Lebih Dekat dengan H. Bangun Tangke Padang, Akrab Disapa BTP

396
Dr. Ir. H. Bangun Tangke Padang, MM.
ADVERTISEMENT

KOTA Palopo memiliki banyak putera daerah yang eksis berkiprah di ranah rantau, terutama ibukota Jakarta. Salah satunya, Dr. Ir. H. Bangun Tangke Padang, MM. Pria yang akrab disapa BTP ini salah satu figur yang disebut-sebut akan maju mencalonkan diri pada Pilkada Palopo 2024 mendatang.

Apalagi saat ini, di berbagai lokasi strategis di Kota Palopo, terpasang baligho BTP dengan sebaris kalimat ‘PALOPO BARU’, mengindikasikan jika pria kelahiran Palopo,
26 Maret 1966, ini mulai sosialisasi.

ADVERTISEMENT

Dalam suatu kesempatan saat berkunjung ke Palopo, Mei 2022 lalu, pria berdarah Bastem Luwu ini, mengaku masih wait and see terkait dinamika Pilkada Palopo 2024 mendatang, karena masih dua tahunan lagi.

“Soal adanya baligho bergambar foto saya (BTP) yang terpasang di Palopo, itu sebenarnya inisiatif teman-teman, keluarga dan kerabat. Mereka yang pasang,” kata BTP.

ADVERTISEMENT

Namun, BTP mengaku jika sudah waktu yang tepat, dirinya akan menyampaikan kepada publik di Palopo terkait Pilkada Palopo 2024 mendatang. “Akan ada waktu yang tepat memutuskan Dinda,” kata Doktor Ilmu Ekonomi lulusan Universitas Borobudur Jakarta, tahun 2008 ini.

BTP hanya mengatakan, jika dirinya memimpin Kota Palopo, sebagai the next leader Kota Palopo, dia menyiapkan konsep Palopo yang lebih modern, dengan tetap berlandaskan pada kekuatan kearifan lokal. Termasuk memberdayakan dan melibatkan investor dalam membangun visi modern Palopo.

BTP yang berdarah Bastem Luwu ini, mengungkapkan, pengembangan Palopo dengan visi modern, didalamnya terkait penataan kawasan pesisir yang lebih berdaya saing dan memiliki daya tarik, baik bagi kepentingan dunia pariwisata, dunia bisnis perkapalan dan industri kelautan. Tetapi kata dia, tetap memberikan ruang bagi para nelayan tradisional, agar semua dapat memperoleh keuntungan atas revitalisasi kawasan pesisir Palopo.

Perekonomian Kota Palopo dalam pandangan BTP, bisa digairahkan dengan pengembangan kawasan industri Palopo, apalagi sudah ada kawasannya di Kecamatan Telluwanua. KIPA, kawasan Industri Palopo tersebut, perlu lebih digerakkan dengan berbagai konsep pengembangan kawasan industri, dimana Palopo sendiri dikelilingi berbagai daerah yang sangat memiliki sumber daya alam yang besar dan melimpah. “Perlu penataan dan pengembangan kawasan industri Palopo,” katanya.

BIODATA:

NAMA:
Dr. Ir. H. Bangun Tangke Padang, MM.

PENDIDIKAN
– SDN 10 Boting lulus 1979
-SMPN 2 Palopo lulus 1982
-SMAN 1 Palopo lulus 1985
– Sarjana Teknik Perkapalan, UNHAS Makassar, lulus 1990
– Magister Manajemen, Kwik Kian Gie School of Business Jakarta, lulus 2001
– Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Borobudur Jakarta, lulus 2008

PEKERJAAN:

– PT Palma Progress Shipyard sebagai Project Engineer, 1990-1991
– PT Dok Kodja Bahari sebagai Design Engineer, 1991-1993
– PT Biro Klasifikasi Indonesia sebagai Surveyor, 1993-1995
– PT Indopower Crew Management sebagai Managing Director, 1995-sekarang
– PT Maindo Global Maritim sebagai Direktur Utama, 2013-sekarang
– PT Maindo Agritama Lestari sebagai Direktur Utama, 2021-sekarang

ADVERTISEMENT