Jelang Masa Jabatan Berakhir 26 September 2023, Ini Ungkapan Hati Judas Amir

303
HM JUDAS AMIR
ADVERTISEMENT

PALOPO–Hampir satu dekade Walikota Palopo, HM Judas Amir memimpin kota Palopo. Tersisa kurang lebih dua bulan lagi, pasangan Judas-Rahmat (Juara) akan menanggalkan jabatannya. Tepatnya pada 26 September 2023 mendatang.

Banyak hal yang telah dilakukan HM Judas Amir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota bermotto ‘Kebersamaan’ ini. Pembangunan maju begitu pesat, sesuai dengan visi pembangunan “Terwujudnya Palopo Sebagai Kota Maju, Inovatif dan Berkelanjutan.

ADVERTISEMENT

“Kurang lebih 10 tahun saya diberikan amanah oleh Allah Swt melalui masyarakat Kota Palopo untuk memimpin di daerah yang kita cintai ini. Dalam kurun waktu tersebut, kita telah lalui dengan berbagai dinamika di dalamnya,” kata HM Judas Amir, belum lama ini.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Palopo itu membeberkan, seluruh potensi daerah telah dimaksimalkan untuk membangun daerah. “Sudah banyak hal yang telah kita perbuat. Saya percaya bahwa masyarakat Kota Palopo dapat menjadi saksi dan merasakan hasil yang telah kita raih bersama,” sebutnya.

ADVERTISEMENT

“Dengan kebersamaan kita selama ini, kita telah mewujudkan visi pembangunan Kota Palopo melalui program yang telah kita laksanakan,” sambungnya.

Meskipun telah mengerahkan seluruh potensi, pikiran dan tenaga, HM Judas Amir menyadari bahwa sebagai manusia biasa pasti banyak kekurangan dan kelemahan dalam kepemimpinannya.

ADVERTISEMENT

“Saya menyadari sepenuhnya bahwa mustahil untuk dapat memuaskan semua pihak. Jangankan Saya selaku Walikota yang memang penuh kekurangan, Nabiullah Muhammad SAW yang merupakan manusia sempurna yang diutus oleh Allah SWT, masih diperhadapkan dengan berbagai penolakan, hinaan, cacian, fitnah, bahkan penganiayaan dari kaumnya termasuk dari keluarga dekatnya sendiri. Itulah pengorbanan untuk kesuksesan, itulah risiko dalam perjuangan. Tugas Saya adalah berbuat baik, memberi manfaat dan melayani masyarakat,” jelas walikota.

Walikota tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap keluarga, kepada seluruh masyarakat Kota Palopo yang telah memberikan amanah dan membersamai selama kurang lebih sepuluh tahun.

“Saya ingin menyampaikan bahwa seluruh keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai dalam masa kepemimpinan saya, itu semua adalah berkah dari kebersamaan yang kita bangun, sehingga prestasi dan keberhasilan itu adalah prestasi dan keberhasilan kita semua,” jelasnya lagi.”

“Maka dari itu, saya menitipkan pesan kepada segenap masyarakat Kota Palopo yang Saya cintai, jaga Kota Palopo yang sudah kondusif selama ini, jaga kebaikan-kebaikan yang telah kita wujudkan, pertahankan prestasi yang telah kita capai, lanjutkan kebersamaan yang telah kita bangun,” tambahnya.

Tidak hanya itu, walikota juga menyampaikan permohonan maaf kepada segenap keluarga, kepada seluruh masyarakat Kota Palopo atas segala kekurangan dan kekhilafan selama memimpin Kota Palopo dua periode.

“Mohon dimaafkan jika saya belum bisa mewujudkan seluruh harapan Bapak/Ibu dan saudara-saudaraku semua. Inilah yang dapat saya persembahkan sebagai bukti kecintaan saya kepada daerah dan masyarakat Kota Palopo. Besar harapan Saya kiranya seluruh pengabdian, seluruh amal/perbuatan saya, maupun kebijakan yang telah saya ambil selama memimpin, semoga menjadi investasi dan amal sholeh bagi saya dan keluarga, demikian juga bagi masyarakat Kota Palopo yang telah membersamai saya selama kurang lebih sepuluh tahun,” cetusnya.

“Terakhir, saya tetap mengingatkan kepada kita semua, bahwa saat ini kita berada pada tahun politik. Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua, agar menjaga daerah kita agar tetap dalam kondisi yang kondusif. Mari kita hindari kerja-kerja politik yang tidak elegan, jauhi praktek politik yang tidak beradab, apalagi dengan menyebar fitnah dan berita bohong (hoax), biasakan politik yang menawarkan ide dan narasi perubahan kepada masyarakat kita, saling menghargai dan menghormati harus kita junjung tinggi. Kita boleh berbeda dalam kecenderungan dan pilihan politik namun kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan umat, pilihan boleh berbeda tapi persaudaraan dan silaturrahmi tetap kita jaga,” tandasnya. (mat)

** Sejuman Judas Amirlah Program Terlaksana di Masa Pemerintah

1. Pembangunan Kantor Walikota Palopo dan sarana pendukung lainnya.

2. Pembangunan dan Pengoperasian kembali Rumah Sakit Type C, Rumah Sakit Dokter Palemmai Tandi.

3. Pelayanan Kesehatan Gratis Paripurna kepada masyarakat tidak mampu melalui BPJS Kesehatan dan Pelayanan Tenaga Medis 24 Jam pada UPTD JA (Jemput Antar) yang anggarannya bersumber dari APBD Kota Palopo.

