Kapolres Palopo Salurkan Bantuan untuk Warga Luminda

93
Disaksikan Walikota HM Judas Amir, Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurmas kembali salurkan Bansos kemanusian kepada masyarakat yang terdampak wabah virus corona di Luminda. (Foto: Ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Palopo, AKBP Alfian Nurmas, kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Kemanusian kepada masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Penyaluran bantuan tersebut, dilakuka oleh orang nomor satu di Polres Palopo itu, saat peresmian Posko Balla Ewako atau Banua Mangngewa di Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Rabu (24/6/2020).

ADVERTISEMENT

Bantuan tersebut, diberikan kepada masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial selama pandemi Covid-19 di wilayah tersebut.

Alfian Nurmas mengatakan jika pihaknya juga akan mendiskusikan terkait bantuan pangan kepada posko nantinya. “Kami akan mendukung posko dan akan mendiskusikan bantuan untuk memenuhi pangan bagi masyarakat kita sendiri yang berdampak pandemi ini”ujarnya.

ADVERTISEMENT

Tidak hanya itu, dia juga meminta kepada para ketua RT dan RW harus menjadi panutan masyarakat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita harus memberikan contoh bagaimana cara mencegah virus Corona tersebut kepada masyarakat, dalam hal ini, dengan mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Sebab katanya, tujuannya di bentuk posko ini adalah sebagai pusat koordinasi tempat mengedukasi masyarakat tentang adanya virus Corona ini dan pusat koordinasi pelaksanaan program-program pemerintah di Kelurahan Luminda.

“Disini adalah tempat pengendali dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan Covid-19. Dengan adanya posko ini upaya pencegahan virus Corona bisa lebih cepat dan lebih siaga lagi”,jelasnya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan jika posko tersebut nantinya, juga tidak hanya menjadi wadah penanggulangan Covid-19. Namun katanya, diharapkan kedepannya posko itu juga dapat dijadikan sebagai wadah penyelesaian persoalan kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Posko ini juga dapat berfungsi sebagai tempat penyampaian informasi dan penyelesaian persoalan kamtibmas,” tandasnya.

Sementara itu Adria Sigele ST, Lurah Luminda menyampaikan terbentuknya posko ini hasil koordinasi dan adanya kerjasama yang baik dari semua tim yang sudah di bentuk. “Semoga kedepan apa yang di lakukan bisa di pertahankan khususnya dalam menjalani kondisi Corona ini”.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Walikota Palopo, HM Judas Amir yang meremismikan posko tersebut, meminta  kepada seluruh RT/RW agar tetap menjalankan tanggung jawab, dengan tetap menjaga agar kondisi lingkungan mereka agar tetap aman.

Dia menyebutkan, jika RT/RW harus bahu membahu dengan masyarakat, untuk melawan wabah virus corona, sehingga kedepannya dapat dikenang sebagai bagian dari proses perlawanan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Judas Amir, saat meresmikan Posko Balla Ewako (Banua Mangngewa) Kota Palopo, Kampung/Rumah Bersama melawan Covid-19 di Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, jika Posko Balla Ewako atau Banua Mangngewa sarat mengandung makna, terlebih dengan kondisi saat ini, dimana masyarakat terus berjuang dalam memerangi wabah virus corona.

“Posko Balla Ewako yang berarti mangngewa (Melawan), artinya mulai dari rumah sampai dimana saja kita harus melawan virus ini, dengan mengikuti petunjuk protokol kesehatan yang merupakan wujud perlawanan terhadap virus Corona ini,” jelasnya.(Sya)

ADVERTISEMENT