Layani 47 Sambungan Rumah, Bappeda Palopo Serahterimakan Pamsimas Battang Barat

139
Pamsimas Kelurahan Battang Barat Kecamatan Wara Barat Kota Palopo, ProvinsiSulawesi Selatan. (Foto : Dok. Bappeda Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional (Pemerintah dan Pemerintah Daerah) untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Pamsimas Kelurahan Battang Barat Kecamatan Wara Barat Kota Palopo, ProvinsiSulawesi Selatan, diresmikan dan diserahterimakan untuk dapat segera dimanfaatkan masyarakat yang dibangun melalui kegiatan program Pamsimas tahun 2022.

ADVERTISEMENT

Peresmian dan serahterima kegiatan di Kelurahan Battang Barat ini dilakukan di Kantor Kelurahan Battang Barat setelah itu mengunjungi Bak Reservoir dan membuka kran air minum, pada (28/12/2022).

Kegiatan itu turut dihadiri Anggota Pokja AMPL Kota Palopo sekaligus mewakili Kepala BAPPEDA kota Palopo, Andi Ira.

Dalam sambutannya dia mengatakan Program Pamsimas Palopo saat ini bertujuan untuk pemenuhan air minum bagi yang tidak mampu dijangkau oleh PDAM dan diharapkan dapat dikelola dengan baik melalui pembayaran iuran untuk menunjang pemeliharaan sarana yang telah dibangun.

Hadir pula perwakilan Puskesmas Kecamatan Wara Barat yang mengimbau untuk menjaga kelestarian sumber mata air dengan melarang bagi petani yang ingin membuka lahan pertanian di sekitar lokasi Mata Air yang digunakan.

Sejalan dengan itu maka pemerintah kecamatan yang diwakili Sekretaris Camat Wara Barat mengimbau untuk memelihara dengan baik terhadap sarana PAMSIMAS yang telah dibangun.

Dalam acara ini juga hadir Lurah Battang Barat sebagai pemerintah kelurahan Battang. Dia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah untuk memberikan support kepada Kelurahan Battang Barat dalam Program PAMSIMAS 2022.

Serta memberikan penghargaan setingi-tingginya terhadap pencapaian dari seluruh pengurus Kelompok Masyarakar (POKMAS) PUNCAK dalam melaksanakan tugas hingga dapat menyelesaikan kegiatan dengan tepat waktu.

Koordinator Tim Fasilitator Kota Palopo juga menyampaikan bahwa kegiatan sudah berjalan dengan baik dan pekerjaannya sudah dikerjakan semua sebanyak 47 sambungan rumah (SR).

Pembangunan Pamsimas 2022 di Kelurahan Battang Barat meliputi beberapa kegiatan yaitu Pembanguna Penangkap Mata Air, Reservoir, Pengadaan Dan Pemasangan Pipa Transmisi dan Distribusi sepanjang 2600 meter, dan sambungan rumah sebanyak 47 unit yang merupakan laporan pertanggungjawaban kegiatan ketua Pokmas Puncak pada Acara serah terima ini.

Program IBM-pamsimas tahun 2022 di Palopo ada 5 kelurahan. Kelurahan itu ialah Battang Barat, Battang, Sampoddo, To’ Bulung, Buntu Datu.

Kelurahan ini belum terjangkau oleh jaringan PDAM maka program pamsimas masuk untuk pemenuhan layanan dasar masyarakat yaitu air bersih. (mat)

ADVERTISEMENT