baik dan tahu keluarganya,” katanya.

ADVERTISEMENT

Menurut Bagus sosok Dedek dinilainya baik, punya jiwa setia kawan. Dikatakannya, Dedek merupakan pemuda yang aktif di lingkungan rumahnya. “Dulu kami tergabung dalam remaja masjid dia aktif ikut rapat,” katanya.

Bagus menuturkan, RMN awalnya tinggal di Jalan Jangka, di kawasan Ayahanda Medan namun pindah domisili setelah menikah. “Warga di sini sudah lama tidak melihatnya lagi. Ia sempat pindah ke Marelan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Bagus menjelaskan, Dedek tak sempat menamatkan sekolahnya di bangku SMA/SMK. “Kami satu sekolah di SMK 9 Medan. Dia gak tamat sampai kelas satu saja,” jelasnya.

Dikatakannya, sosok Dedek juga pernah mengikuti kegiatan bela diri silat. “Kami juga pernah main bola bersama, saya kira orangnya sangat terbuka dan baik,” katanya.

Bagus tak menyangka, rekannya tersebut melakukan aksi nekat. “Kalaulah memang benar dia pelakunya, saya tidak sangka, karena ia saya kenal baik,” tambahnya.

Pelaku peledakan bom bunuh diri yang mengguncang Mapolrestabes terlihat dalam rekaman CCTV. Dalam rekaman CCTV tersebut tampak RMN sedang mengenakan setelan jaket hijau kombinasi hitam sedang berjalan mengenakan ransel.

Ternyata, pelaku memiliki akun youtube. Akunnya bernama rabbial muslim nasution. Dia tampak memiliki 475 subscriber. Rabbial bergabung sejak 9 April 2011 lalu.

Namun video pertamanya baru diposting pada 2 maret 2013. Hanya ada dua video yang dia posting. Dua video itu berupa video parodi. Yang pertama berjudul ‘Jokowi datangi korban BANJIR di Medan (JANGKA)’. Video ini ditonton 1,9 ribu kali.

Dalam konten ini dia berpura-pura menjadi jurnalis dalam kondisi banjir. Seorang rekannya bertingkah seperti Jokowi, dia juga menyebut nama Ahok. Video tersebut berdurasi 5,01 menit.

Pada kolom komentar Rabbial meminta rekan-rekannya menonton video tersebut. Sementara temannya tampak memberi semangat kepada Dedek sapaan Rabbial.

Video keduanya hanya berdurasi 15 detik. Video baru diunggah sebulan lalu dan ditonton sembilan kali. Video ini hanya menunjukkan seekor babi tertidur lalu diberi makan oleh seseorang.

Jejak Digital Rabbial juga ditemukan di situs ReverbNation.com,sebuah situs pusat untuk musisi, produser, dan tempat-tempat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi. Di situs ini Rabbial memajang sejumlah fotonya dan baru mengupload satu rekaman musik dengan judul: cinta seorang kekasih. (***)

ADVERTISEMENT