4. Penurunan Angka Pengangguran Terbuka, Tahun 2022 menjadi sebesar 8,20 %, angka ini turun dari 9,03 % pada Tahun 2013.

5. Penurunan Angka kemiskinan, Tahun 2013 sebesar 9,57 % menjadi 7,78 % pada Tahun 2022.

6. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tahun 2013 sebesar 75,02 % Poin, meningkat menjadi 78,91 Poin di Tahun 2022.

7. Bidang Infastruktur, Persentase Jalan Berkondisi Baik Tahun 2021 sebesar 81,96 %, Panjang Jalan yang sudah beraspal di Tahun 2013 adalah 271,13 Kilometer, meningkat menjadi 352,75 Kilometer pada Tahun 2022; Panjang Talud yang ditangani dalam 10 Tahun sepanjang 1,56 Kilometer, Plat Duicker yang ditangani dalam 10 Tahun sebanyak 74 Unit, Jembatan yang ditangani selama 10 Tahun sejumlah 40 Jembatan, Panjang Jalan yang direkonstruksi sepanjang 44,30 Kilometer, Panjang Jalan yang ditangani secara berkala 17,79 Kilometer, Panjang Jalan yang mengalami pelebaran sepanjang 13,51 Kilometer.

8. Akses penduduk terhadap pemenuhan kebutuhan Air Minum pada Tahun 2022 mencapai 94,38 %.

9. Kawasan Kumuh Kota Palopo awalnya 89,33 Hektare, Tahun 2021 Sisa 1,09 Hektare.

10. Pada Sektor Kesehatan, Angka Usia Harapan Hidup mengalami peningkatan dari 70,10 Tahun pada Tahun 2013, menjadi 71,18 Tahun pada Tahun 2022.

11. Pada Bidang Keagamaan, telah membantu Pemenuhan Sarana Prasarana Rumah Ibadah melalui bantuan Hibah.

12. Pembangunan Fasilitas Manasik Haji dan Umroh di Masjid Agung Palopo.

13. Pemberian Insentif kepada 1.460 Orang Petugas Keagamaan, Pemberian Penghargaan Berupa Biaya Umroh (Umroh Gratis) kepada 134 Orang Imam Mesjid, Guru Mengaji dan Tokoh Masyarakat, dan Insya Allah sedang proses persiapan untuk tahap berikutnya sebanyak 67 Orang.

14. Untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, telah membiayai Diklat Tenaga Kepelautan Sebanyak 1000 Orang dan saat ini mereka telah bekerja di Kapal sebagai pelaut.

15. Pemerintah Kota Palopo telah mengutus 19 Orang untuk mengikuti Pelatihan Sablon di C-59 Bandung dan saat ini mereka telah membuka usaha mandiri.

16. Kota Palopo telah menyelenggarakan Pendidikan Gratis Pripurna pada semua jenjang.

17. Selain itu Pemerintah Kota Palopo telah memberikan Insentif kepada 48 orang Ketua LPMK, Ketua RW, Ketua RT, Sekretaris RT dan Bendahara RT sebanyak 2.958 orang, 960 Orang Satgas di 48 Kelurahan, Petugas Kebersihan sebanyak 825 Orang, Kader KB 500 Orang, Tim Pendamping Keluarga 429 orang, Kader Dasa Wisma 729 Orang. Mereka semua adalah ujung tombak di lapangan yang berperan aktif dalam membantu Pemerintah. Memberikan insentif kepada mereka, itu berarti bahwa pemerintah sedang membantu mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

18. Pemberian Beras Sejahtera (Rastra), selain Rastra Nasional Pemerintah Kota Palopo juga memberikan Beras Sejahtera Daerah Gratis kepada 2.500 Rumah Tangga Sasaran.

19. Sebagai Pembina Baznas Kota Palopo, kita telah melaksanakan program Sosial Kemasyarakatan melalui pendistribusian Dana Umat yang bersumber dari Zakat, Infaq dan Sedekah yang diberikan diberikan dalam bentuk program: Bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 26 Unit Rumah, Bantuan Kedukaan sebanyak 106 Jiwa, Bantuan Penyelesaian Studi sebanyak 62 orang, bantuan kepada keluarga Miskin Ekstrim sejumlah 960 orang, bantuan penanganan Stunting sebanyak 20 orang anak, bantuan kepada Pasukan Kuning sebanyak 1.082 orang, bantuan berupa Insentif kepada 75 Orang Marbot, Bantuan Pembangunan Mesjid 50 Mesjid/Tahun dan Bantuan Penguatan Modal Usaha dengan total biaya untuk semua program tersebut di atas senilai sekitar 2,5 Miliar rupiah/Tahun.

20. Dalam hal pengelolaan keuangan, kita telah meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 8 kali berturut- turut sejak tahun 2015.

21. Meraih Predikat “B” di bidang SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

22. Indeks Kesehatan meningkat dari 77,08 pada Tahun 2013 menjadi 78,74 pada Tahun 2022

23. Indeks Pendidikan meningkat dari 73,04 menjadi 78,91 pada Tahun 2022.

24. Selain Program yang telah dilaksanakan di atas, pada momentum Hari Jadi Kota Palopo yang ke-21 Tahun 2023, diresmikan beberapa proyek pembangunan Multi Years yakni Kantor DPRD Kota Palopo di Kecamatan Bara, sirkuit Ratona Motor Sport (Arena Olahraga Balap Motor) di Kecamatan Wara Selatan, Pusat Kuliner dan Oleh-oleh Palopo atau Mall of Palopo di Kecamatan Wara Utara serta Revitalisasi Kawasan Islamic Center di Kecamatan Wara Selatan. (*)

 

 

 

ADVERTISEMENT