KABAR GEMBIRA! Dua Pasien Covid-19 di Tana Toraja Sembuh, Termasuk Wabup Tator Sudah Dibolehkan Pulang ke Rumah

450
Wakil Bupati Tana Toraja, Sulsel, Victor Datuan Batara, dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19 dan dibolehkan pulang ke rumah, Rabu (28/4/2020).
ADVERTISEMENT

MAKALE–Wakil Bupati Tana Toraja, Sulsel, Victor Datuan Batara, dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19. Tak hanya itu, seorang pasien positif corona lainnya dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang ke rumahnya, Rabu (29/4/2020).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Victor Datuan Batara Wakil Bupati Tana Toraja Sembuh Dari Covid_19 #salama'

Posted by torajachanel.com on Tuesday, 28 April 2020

VDB, begitu Wakil Bupati Tana Toraja akrab disapa, meninggalkan RSUD Lakipadada pada Rabu (29/4/2020) pagi tadi. Saat berjalan di lorong rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di Tana Toraja itu, dia disambut ucapan selamat dari sejumlah perawat dan masyarakat yang hendak berobat.

ADVERTISEMENT

Juga, VDB disambut oleh istri, anak dan sanak saudara. “Terimakasih atas dukungan dan doa kita semua,” ungkap VDB.

Tak lupa VDB mengucapkan terimakasih terhadap tim medis RSUD Lakipadada yang telah merawat dirinya selama menjalani isolasi.

ADVERTISEMENT

Wakil Bupati Tana Toraja itu dinyatakan terpapar virus Corona pada 16 April 2020 lalu. Saat itu VDB langsung di rujuk ke RSUD Lakipadada untuk menjalani perawatan intensif (Isolasi). Selama 14 hari, VDB diisolasi dan dirawat di RSUD setempat.

Sementara itu, pasien positif covid-19 lainnya yang juga dinyatakan sembuh di Tana Toraja, adalah pasien kedua warga Lembang Sarapeang, Kecamatan Saluputti. Hanya saja, pasien ini belum bisa dipulangkan ke rumah karena masih ada penyakit penyerta yang memerlukan perawatan dan perhatian medis sehingga masih dirawat di RSUD Lakipadada.

Direktur RSUD Lakipadada, dr Syafari Mangopo, menjelaskan, kedua pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan Control Swab PCR sebanyak dua kali berturut-turut dan hasilnya negatif.

“Berdasarkan Protokol Covid-19, pasien dinyatakan sembuh jika keluhan minimal dan dua kali berturut-turut Control Swab PCR dinyatakan negatif,” terang dr Syafari.

Dokter Syafari menegaskan, hasil pemeriksaan laboratorium yang selama ini diumumkan, baik konfirmasi positif maupun konfirmasi negatif, semuanya adalah berdasarkan hasil pemeriksaan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang tidak pernah direkayasa atau dimanipulasi sehingga masyarakat diminta agar tidak membangun opini-opini yang bisa merugikan semua pihak.

Selanjutnya, khusus Wakil Bupati Tana Toraja yang dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan ke rumah masih diwajibkan untuk menjalani karantina mandiri di rumah.

Sementara itu, kata dr Syafari, masih ada 1 pasien positif covid-19 lainnya yang masih dirawat di RSUD Lakipadada Tana Toraja, yakni pasien ketiga, beralamat di Kelurahan Bombongan Makale, berdasarkan Control Swab PCR pertama juga sudah dinyatakan negatif namun masih menunggu hasil pemeriksaan Control Swab PCR kedua, seperti dikutip KORAN SERUYA dari karabatoraja.com. (*/tari)

ADVERTISEMENT