Juara Badminton Asia Team Championship 2022, Srikandi Indonesia Ukir Sejarah

93
Tim putri Indonesia juara Badminton Asia Team Championship 2022 (Foto: dok. PBSI)
ADVERTISEMENT

SELANGOR — Prestasi kembali diukir Indonesia dari bidang bulu tangkis. Sejarah membanggakan itu dipersembahkan Tim putri Indonesia. Mereka keluar sebagai juara Badminton Asia Team Championship 2022. Putri Kusuma Wardani dkk mengukir sejarah lewat kesuksesan ini.

Dilansir dari Detikcom, Indonesia yang banyak menurunkan pemain muda itu jadi juara BATC 2022 usai mengalahkan Korea Selatan di final dengan skor 3-1 dalam pertandingan di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022).

Kemenangan Indonesia dipastikan oleh Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. Turun di partai keempat, Nita/Lanny menang 23-21, 21-11 atas Kim Min Ji/Park Min Jeong.

“Bangga dan sangat melegakan saya bisa tampil baik bersama Lanny dan mempersembahkan kemenangan serta mengantarkan Indonesia juara,” ujar Nita usai seremoni juara, dalam rilis PBSI.

ADVERTISEMENT

Gregoria Mariska Tunjung membuka keunggulan Indonesia lewat kemenangan 21-9, 21-10 atas Sim Yu Jin. Korea kemudian menyamakan skor setelah Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dikalahkan Baek Ha Na/Seong Seung Yeon, 15-21, 21-14, 14-21.

Putri Kusuma Wardani membawa Indonesia kembali unggul dengan mengalahkan Lee Se Yeon 21-10, 21-18. Nita/Lanny kemudian memastikan kemenangan Indonesia.

Keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung dkk. ini jadi sejarah. Tim putri Indonesia untuk pertama kalinya jadi kampiun di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia. Indonesia menjadi negara ketiga yang menjuarai BATC di sektor putri setelah China dan Jepang.

“Alhamdulillah tim putri Indonesia berhasil membuat sejarah. Untuk pertama kali merebut gelar juara kejuaraan beregu Asia. Selamat untuk para pemain yang sudah berjuang hebat,” tutur Herli Djaenudin, pelatih tunggal putri.

Indonesia berpeluang untuk mengawinkan gelar juara di Badminton Asia Team Championship 2022. Tim putra juga akan bertanding di final melawan Malaysia mulai pukul 15.00 WIB. (***)

ADVERTISEMENT