Kado Spesial Dihari Lahir, Basmin Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

203
ADVERTISEMENT

MAKASSAR – Sabtu (12/12/2020), menjadi hari yang begitu spesial bagi Bupati Luwu dua periode, Basmin Mattayang. Betapa tidak, dihari lahirnya itu, dia berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude.

Seperti diketahui, Basmin Mattayang lahir di Wara, pada12 Desember 1957 lalu. Tepat diusianya yang 63 tahun saat ini, dirinya mendapatkan promosi doktor di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Dalam disertasinya, suami dari Hayarna Basmin itu, mengangkat judul Dampak Politisasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Luwu.

Dia berhasil meraih gelar doktor di bidang studi Ilmu Administrasi Publik, usai menempuh pendidikan selama dua setengah tahun, dengan nilai IPK 3,95.

ADVERTISEMENT

Basmin Mattayang tampil dihadapan para penguji dengan mengenakan jas hitam, ia juga menjawab dengan lugas seluruh pertanyaan dari para penguji.

Begitu pula ketika dirinya ditanya, perihal alasan mengapa ia mengambil judul tersebut. Mantan Sekretaris Proyek Pembinaan Generasi Muda Kanwil Depdikbud Provinsi Sulsel ini, membuat kagum para penguji.

“Tema ini, merupakan angan-angan yang lama terpendam di hati saya, banyak sekali tantangan yang saya hadapi, banyak pertanyaan sinis yang menganggap saya melakukan kritikan pada diri sendiri,” katanya.

“Tapi saya jawab saya tidak melakukan kritikan pada diri sendiri tapi inilah saya berani mengatakan jika salah dan benar itu benar,” sambung Basmin, disambut teput tangan para tamu yang hadir.

Basmin menguraikan, proses politisasi birokrasi yang berlangsung dalam interval waktu 2014 hingga 2019, berdampak pada kualitas pelayanan publik di Luwu. Alih-alih dampak itu ke arah yang positif justru berbelok ke arah yang negatif. Pelayanan publik yang sebagaimana diatur dalam UU akhirnya terabaikan.

Mendengar hal tersebut, Kopromotor Prof. Dr. Rifdan, M, Si, mengatakan jika Basmin sudah begitu layak meraih gelar doktor.

Senada dengan hal tersebut, Ketua dewan penguji, Prof. Dr. Husain Syam juga tidak memungkiri kematangan Basmin Mattayang untuk meraih gelar Doktor.

Dia menyebutkan, Basmin Mattayang adalah gelar Doktor ke 887 Alumni UNM selama dirinya jadi rektor di kampus tersebut, ini yang pertama kali menyerahkan langsung ijasa kelulusan Doktor.

“Pak Basmin Mattayang, kualitasnya sebagai Bupati, tidak diragukan lagi. Selamat pak Basmin, sudah meraih gelar doktor dengan nilai terbaik,” katanya. (Mita)

ADVERTISEMENT